Setelah sempat banyak dispekulasikan oleh para fans One Piece, akhirnya Eiichiro Oda pun mengonfirmasi mengenai peningkatan kekuatan terbaru dari Luffy yaitu Gear 5. Sosok Kaido sempat menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, karena menjadi villain utama dalam arc Wano Country bersama dengan Yonko lainnya yaitu Big Mom. Dia merupakan sosok yang menguasai Wano selama 20 tahun.

Perjuangan Luffy terbukti tidak mudah untuk menghadapi seorang Yonko karena mereka bukanlah bajak laut biasa. Kaido sendiri dikenal sebagai “makhluk paling kuat di seluruh dunia” dan memiliki nilai buruan yang sangat fantastis, yaitu 4,611,100,000 Belly. Mengalahkan Kaido menjadi misi utama Luffy di arc Wano. Meskipun Luffy nampak mampu menandingi kekuatan dari Kaido, tetapi sebagian fans sendiri menyadari bahwa Luffy masih butuh lebih banyak lagi kekuatan untuk bisa mengalahkan sang Yonko.

Karena itulah, mereka pun berspekulasi mengenai kemungkinan Luffy yang akan membangkitkan kemampuan Gear 5 miliknya. Dan berbicara mengenai Gear 5, dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei sempat memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 yang mungkin sudah dia persiapkan untuk menghadapi Kaido.

Ternyata, petunjuk tersebut mulai berubah menjadi kenyataan. Dalam bocoran untuk chapter 1044 diketahui bahwa kemampuan terbaru – yang berupa awakening – dari tubuh Luffy disebut oleh Luffy sendiri sebagai kekuatan terbesar dan terkuatnya saat ini. Selain itu, Luffy pun menyebutkan bahwa kekuatan terkuatnya tersebut sebagai Gear 5. Kita baru melihat beberapa kemampuan dari Gear 5 ini.

Misalnya, teknik Gomu Gomu no Bajrang Gun. Selain itu, Luffy juga mampu melompat dengan sangat tinggi. Meskipun begitu, tubuh Luffy tetap saja masih elastis seperti karet. Yang luar biasa juga adalah seperti Gorosei jelaskan, bahwa dengan kemampuan Gear 5 atau awakening dari buah iblis Luffy ini membuat tubuh Luffy akan mampu memiliki “kebebasan” tersendiri dan juga “kekuatan” yang jauh lebih besar.

Bentuk Sempurna Gear 5

Dalam Road to Laugh Tale Vol. 4, Oda Sensei membagikan konsep dari Gear 5 yang kemudian tidak jadi dia gunakan. Yang menarik adalah terdapat beberapa “form” dari Gear 5 tersebut seperti Smile, Mischievious, awakening, Sun God, dan juga Giant. Terdapat sebuah spekulasi bahwa hal itu merupakan petunjuk dari bentuk sempurna Gear 5 Luffy, yang mungkin akan dia hadirkan di akhir serinya.

Yang juga menarik adalah bagaimana kemudian terdapat kata ‘Giant’ yang mana mungkin hal ini menggambarkan sosok Nika. Ada kemungkinan jika di masa lalu Nika adalah seorang raksasa. Hal ini mungkin bisa menjelaskan tentang teka-teki besar topi jerami raksasa yang ada di Mary Geoise. Selama ini, para fans penasaran dengan topi jerami raksasa tersebut.

Pasalnya, baik Roger, Shanks, atau Luffy bukanlah raksasa. Bagaimana kemudian bisa ada topi jerami berukuran raksasa. Muncul sebuah spekulasi bahwa pengguna topi jerami tersebut merupakan seorang raksasa, yang mana awalnya para fans menduga bahwa itu adalah Joy Boy. Dan berbicara mengenai bentuk sempurna Gear 5, tentunya sangat menarik untuk kita nantikan kemunculannya.

Dalam pertarungannya melawan Kaido, kita memang sudah melihat bagaimana kedahsyatan dari Gear 5 Luffy. Namun, besar kemungkinan jika apa yang Luffy hadirkan tersebut belum sempurna. Hal ini bisa kita lihat dari apa yang Oda hadirkan sebelumnya, di mana dalam ceritanya Luffy selalu berhasil menyempurnakan semua teknik Gear yang dia miliki. Misalnya, teknik Gear 4 yang sempat menjadi andalan Luffy.

Pola yang selalu Oda gunakan biasanya Luffy mampu menggunakan kekuatan tersebut, meskipun belum sempurna dan masih butuh penyesuaian. Setelah beberapa lama, barulah Luffy akan mampu menyempurnakan atau membiasakan diri dengan kekuatan tersebut. Hal ini pun kemungkinan besar akan terjadi kepada Gear 5, di mana kedahsyatan dari kekuatannya akan semakin meningkat pasca Luffy mampu menguasainya. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kedahsyatan bentuk sempurna Gear 5 Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.