Sejak awal seri Naruto muncul para fans tentunya sudah melihat dan menyadari bahwa Hatake Kakashi adalah seorang shinobi Konoha yang sangat dahsyat. Nama Hatake Kakashi bahkan dikenal oleh para shinobi lainnya di luar Konoha. Sosoknya pun banyak ditakuti oleh mereka. Guru dari Team 7 ini lulus dari akademi ninja di umur ke 5 tahun, dan kekuatannya terus meningkat seiring berjalannya usia.

Kakashi memiliki dan menguasai teknik doujutsu Sharingan, mempelajari berbagai teknik jutsu, dan memiliki kecerdasan dalam hal strategi bertarung. Meskipun dia menguasai banyak jurus atau teknik, namun tidak semuanya dia gunakan dalam pertarungan. Namun, ada beberapa Jutsu atau teknik ninja yang mungkin tidak banyak orang ketahui bahwa Kakashi menguasainya. Apa saja?

Eight Inner Gates

Teknik Eight Inner Gates merupakan salah satu Jutsu terlarang yang diwariskan dari Might Duy kepada anaknya, Guy. Setelah itu, barulah jurus tersebut Guy wariskan kepada muridnya, Rock Lee. Saat ini, teknik tersebut merupakan Jutsu utama yang klan Lee kuasai. Pada dasarnya, teknik ini membuat penggunanya mampu membuka seluruh gerbang chakra dalam tubuhnya.

Dengan membuka semua batasan tersebut, mereka akan mendapatkan akses tanpa batas dari seluruh chakra dan potensi yang ada. Biasanya, teknik ini menjadi andalan pengguna Taijutsu. Meskipun Kakashi tidak terlalu ahli dalam hal Taijutsu, namun nyatanya dia mampu mengakses kekuatan ini. Hal tersebut dia perlihatkan saat arc Ujian Chunin, di mana dia menggunakannya sambil latihan memanjat tebing. Namun, tidak ada informasi apakah Kakashi memang membuka semua gerbangnya atau hanya beberapa. Setidaknya, Kakashi mampu membuka satu atau dua gerbang chakra.

Strong Fist

Selain Eight Inner Gates, teknik Taijutsu lainnya yang Kakashi Kuasai adalah Strong Fist. Ini merupakan sebuah teknik Taijutsu yang umum di dunia shinobi. Berbeda dengan teknik Gentle Fist milik klan Hyuga, yang berfokus pada titik-titik chakra musuh, Strong Fist Kakashi tidak bedanya seperti pukulan biasa. Hanya saja kekuatannya jauh lebih dahsyat. Ini merupakan andalan dari Kakashi dalam pertarungan jarak dekat.

Selama ini, Kakashi menggunakan teknik tersebut untuk bertarung menghadapi Might Guy atau para shinobi lainnya. Dan Kakashi nampaknya ahli dalam penguasaan tekniknya. Bukti lainnya adalah di era Boruto, dia mampu menandingi kekuatan para Inner Kara. Hal ini jelas memperlihatkan bahwa Kakashi mampu bersaing dengan para ahli Taijutsu lain.

Front Lotus

Teknik Taijutsu lainnya yang Kakashi kuasai adalah Front Lotus, sebuah teknik Taijutsu yang mengerikan. Kita pertama kali melihat teknik ini ketika Rock Lee bertarung melawan Gaara. Dalam praktiknya, Jutsu ini memanfaatkan teknik Eight Inner Gates, yang mana ketika digunakan, maka penggunanya akan mengalami peningkatan kekuatan. Dan bukan tidak mungkin jika musuhnya hancur akibat serangan beruntun.

Saat menggunakan tekniknya, penggunanya akan menghajar musuhnya ke udara dengan sebuah tendangan. Kemudian, mereka berdua akan terikat oleh perban atau ikat lainnya. Sambil berputar dengan kencang, penggunanya akan menghantamkan tubuh musuh ke tanah. Karena Kakashi hanya mampu membuka beberapa gerbang chakra saja, dia bisa menggunakan teknik ini tanpa kelelahan.

Rasengan

Rasengan merupakan Ninjutsu dahsyat yang dikembangkan oleh Hokage keempat, Minato Namikaze, setelah dia melihat teknik Tailes Beast Ball. Jutsu ini kemudian dia warisakan kepada shinobi lain, seperti Jiraiya, yang kemudian dia ajarkan lagi kepada anak Minato, Uzumaki Naruto. Yang mengejutkan adalah bagaimana ternyata Kakashi juga adalah salah satu pengguna Rasengan.

Bahkan, dia sudah menguasai tekniknya sejak usia muda. Sama halnya seperti Minato, Kakashi coba untuk menyempurnakan Jutsu tersebut. Namun sayangnya, dia gagal melakukannya. Tetapi, menariknya adalah kegagalan itu justru menjadi jalan bagi Kakashi untuk menciptakan teknik lain, Chidori. Kemampuan Rasengan Kakashi bisa kita lihat ketika Naruto melatih Rasenshuriken miliknya.

Shadow Clone/Kagebunshin

Jurus bayangan atau Shadow Clone atau Kagebunshin adalah salah satu teknik terlarang sekaligus juga teknik andalan milik Naruto. Meskipun dalam ceritanya Naruto menjadi sosok yang sering menggunakan teknik ini, nyatanya ada juga shinobi lain yang mampu menggunakannya. Kakashi adalah salah satu shinobi yang ternyata menguasai teknik bayangan ini.

Bahkan, dia mampu untuk meningkatkan level kekuatan tekniknya dengan menciptakan teknik lain yaitu Multi Shadow Clone Jutsu. Dalam arc Land of Waves, kita melihat beberapa kloning atau bayangan dari Kakashi. Namun, memang bagaimana Kakashi menguasai teknik ini tidak sebaik Naruto. Hal ini karena chakranya tidak sebesar milik Naruto. Dia hanya mampu melakukan teknik ini beberapa kali, dan itu pun jarang dia lakukan.

Lightning Release: Purple Electricity

Hatake kakashi adalah salah satu shinobi yang memiliki dan menguasai teknik pelepasan listrik. Dan berbagai Jutsu yang dia kuasai pun biasanya berkaitan dengan pelepasan listrik. Inilah yang kemudian membuat Kakashi mengembangkan teknik barunya yaitu Purple Electricity. Jutsu ini pada dasarnya mirip seperti Chidori, di mana Kakashi akan mengumpulkan chakra listriknya di telapak tangan.

Namun, yang membuat Jutsu baru ini menjadi luar biasa adalah tidak ada efek samping yang berbahaya muncul seperti halnya Chidori. Kakashi sendiri menciptakan teknik ini setelah dia harus kehilangan Sharingan yang dia miliki. Meskipun digunakan untuk menyerang musuh, Purple Electricity juga bisa digunakan untuk memproduksi hujan. Yang menarik, Boruto pun mempelajari teknik ini.

Kakashi memang terkenal sebagai ninja peniru dan mampu menguasai banyak Jutsu. Karena itulah, wajar jika kemudian dia menjadi salah satu shinobi terkuat. Namun, dari sekian banyak Jutsu yang Kakashi kuasai ada sebagian Jutsu tersebut yang mungkin para fans tidak ketahui, bahwa ternyata Kakashi pun menguasainya. Dan di atas adalah contohnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.