Geeks tentunya sudah sangat mengenal siapa sosok Jiraiya. Dia adalah salah satu karakter paling populer di franchise ini, dan merupakan salah satu dari tiga legenda Sannin. Jiraiya sudah banyak dan sering membantu shinobi untuk menjadi lebih baik dan kuat, salah satu contohnya adalah Naruto. Kedekatan mereka pun bahkan menjadi salah satu momen yang banyak para fans sukai dari serinya.

Sayangnya, nasib tragis harus Jiraiya alami. Seperti yang kita tahu, dalam seri Naruto Shippuden dia menjalankan sebuah misi bunuh diri untuk mencari informasi tentang sosok Pain. Informasi tersebut berhasil tersampaikan kepada Naruto, namun sang murid harus melihat kematian sosok paling penting itu. Jiraiya tewas di tangan Pain, yang mana membuatnya bertekad untuk bisa membalas kematiannya.

Pasca kematian Jiraiya ini, sudah sejak lama para fans berdiskusi mengenai kebangkitan sosoknya di seri Boruto. Banyak yang bertanya mengapa kemudian Jiraiya tidak bisa kembali muncul dengan menggunakan teknik Edo Tensei. Padahal, ada shinobi yang mampu melakukannya dan tahu bagaimana caranya.

Penjelasan Kabuto

Sebenarnya, di seri Boruto sendiri salah satu ninja yang mampu menggunakan teknik Edo Tensei, Kabuto, sempat memberikan jawabannya terkait hal tersebut. Dalam ceritanya, Jiriaya tewas secara brutal oleh Pain yang mana kemudian tubuhnya tenggelam di sungai di luar wilayah desa Amegakure. Menurut Kabuto, alasannya tidak bisa melakukan Edo Tensei adalah karena dia tidak bisa menemukan tubuh Jiraiya.

Meskipun begitu, banyak fans yang tidak percaya dengan alasan tersebut. Mengapa? Di seri Naruto sendiri sudah banyak momen atau kasus seperti Jiraiya, namun para shinobi mampu untuk menemukan atau mendapatkan tubuhnya. Selain itu, para fans juga yakin bahwa Kabuto mungkin sudah mendapatkan sampel dari DNA Jiraiya. Masashi Kishimoto sendiri pernah memberikan pendapatnya terkait hal ini.

Image

Kematian Jiraiya menjadi titik penting dalam perkembangan arc Naruto di serinya. Hal tersebut membantu Naruto untuk tumbuh menjadi seorang shinobi yang sangat kuat, dan menjadi manusia yang baik. Sebelumnya, dia tidak akan pernah memahami rasa sakit atau kesedihan yang Sasuke alami. Karena, dia belum pernah menyaksikan kematian atau kehilangan sosok yang menjadi ayah baginya.

Namun, hal ini berubah ketika Naruto melihat kematian sosok Jiraiya. Satu perubahan besar yang terlihat dalam sosok Naruto adalah bagaimana dia berusaha untuk menyelesaikan sebuah masalah besar yang terjadi di dunia shinobi tanpa perlu ada yang terbunuh. Membangkitkan kembali sosok Jiraiya akan dianggap menghilangkan momen perkembangan arc Naruto yang sudah terlewat.

Koneksi Dengan Amado

Ada sebuah spekulasi menarik lainnya yang muncul di kalangan fans, terkait mengapa Jiraiya tidak bisa dibangkitkan kembali di seri Boruto. Dan hal ini terkait dengan sosok Amado. Ide utama dari teori ini adalah Amado merupakan seseorang yang bekerja untuk Amegakure dan berhutang untuk menciptakan berbagai teknologi baru. Kecerdasan Amado ini memang masih menjadi misteri, namun spekulasinya beranggapan bahwa ada kemungkinan berkaitan dengan Rinnegan.

Di seri Naruto, Nagato merupakan seseorang yang sangat menghormati sosok Jiraiya. Dia berhutang budi apa yang terjadi pada masa lalu. Hal ini pula yang mungkin membuat sosok Amado memiliki pandangan yang sama terhadap sosok Jiraiya. Setelah pertarungan melawan Jiraiya, Nagato bisa memerintahkan Amado untuk mencari dan mendapatkan DNA sang mantan guru serta tubuhnya.

Boruto) 5 Fakta Kashin Koji, Kloning Jiraiya yang Lebih Superior - KINCIR.com

Untuk sosok yang memiliki pengendalian air dahsyat seperti Nagato, tentunya hal itu sangat mudah. Namun, sayangnya, Nagato pun harus tewas setelah dia menggunakan Rinnegan dan seluruh chakranya untuk mengembalikan penduduk yang sudah tewas. Hanya tinggal Amado yang kemudian melanjutkan mengerjakan proyek tersebut.

Berdasarkan hal itu, spekulasinya kemudian menjelaskan bahwa demi menghormati keinginan terakhir dari sosok Nagato, Amado pun mewujudkan keinginannya untuk “membangkitkan kembali” sang Sannin legendaris. Amado kemudian menciptakan kloning dari sang karakter legendaris, yang mana kemudian kita kenal saat ini sebagai Kashin Koji.

Sampai saat ini, kita masih belum tahu apa alasan Amado menciptakan Kashin Koji menciptakan kloning Jiraiya. Namun, bisa jadi spekulasi di atas memang terbukti. Atau bisa jadi juga Amado memiliki koneksi atau hubungan tertentu dengan Jiraiya pada masa lalu. Sebagai bentuk penghormatannya, dia kemudian menciptakan kloning dari sosoknya. Dan sampai saat ini, para fans masih menantikan kembali sosok Kashin Koji setelah pertarungannya melawan Isshiki. Bagaimana menurut kalian Geeks?