Bagaimana sebuah pulau seperti God Valley bisa menghilang dari peta menjadi salah satu misteri dalam seri One Piece. Namun, para fans sendiri meyakini bahwa hal ini ada kesamaan peristiwa dengan apa yang terjadi di kerajaan Lulusia. Chapter 1060 memperlihatkan momen mengerikan yang mengejutkan para fans. Dalam chapternya, Im nampak menghancurkan sebuah pulau.

Pulau tersebut menjadi tempat bersembunyinya Sabo setelah momen penyelamatkan Kuma. Dalam chapternya, nampak Im memperlihatkan sebuah peta di mana terdapat kerajaan Lulusia. Dan Im pun mencoret pulau tersebut dari peta. Dan nampak awan hitam berkumpul serta petir yang menyambar wilayah itu, kemudian tidak berapa lama muncul semacam serangan laser mengerikan yang menghancurkan kerajaan Lulusia dalam sekejap.

Apakah itu merupakan serangan Uranus? Bagaimana nasib Sabo? Itu merupakan beberapa pertanyaan yang kemudian muncul saat ini. Dan melihat peristiwa tersebut, para fans pun kemudian memunculkan spekulasi bahwa apa yang terjadi dengan kerajaan Lulusia bisa jadi sama dengan apa yang terjadi dengan God Valley. Seperti yang Sengoku pernah jelaskan, God Valley menghilang dari peta 38 tahun yang lalu. Hal ini yang kemudian membuat tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan pulau tersebut.

Insiden God Valley

Insiden God Valley sendiri terjadi hampir empat dekade lalu, seperti dijelaskan oleh Sengoku dalam arc Wano Country. Menurut penuturan Sengoku, insiden God Valley merupakan salah satu insiden atau peristiwa paling bersejarah di dunia. Saat itu, pasukan bajak laut yang Monkey D. Garp pimpin, bertarung menghadapi kelompok bajak laut paling mengerikan di dunia, Rocks D. Xebec.

Twitter 上的 Monkey D. Business:"God's Valley is not on the map and it's location is currently unknown as Sengoku said - could the last Road Poneglyph actually be there,since the location of

Sebenarnya, masih menjadi misteri apa yang kemudian menjadi alasan awal mula pertempuran tersebut pecah. Tetapi, dari beberapa detail yang muncul dalam cerita, pada saat kejadian ada kemungkinan para angkatan laut sedang melindungi kaum naga langit. Seperti yang diketahui, para kaum naga langit tidak selamanya berdiam di Mary Geoise. Biasanya, mereka akan pergi ke berbagai tempat.

Dengan menyatukan kekuatan bersama sosok Gol D. Roger, kelompok bajak laut Rocks pun akhirnya bisa mereka kalahkan. Pasca kekalahan di God Valley, seluruh kru bajak laut Rocks pun akhirnya memutuskan untuk bubar dan menjalani hidup mereka masing-masing. Dan sejak saat ini juga, para mantan kru Rocks mulai membangun nama mereka sendiri bersama kru bajak laut yang mereka bentuk.

Bernasib Sama Seperti Lulusia?

Pasca peristiwa epik ini yang anehnya adalah wilayah God Valley menghilang dari peta dan sejarah dunia. Bahkan, Sengoku pun tidak mengetahui ke mana hilangnya pulau tersebut. Banyak yang mengira bahwa Pemerintah Dunia yang menghancurkannya, namun ada juga yang meyakini bahwa pulau Onigashima yang saat ini menjadi markas dari Kaido, merupakan pulau God Valley yang menghilang tersebut.

Namun, pasca melihat apa yang terjadi di chapter 1060 di mana Im menghancurkan kerajaan Lulusia, spekulasi bahwa God Valley mengalami nasib yang sama menjadi sangat masuk akal. Kemungkinan, pihak Pemerintah Dunia tidak ingin apa yang terjadi di wilayah tersebut kemudian menjadi bahan perbincangan orang-orang. Mereka juga tidak ingin ada saksi yang menyebarkan hal tersebut.

One Piece: Im Using Uranus' Ancient Weapon to Destroy Lulusia? - HitLava.com - News for Millennials

Karena itu, pulau tersebut kemudian Im hancurkan seperti yang terjadi dengan Lulusia. Sedangkan, para angkatan laut yang mengetahui hal tersebut kemungkinan diminta untuk diam. Mereka melarang untuk bercerita atau mengungkapkan hal tersebut kepada orang lain. Inilah kemudian alasan mengapa tidak banyak orang yang tahu dengan peristiwa tersebut, kecuali para angkatan laut angkatan lama.

Selain menghancurkan God Valley, dalam artikel sebelumnya juga sempat disinggung bahwa kemampuan Im tersebut bisa jadi juga menjadi cara baginya untuk menghancurkan Kerajaan Kuno 800 tahun lalu. Hal tersebut tentunya cukup masuk akal, mengingat dengan kekuatan dahsyat seperti itu mereka akan bisa menang dengan mudah. Menarik tentunya untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/