Sanji bergabung dengan kru Topi Jerami di akhir arc Baratie pada tahun 1999, dua tahun setelah seri One Piece mulai. Semenjak saat itu, Sanji menjadi bagian penting dari krunya di mana dia adalah sosok juru masak alias koki di kelompok tersebut. Selain itu, dia juga menjadi salah satu dari tiga kru terkuat selain Zoro dan Luffy yang mana kemudian kita kenal sebagai trio monster.

Berbeda dengan Zoro, Oda Sensei sudah memperkenalkan siapa musuh terakhirnya sejak awal yaitu Mihawk. Sementara itu, sosok protagonis utamanya yaitu Luffy memiliki beberapa musuh potensial yang bisa menjadi musuh terakhirnya. Namun, untuk Sanji sendiri masih belum ada petunjuk siapa yang mungkin akan menjadi lawan terakhir bagi sang koki.

Skenario yang sering Oda hadirkan dalam setiap arc adalah Luffy akan berhadapan dengan villain utamanya, Zoro menghadapi sosok terkuat kedua, dan Sanji akan menghadapi terkuat ketiga. Dengan seri One Piece yang sudah memulai babak terakhirnya, para fans sendiri berspekulasi mengenai dua sosok kandidat potensial yang bisa menjadi lawan terakhir Sanji.

Apakah Admiral Kizaru?

Seperti yang kita ketahui bahwa Sanji sempat dirawat oleh Zeff ketika dia masih kecil. Zeff sendiri adalah seorang koki yang kemudian mengajari Sanji bagaimana caranya memasak. Dan karena Zeff pun sebenarnya adalah petarung yang mengandalkan kaki, maka Sanji mengikuti jejaknya. Selain itu, Sanji pun beranggapan bahwa tangannya hanya boleh digunakan untuk memasak.

Berdasarkan hal tersebut lawan yang dirasa pantas untuk dihadapi Sanji sebagai musuh terakhirnya adalah Kizaru alias Borsalino. Seperti yang muncul dalam ceritanya, Kizaru merupakan “kembaran” dari Sanji. Dia adalah salah satu admiral angkatan laut yang mana semua serangannya mengandalkan kekuatan kakinya. Masih belum ada informasi mengapa dia jarang menggunakan tangannya untuk bertarung.

Seperti halnya Sanji, Kizaru pun merupakan karakter yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Hal ini dikarenakan buah iblis Pika Pika no Mi yang dia miliki, yang membuatnya mampu bergerak secepat cahaya dan bahkan mampu menembakan cahaya dari anggota tubuhnya. Sanji pun dikenal sebagai karakter yang memiliki kecepatan dahsyat di mana tendangannya hampir sulit untuk ditahan.

Saat time-skip terjadi, Sanji berlatih di kerajaan Kamabakka di mana dia dilatih oleh Emporio Ivankov dan juga para okama di sana. Saat latihan, Sanji terus dipaksa untuk terus berlari tanpa henti yang mana hal itu membuatnya kini semakin cepat dalam pergerakan serangannya. Terbukti di mana Sanji mampu menciptakan teknik baru berdasarkan kecepatan geraknya, seperti Blue Walk yang mampu membuat dia bergerak cepat di dalam air.

Puncak peningkatan kekuatan Sanji terjadi dalam pertempuran melawan Queen. Setelah rekayasa genetik dalam tubuhnya aktif berkat Raid Suit, Sanji pun mengalami peningkatan yang sangat drastis. Bukan hanya panas tendangannya yang membuat Sanji akhirnya mendapatkan kemampuan baru, yaitu Ifrit Jambe, namun juga kecepatannya. Seperti yang kita lihat kemarin, Queen bahkan menyangka Sanji menghilang saking cepatnya dia bergerak.

Tentunya pertarungan antara Sanji melawan Kizaru ini sangat menarik karena di satu sisi Kizaru mengandalkan buah iblis sebagai sumber kekuatannya, sedangkan di sisi lain, Sanji tidak memiliki kekuatan buah iblis dan mengandalkan kemampuannya serta latihannya.

Apakah Shiryu?

Shiryu si hujan merupakan mantan kepala sipir di penjara Impel Down. Dia kemudian harus dipecat dari jabatannya dan mendekam di penjara level 6 setelah dengan sengaja menghabisi para tahanan. Dia kemudian bebas berkat bantuan Blackbeard, dan memutuskan untuk bergabung dengan krunya. Saat ini, Shiryu sendiri berada di posisi kedua dalam kru Blackbeard.

Meskipun Shiryu dan Sanji belum pernah bertemu, pertarungan keduanya bukan sesuatu yang mustahil terjadi. Alasannya memang mungkin terdengar konyol, yaitu karena buah iblis Suke Suke yang dia miliki. Seperti yang kita ketahui, di Thriller Bark Sanji sendiri pernah marah besar dan berhasil mengalahkan pemilik asli buah iblisnya, Absalom. Dia marah karena Absalom dianggap mencuri buah iblis impiannya sejak masih kecil.

Pasca timeskip, terungkap bahwa Shiryu kemudian menjadi pemilik selanjutnya buah iblis tersebut setelah Absalom tewas akibat mereka bunuh. Namun, mungkin tentunya pertarungan melawan Shiryu sendiri bukan hanya karena alasan buah iblis itu saja. Yang membuat pertarungan ini menarik adalah seperti disebutkan di atas bahwa sekarang Sanji pun bisa “menghilang” tanpa perlu menggunakan buah iblis.

Sejarah pertarungan Sanji melawan pengguna buah iblis yang mampu membuatnya menghilang sudah tercatat dalam serinya. Artinya, bukan hal yang mustahil bagi Sanji dan Shiryu untuk bertarung. Sifat Sanji yang baik hati serta peduli terhadap orang lain akan bertarung menghadapi sifat psikopat, pembunuh berdarah dingin, dari sosok Shiryu.

Ada Lawan Lainnya?

One Piece on Twitter: "Wano Sanji https://t.co/8qZOMipCu2" / Twitter

Masih ada banyak detail yang masih akan Oda perlihatkan di serinya pada masa yang akan datang, mengingat akhir cerita One Piece sendiri baru saja mulai. Mengingat Oda sering kali menghadirkan kejutan tidak terduga kepada para fans, bukan tidak mungkin jika kemudian lawan terakhir yang Sanji hadapi kemudian bukanlah Kizaru atau Shiryu. Sosok tersebut mungkin benar-benar baru yang belum pernah muncul sebelumnya. Jadi, kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.