Apa sebenarnya ras dari Frieza? Ini merupakan salah satu pertanyaan penting yang muncul di kalangan pecinta Dragon Ball sejak pertama kali karakternya diperkenalkan. Meskipun Frieza dianggap sebagai salah satu villain terbaik di universe Dragon Ball, namun masih belum semua hal kita ketahui tentang karakter ini. Bahkan, masih sangat sedikit informasi pribadi tentang Frieza.

Setiap villain tentunya memiliki cerita masa lalu yang membuat mereka melakukan apa yang mereka lakukan. Namun, hal ini tidak berlaku kepada Frieza. Sedari awal, dia memang adalah sosok yang jahat dan tidak ada hal yang menyebabkan hal itu. Frieza ingin menaklukan seluruh alam raya, dan hanya itu yang penting baginya. Namun, seperti halnya karakter lain yang ingin menguasai dunia dia juga takut akan beberapa hal.

Dalam kasus ini, Frieza takut akan pertumbuhan ras Saiyan. Meskipun mereka bukan ancaman besar bagi sang villain, namun semua berubah ketika sosok Brolly muncul. Frieza benar-benar terkejut dengan level kekuatan sang Saiyan legendaris itu. Tidak ada satu pun yang mampu untuk menaklukan Brolly di ras Frieza. Mengetahui hal ini, Frieza akhirnya memutuskan untuk menghancurkan semua ras Saiyan.

Frieza Tidak memiliki Ras?

Jadi, apa sebenarnya ras Frieza? Sampai sejauh ini, kita baru melihat tiga anggota keluarga dari Frieza. Selain sang villain, kita juga mengenal ayahnya, King Cold, dan juga saudaranya, Cooler. Satu hal yang membedakan King Cold dari yang lain adalah struktur biologisnya, yang mana hal ini memberikannya banyak kekuatan dahsyat. Kekuatan itu kemudian dia wariskan kepada Frieza dan Cooler.

Namun, dari kedua anaknya, sosok Frieza jauh lebih dominan dalam hal warisan sang ayah. Inilah alasan mengapa kemudian Frieza mampu menjadi sosok mengerikan dan menaklukan banyak planet. Namun, ketika dia mulai menghancurkan berbagai ras dan planet yang ada, dari mana asal-usul sosok Frieza masih belum terungkap. Hal ini pun memunculkan spekulasi apakah artinya Frieza tidak memiliki ras atau tidak terkait dengan ras mana pun?

Secara teknis, Akira Toriyama belum pernah secara resmi mengumumkan atau memberi tahu apa ras dari Frieza dan keluarganya. Yang selama ini Toriyama Sensei hadirkan adalah kekuatan dan juga sikapnya yang mengerikan, di mana dia adalah sosok yang tidak terkalahkan. Dia juga takut terhadap sosok Saiyan dan memutuskan untuk menghancurkannya.

Animation of three of Frieza's Base Forms

Vegeta sendiri, yang berada di bawah kendalinya untuk waktu yang lama, tidak pernah tahu dan tidak tahu banyak tentang Frieza. Dan yang menarik adalah sepertinya banyak karakter atau pun alur cerita di berbagai seri Dragon Ball tidak peduli dari ras mana atau dari mana Frieza berasal. Mereka seolah hanya peduli tentang sikapnya yang jahat dan mengerikan.

Hal ini wajar memang, karena dalam alur cerita orisinal Dragon Ball pasca kekalahan Frieza kita kemudian mendapatkan karakter villain lain seperti Cell atau Majin Buu. Kemunculan kembali sosok Frieza dalam seri Dragon Ball Super saat ini memang membuat banyak fans, baik yang baru atau pun lama, senang. Namun, pertanyaan klasik mengenai ras Frieza kembali muncul yang mana sampai saat ini pun Akira Toriyama masih belum menjawabnya.

Memiliki Banyak Nama

Karena Akira Toriyama masih belum memberikan nama resmi bagi ras Frieza, banyak para fans yang kemudian memberikan nama bagi ras tersebut. Dan ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa kemudian Frieza dan keluarganya merupakan bagian dari banyak ras yang ada di universe Dragon Ball. Mereka memiliki banyak nama seperti ras Frieza, nama yang simpely yang sesuai dengan penampilan mereka.

What race is Frieza?Ada juga yang menamai ras mereka dengan nama Frost Demons. Untuk saat ini, semua nama-nama tersebut sah karena berasal dari nama fans sampai kemudian Akira Toriyama memberikan nama resmi bagi ras Frieza tersebut. Jadi, kesimpulannya, Frieza dan keluarganya masih belum memiliki nama resmi untuk rasnya. Meskipun begitu, banyak fans beranggapan jika Frieza dan keluarganya merupakan bagian dari semua ras yang ada.

Selain itu, dia juga memiliki nama ras sendiri sesuai dengan pemberian para fans. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian memiliki nama atau sebutan sendiri untuk ras Frieza ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.