Chapter 1061 dari seri manga One Piece kemarin akhirnya menghadirkan sosok yang sudah sejak lama para fans nantikan kemunculannya. Sosok itu adalah Dr. Vegapunk. Namun, kemunculan sosok Vegapunk tersebut diluar dugaan mereka semua karena yang muncul adalah sosok wanita. Para fans pun akhirnya berdiskusi apakah itu merupakan sosok Vegapunk yang asli.

Untuk saat ini, hal tersebut masih menjadi misteri besar sampai kemudian Oda memberikan penjelasan mengenai hal itu. Terlepas dari hal itu, para fans juga nampaknya sudah memiliki dugaan mengenai apa saja peran Vegapunk kedepannya. Yang paling santer diprediksi oleh para fans adalah bagaimana Vegapunk akan mengungkapkan rahasia buah iblis.

Namun, ada juga spekulasi atau teori menarik mengenai sosok Vegapunk ini. Salah satu spekulasinya menjelaskan bahwa Vegapunk mungkin akan membantu Luffy untuk meningkatkan kekuatannya. Dalam hal ini, dia akan membantu Luffy untuk bisa mengaktifkan atau menggunakan Gear 6 yang akan menjadi Gear terkuatnya di sepanjang seri One Piece. Benarkah demikian? Bisakah Vegapunk melakukannya?

Mengenai Gear 5 Luffy

Setelah sempat banyak dispekulasikan oleh para fans One Piece, akhirnya Eiichiro Oda pun mengonfirmasi mengenai peningkatan kekuatan terbaru dari Luffy yaitu Gear 5. Dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 yang mungkin dipersiapkan untuk menghadapi Kaido. Dan baru pada chapter 1044 Oda Sensei mewujudkan hal itu.

Diketahui bahwa kemampuan terbaru – yang berupa awakening – dari tubuh Luffy  itu disebut oleh Luffy sendiri sebagai kekuatan terbesar dan terkuatnya saat ini. Selain itu, Luffy pun menyebutkan bahwa kekuatan terkuatnya tersebut sebagai Gear 5. Dalam Gear 5 ini, Luffy baru diperlihatkan mampu melompat dengan sangat tinggi. Meskipun begitu, tubuh Luffy tetap saja masih elastis seperti karet.

Teknik Gear 5 Luffy yang Sudah Diketahui Sejauh Ini | Dunia Games

Ketika Luffy mengakses kekuatan ini, seluruh pakaian dan juga tubuhnya kemudian berubah menjadi putih. Dan matanya berubah menjadi merah. Yang luar biasa juga adalah seperti dijelaskan oleh Gorosei, bahwa dengan kemampuan Gear 5 atau awakening dari buah iblis Luffy ini membuat tubuh Luffy akan mampu memiliki “kebebasan” tersendiri dan juga “kekuatan” yang jauh lebih besar.

Bahkan, Gorosei sendiri mengatakan dengan jelas bahwa awakening dari buah iblisnya akan menjadi sebuah kekuatan yang mengerikan di dunia ini. Yang juga unik dari kekuatan ini adalah semuanya akan berubah seolah-olah menjadi kartun, di mana ekspresi Luffy berubah menjadi lucu. Bahkan, ada beberapa momen yang menghadirkan momen epik di mana seolah semua karakter menjadi mirip seperti kartun. Oda sepertinya masih belum memberikan lebih banyak lagi karena ini masih dalam tahap awal.

Vegapunk Bantu Luffy Capai Gear 6?

Menurut beberapa fans, setelah Luffy akhirnya berhasil mengakses form Gear 5 miliknya tersebut, dia masih memiliki satu transformasi terakhir. Versi terakhir ini merupakan versi yang jauh lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. Dalam form terakhir ini, Luffy benar-benar akan memaksimalkan kekuatan elastitas dari buah iblis miliknya di mana dia bahkan mampu meregangkan ruang dan waktu.

Teori Luffy ini mirip dengan mode Rumbe Ball dari Chopper, di mana Gear 5 tersebut merupakan kekuatan Luffy yang belum benar-benar sempurna. Namun, yang membedakan transformasi Luffy dengan yang lain adalah bagaimana dia tidak hanya bergantung kepada kekuatan buah iblis, melainkan juga Haki. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan puncak melawan Kaido.

Sosok Dr Vegapunk di One Piece 1061 Terungkap, Memiliki Kekuatan Misterius

Kedahsyatan Haki Luffy benar-benar terkuras saat itu. Namun, pasca menggunakan Gear 5, dia pun akhirnya bisa kembali menggunakan serangan berbasis Haki. Bahkan, dia juga menggunakan kekuatan penuh serangan berbasis Advanced Conqueror Haki. Menurut teorinya, hal tersebut bisa terjadi karena kekuatan buah iblis Luffy yang mampu meregangkan apa pun, termasuk Haki.

Peningkatan kekuatan ini akan membantu Luffy untuk menghadapi pertarungan melawan Blackbeard, yang memiliki kekuatan Yami Yami. Oda sendiri sempat menyatakan bahwa dia ingin menegaskan karakter utamanya sebagai sosok yang sangat lucu, meskipun dia sedang berada di tengah-tengah pertarungan sengit. Lalu, bagaimana Luffy bisa membangkitkan transformasi lainnya?

Vegapunk adalah jawabannya. Dia adalah sosok ilmuwan paling cerdas di dunia dan juga karakter penting di arc ini. Dengan kejeniusannya, Vegapunk tentu tahu tentang buah iblis dan juga DNA manusia. Dia sudah banyak mempelajari hal tentang manusia dan rekayasa genetika, yang mana tentunya hal tersebut bisa membantu Lufy untuk mengakses Gear 6.

Kesimpulannya

Jadi, kesimpulannya adalah berdasarkan teori yang ada di kalangan fans sumber daya yang Vegapunk miliki di pulau Egg Head akan mampu membantu Luffy meningkatkan kendali terhadap Gear 5 miliknya. Vegapunk akan membantu Luffy untuk bisa menyempurnakan pengendalikannya terhadap kekuatan tersebut. Bahkan, teorinya juga menjelaskan bahwa Vegapunk mungkin akan membantu Luffy mengakses Gear 6.

Gear 6 mungkin merupakan kekuatan tertinggi, terkuat, dan paling luar biasa yang Luffy miliki dari buah iblis miliknya. Dengan membuat Luffy menjadi sangat kuat dan dahsyat, dia akan mampu untuk bisa bertarung menghadapi Blackbeard atau bahkan Pemerintah Dunia. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Vegapunk akan mampu membantu Luffy mengaktifkan Gear 6 miliknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.