Film Black Adam akan memperkenalkan sosok baru di DCEU, yaitu Kent Nelson alias Doctor Fate. Berbicara tentang karakter Doctor Fate, umumnya para penggemar pasti sudah mengetahui bahwa dia adalah sosok yang sangat sakti. Kesaktiannya berasal dari tiga artefak sihir yang terkenal sangat powerful di semesta DC. Yaitu Amulet of Anubis, Cloak of Destiny, dan Helmet of Nabu. Dari ketiga artefak ini, Helmet of Nabu (nama dari helm Doctor Fate) sendiri adalah artefak yang paling memegang peranan penting untuk kekuatan sihir Doctor Fate. Karena tidak mungkin ada Doctor Fate jika tidak ada Helmet of Nabu, maka alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu asal usul dari helm sakti ini, Geeks!

Helmet of Nabu, Benda Sihir Paling Kuat di DC Universe

Helmet of Nabu adalah artefak atau benda sihir kuno beyang pertama kali muncul di komik More Fun Comics #55 (1940). Tepatnya di kisah ‘The Menace of Wotan‘ karya Gardner Fox. Berdasarkan cerita aslinya, helm berwarna emas ini adalah ciptaan entitas kosmik bernama Nabu the Wise. Nabu sendiri adalah bagian dari kelompok penyihir Lord of Order, yang telah tiba di Bumi sekitar miliaran tahun yang lalu untuk bertarung melawan Lords of Chaos. Setelah menciptakan Helmet of Nabu, arwahnya lantas besemayam di helm tersebut sambil menunggu kemunculan Doctor Fate.

Di kisah lainnya yang berlangsung di Prime Earth, tepat di komik Doctor Fate Vol. 4 (2014) karya Paul Levits, Helmet of Nabu mempunyai asal usul yang sedikit berbeda. Di mana dewa Mesir Osiris mengklaim bahwa helm sakti tersebut merupakan ciptaannya bersama dewa Thoth, untuk memenjarakan Nabu di dalamnya. Sampai sekarang masih belum terungkap mana asal usul yang benar, yang jelas Nabu memang bersemayam di dalam Helmet of Nabu sambil menunggu penerusnya. Dalam penantiannya tersebut, dia bahkan masih sempat bertarung melawan Lord of Chaos selama miliaran tahun.

Harapan Nabu untuk menemukan penerus, akhirnya benar-benar tewujud setelah miliaran tahun berlalu. Yaitu pada saat Nabu dan sekutunya yang berasal dari golongan dewa Mesir, menemukan dan menunjuk Kent Nelson sebagai pejuang baru mereka. Sejak saat itu Kent mau tidak mau harus bertempur melawan Lords of Chaos dan para agennya. Di mana dia menjadi Doctor Fate untuk waktu yang sangat lama.

Beragam Berkah Dari Helmet of Nabu

Helmet of Nabu sejatinya adalah simbol bagi seorang Doctor Fate yang tidak mungkin  terpisahkan. Banyak penyihir yang sepakat bahwa Helmet of Nabu adalah artefak sihir paling kuat di alam semesta. Pada dasarnya helm tempat Nabu bersemayam ini memungkinkan kecerdasan penggunanya untuk meningkat berkali-kali lipat. Di sisi lain Nabu juga membuat helm ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Karena Helmet of Nabu terbuat dari logam langka ‘Nth Metal’ yang tidak terpengaruh gravitasi, penggunanya juga dapat menggunakanya untuk terbang sesuka hati.

Dengan atau tanpa Nabu di dalamnya, Helmet of Nabu sendiri dapat memberikan kekuatan sihir yang sangat dahsyat kepada penggunanya. Termasuk sihir untuk memanipulasi kekuatan elemen dasar, seperti api, air, tanah, dan udara, baik untuk kebutuhan efensif maupun defensif. Yang lebih kerennya lagi, Helmet of Nabu juga memungkinkan penggunanya untuk memiliki Kesadaran Kosmik, yang membuatnya bisa menyadari keadaan di sekitar. Untuk kasus yang lebih langka, pengguna Helmet of Fate bahkan bisa melakukan ‘Break 4th Wall’ untuk berbicara dengan pembaca komiknya.

Sosok Yang pernah ‘Mencicipi’ Helmet of Nabu

Setelah Nabu dan Doctor Fate diceritakan tewas di kisah Infinite Crisis, ada sejumlah karakter beruntung lain yang pernah mencicipi berkah Helmet of Nabu. Termasuk para penyihir bernama Black Alice, Ibis the Invincible, Sargon the Sorcerer, dan Zauriel. Ada juga seekor kera bernama Bobo T. Chimpanzee alias Detective Chimp yang menjadi sangat cerdas saat mengenakan Helmet of Nabu. Setelah melanglang buana di alam semesta untuk waktu yang lama, helm ini pernah jatuh juga ke tangan keturunan Kent yang bernama Kent V. Nelson, sebelum akhirnya kembali kepada Kent di Prime Earth.

Sekarang, sosok beruntung yang tengah mengenakan Helmet of Nabu di DC Universe adalah Khalid Nassour. Para dewa Mesir yang tersisa memilih Khalid karena dia adalah seorang keurunan firaun. Sebagai Doctor Fate baru, Khalid meminta tolong kepada paman buyutnya yang tidak lain adalah Kent, untuk menjadi mentornya. Bersama-sama mereka menjadi duo penyihir yang sangat berperngaruh bagi sejarah DC modern. Dalam beberapa kesempatan, Khalid dan Kent bahkan pernah bekerja sama dengan Justice League Dark. Untuk menumpas kejahatan dari dunia gaib, seperti ras monster Otherkind.

Helm of Nabu di DCEU, Berkah dan Kutukan

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer dan berbagai media promosi film Black Adam, Kent tampak sangat sakti saat mengenakan Helmet of Nabu. Karakter dari Brosnan ini terlihat bisa menggandakan dirinya dan juga bisa mengeluarkan sihir hebat lainnya. Menariknya, dalam sesi wawancara terbarunya dengan GQ, Brosnan mengungkapkan bahwa Helmet of Nabu merupakan berkah sekaligus kutukan bagi Doctor Fate. Karena mau tidak mau Doctor Fate jadi harus terus bergantung dengan Helmet of Nabu. Brosnan bahkan menjelaskan bahwa Helmet of Nabu dapat menyebabkan efek ‘kecanduan’ terhadap penggunanya.

Itulah pembahasan mengenai asal-usul Helmet of Nabu beserta potensinya. Kemungkinan besar DCEU juga akan menghadirkan kisah asal usul yang tidak jauh berbeda dengan di komiknya. Masih ada banyak sekali misteri yang menyelimuti Doctor Fate dan Helmet of Nabu di DCEU. Jika beruntung, mungkin kita akan segera menemukan jawabannya saat film Black Adam tayang pada tanggal 21 Oktober nanti. Selain Doctor Fate, kita juga nantinya akan bisa melihat aksi dari anggota JSA lain. Seperti Hawkman (Aldis Hodge), Atom Smasher (Noah Centineo), dan Cyclone (Quintessa Swindell).

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.