8 Den Den Mushi di One Piece. Jika dalam dunia nyata kita mengenal telepon untuk melakukan komunikasi, dunia di seri One Piece mengenal den den mushi. Buat Geeks penggemar seri karya Eiichiro Oda ini tentunya sudah tidak asing dengan alat komunikasi ini. Den den Mushi sendiri merupakan sebuah alat komunikasi unik yang memiliki bentuk menyerupai seekor siput.

Dalam ceritanya, den den mushi sering kali muncul dan menjadi alat yang sangat penting dalam berbagai peristiwa. Meskipun begitu pada praktiknya di dunia One Piece alat komunikasi ini memiliki banyak fungsi atau kegunaan. Dan karena inilah ada berbagai jenis atau tipe dari den den mushi yang ada di One Piece. Apa saja?

Den Den Mushi Biasa

Sesuai namanya, den den mushi tipe atau jenis ini mirip seperti alat komunikasi biasa. Ukurannya cukup besar dan sinyal jangkauannya sangat jauh. Misalnya, seseorang yang berada di beda pulau bisa melakukan komunikasi dengan yang lain dengan menggunakan den den mushi jenis ini. Dalam ceritanya, den den mushi jenis ini lebih sering muncul dan digunakan oleh para karakter.

Unik! Ini 11 Jenis Den Den Mushi di Dunia One Piece!

Karena tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain melakukan hubungan atau telepon, maka tidak ada hal “aneh” yang muncul dari jenis ini. Yang unik adalah den den mushi jenis ini mampu menirukan atau memperlihatkan ekspresi dari penggunanya. Dan juga, bentuknya sendiri bisa “disesuaikan” dengan wajah atau karakter dari si pemilik.

Baby Den Den Mushi

Unik! Ini 11 Jenis Den Den Mushi di Dunia One Piece!

Setelah den den mushi biasa, ada juga jenis lainnya yaitu baby den den mushi atau den den mushi kecil. Memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari ukuran biasa, inilah yang menjadi alasan mengapa den den mushi ini banyak orang simpan di saku karena praktis untuk dibawa ke mana-mana. Meskipun sama-sama untuk menelpon, tetapi jangkauan dari jenis ini tidak terlalu luas. Karena itu, untuk menggunakan den den mushi jenis ini pengguna dan penerimanya harus berada di area atau pulau yang sama.

Den Den Mushi Hitam

Unik! Ini 11 Jenis Den Den Mushi di Dunia One Piece!

Berbeda dengan dua jenis den den mushi di atas, jenis ini tidak bisa orang gunakan untuk melakukan komunikasi. Den den mushi hitam ini memiliki fungsi untuk melakukan penyadapan terhadap sambungan den den mushi lainnya. Yang juga menarik dari den den mushi jenis ini adalah memiliki fungsi untuk merekam hasil sadapan sebelumnya. Sehingga, penggunanya bisa memutar ulang hasil sadapannya. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa den den mushi jenis ini sering kita lihat berada di pihak angkatan laut. Dan sempat direferensikan juga di chapter 1060 kemarin.

Den Den Mushi Putih

White Den Den Mushi

Jika den den mushi hitam berfungsi untuk melakukan penyadapan terhadap sambungan lainnya, maka den den mushi putih memiliki fungsi untuk mencegah penyadapan tersebut. Bentuknya sendiri unik di mana siputnya memiliki tubuh yang gempal dan besar dengan ekspresi datar. Sejauh ini, kemampuan atau efek yang muncul dari den den mushi putih ini sangat luar biasa dan berpengaruh. Dan inilah alasan mengapa den den mushi jenis ini sering Pasukan Revolusi gunakan ketika berkomunikasi.

Den Den Mushi Visual

Kembali, sesuai namanya, den den mushi ini memiliki fungsi untuk kebutuhan visual penggunanya. Contohnya adalah untuk melakukan siaran langsung seperti saat perang puncak di Marineford terjadi. Biasanya, akan ada den den mushi lainnya yang akan seseorang gunakan untuk merekam kejadian atau merekam peristiwa, seperti halnya sebuah kamera.

Unik! Ini 11 Jenis Den Den Mushi di Dunia One Piece!

Selain untuk melakukan siaran langsung, den den mushi visual juga bisa seseorang gunakan untuk keperluan lain. Misalnya, untuk menjadi proyektor, atau menjadi alat untuk menghadirkan sebuah tayangan. Dari segi bentuk, den den mushi visual memiliki bentuk beragam. Ada yang berukuran kecil, sedang, dan sangat besar tergantung dari kebutuhan dan fungsinya.

Den Den Mushi Pengawas

Unik! Ini 11 Jenis Den Den Mushi di Dunia One Piece!

Mirip seperti den den mushi visual, namun jenis den den mushi ini memiliki tugas atau fungsi yang jauh lebih spesifik yaitu menjadi kamera pengawas. Seperti halnya kamera CCTV di dunia nyata, den den mushi pengawas ini biasanya menempel di tembok atau di tempat khusus. Ukurannya pun beragam ada yang kecil atau yang sedang. Biasanya, den den mushinya kemudian akan terhubung dengan yang ukuran lebih besar untuk melihat hasil tayangannya. Kita bisa melihat den den mushi jenis ini saat di Impel Down.

Den Den Mushi Emas

Golden Den Den Mushi

Den den mushi emas menjadi salah satu jenis yang sangat jarang muncul dalam ceritanya. Memiliki bentuk mewah dengan lapisan emas yang berkilau, den den mushi ini tidak bisa dimiliki oleh semua orang. Hanya mereka yang memiliki kepentingan atau jabatan tertentu yang bisa memiliki den den mushi jenis ini. Biasanya, dalam cerita One Piece den den mushi emas hanya akan aktif ketika akan melakukan Buster Call. Dan juga den den mushi emas ini hanya bisa bisa terhubung dengan den den mushi eksklusif lainnya.

Den Den Mushi Perak

Silver Den Den Mushi

Den den mushi Peran menjadi jenis den den mushi eksklusif lainnya. Seperti halnya yang jenis emas, untuk jenis perak ini hanya memiliki satu fungsi yaitu menerima sinyal dari den den mushi emas. Ketika seseorang mengaktifkan den den mushi emas, maka den den mushi perak akan menerima sinyal dan langsung mengeluarkan suara nyaring. Itu menjadi tanda bahwa perintah Buster Call sudah dikeluarkan.

Den den mushi menjadi salah satu elemen menarik yang muncul dalam seri One Piece sejauh ini. Di sisi lain, ini menjadi bukti kecerdasan dari Oda Sensei di mana dia memikirkan sampai hal kecil seperti alat komunikasi. Dan Oda sepertinya sudah memikirkan matang mengenai konsep ini. Den den mushi sepertinya masih akan memiliki peran penting dalam cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.