Terkenal sebagai seorang klan Uchiha yang luar biasa, Uchiha Sasuke merupakan sosok ninja yang sangat kuat yang selalu mendukung Hokage ketujuh, Uzumaki Naruto, untuk melindungi desa Konoha. Sejak seri Naruto, dia sudah menjadi salah satu protagonis utama lainnya selain Uzumaki Naruto. Bahkan, kepopuleran Sasuke pun tidak kalah dahsyat dari Naruto.

Seperti halnya sosok Naruto, Sasuke juga mengalami perkembangan karakter dan juga kekuatan di sepanjang serinya. Puncak dari peningkatan kekuatan Sasuke adalah ketika dia mendapat chakra Six Path dari Hagoromo Otsutsuki dan membangkitkan Doujutsu terkuat, yaitu Rinnegan. Sayangnya, pasca pertarungan melawan Isshiki, Sasuke harus kehilangan Doujutsu ini akibat ulah Momoshiki.

Borushikhi Destroy Sasuke's Rinnegan || Boruto: Naruto Next Generations - YouTube

Para fans sendiri penasaran dengan apa yang akan terjadi kepada Sasuke, khususnya kepada Konoha. Apalagi, saat ini, mereka memiliki banyak ancaman besar. Misalnya, sosok Code dan pasukan Jyuubi yang siap menyerang. Dan juga tentunya ancaman besar dari Momoshiki. Sosok Otsutsuki tersebut memang tidak bisa kembali muncul, namun ternyata faktanya tidaklah demikian.

Kemunculan kembali Momoshiki di chapter 73 membuat para fans terkejut sekaligus penasaran. Karena, selain Kawaki ternyata Sasuke juga mampu merasakan kemunculan atau kehadiran Momoshiki. Hal ini pun membuat sebagian fans merasa bahwa Rinnegannya kembali. Namun, dari apa yang muncul di chapternya kemarin sepertinya Rinnegan Sasuke tidak kembali.

Sasuke Menukar Matanya

Jika Rinnegan tidak kembali, lalu apa yang kemudian membuat Sasuke mampu untuk merasakan keberadaan Momoshiki? Salah satu spekulasi yang cukup masuk akal untuk menjawab hal ini adalah chakra Rinnegan di dalam tubuhnya masih tersimpan. Seperti yang dijelaskan di atas, Sasuke merupakan salah satu shinobi selain Naruto yang mendapatkan chakra Six Path.

Hal ini membuat Sasuke mampu mengaktifkan Rinnegan miliknya. Rinnegan ini juga yang selama ini membantu Sasuke menghadapi klan Otsutsuki di cerita Boruto. Mulai dari melakukan penelitian tentang dimensi Kaguya atau dimensi Otsutsuki sampai mengalahkan Otsutsuki lainnya, seperti Momoshiki. Namun, Momoshiki sendiri berhasil balas dendam terhadap Sasuke dengan menghancurkan matanya.

Dalam spekulasi ini ada dua hal yang menarik. Pertama, ada kemungkinan jika Sasuke sudah tahu tentang serangan Momoshiki. Tanpa orang sadari, Sasuke sebenarnya sudah mempersiapkan sebuah rencana besar di mana dia “menukar” mata Rinnegan dan Sharingan miliknya. Di sepanjang cerita dalam franchise Naruto, klan Uchiha terkenal akan berbagai trik yang mereka miliki.

Mulai dari Madara, Itachi, bahkan Obito pun memiliki “trik”mereka sendiri. Contoh nyatanya adalah sebelum kematiannya, Madara sempat “menyetel waktu” untuk mengaktifkan teknik Izanagi. Atau mungkin Itachi yang menyelipkan jebakan di Sharingan milik Sasuke, agar dia tahu tentang niat buruk dari Obito. Hal inilah yang mungkin juga Sasuke lakukan.

Beberapa detik sebelum Momoshiki menghancurkan matanya, mungkin Sasuke sudah melakukan hal yang luar biasa yaitu menukar Doujutsu miliknya. Sehingga, sebenarnya, mata Sasuke yang hancur akibat Momoshiki bukanlah Rinnegan melainkan Sharingan miliknya.

Chakranya Masih Tersimpan di Dalam Tubuh

Yang kedua adalah Rinnegan Sasuke memang benar-benar hancur akibat Momoshiki. Namun, chakranya sendiri masih tersimpan di dalam tubuhnya. Dalam dunia Naruto kita tentu mengenal konsep chakra. Selama sosok tersebut hidup, artinya chakra miliknya akan terus mengalir. Dalam konteks Sasuke, chakra dari Six Path akan tetap terus hidup tidak peduli apa pun yang terjadi.

Sehingga, meskipun kemudian mata kirinya hancur akibat Momoshiki tetapi chakra Six Path miliknya masih tetap ada. Seperti halnya konsep Karma yang merupakan pintu bagi kekuatan Otsutsuki, Doujutsu juga mungkin adalah pintu keluar bagi penggunanya. Ketika kemudian pintu tersebut rusak, penggunanya masih tetap memiliki apa yang ada di dalamnya.

Will Naruto, Sasuke, and Kakashi's 'Sage of Six Paths' chakra ever run out, or does it have some type of rechargeable chakra reserves of its own just like regular 'Sage Mode' chakra? -

Inilah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa kemudian Sasuke mampu merasakan keberadaan Momoshiki. Masih belum diketahui apakah kemudian Sasuke mampu melihat sosok Momoshiki seperti halnya Kawaki. Yang pasti, Sasuke masih mampu merasakan keberadaanya Di sisi lain, masih tersimpannya chakra Six Path ini memunculkan kemungkinan lainnya.

Bisa jadi Sasuke sengaja menyimpannya untuk kemudian menghadapi Momoshiki pada masa yang akan datang. Dia mungkin akan memadukan chakra Six Path miliknya dengan chakra sharingan yang ada. Dengan demikian, bisa jadi akan menciptakan bentuk Susanoo yang baru atau bahkan sebuah teknik yang baru layaknya Baryon Mode milik Naruto. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.