Kreator dari seri One Piece, Eiichiro Oda, menghadirkan sebuah kejutan besar di chapter 1057 kemarin yang menjadi akhir dari arc Wano Country. Setelah cukup lama Oda menghadirkan petunjuk tentang Yamato yang akan bergabung dengan kelompok Topi Jerami, namun di chapter tersebut terungkap bahwa anak dari Kaido tersebut pada akhirnya memutuskan untuk tetap berada di Wano.

Di chapter sebelumnya juga Oda menghadirkan nasib dari calon baru kru Topi Jerami lainnya, yaitu Carrot. Salah satu suku Mink tersebut sudah berlayar bersama kru Topi Jerami sejak arc Whole Cake Island. Nekomamushi dan Inuarashi akhirnya memutuskan untuk menunjuknya menjadi pemimpin baru suku Minks. Sementara, mereka berdua memutuskan untuk tetap berada di Wano.

Melihat bagaimana popularitas dari sosok Yamato dan Carrot, banyak fans yang kemudian kecewa dengan perkembangan karakter tersebut. Mereka sudah berharap bahwa keduanya – atau salah satu dari mereka – kemudian akan bergabung dan menjadi Nakama baru. Hal ini pun memunculkan sebuah pertanyaan besar, dengan Carrot dan Yamato tidak jadi bergabung apakah artinya Jinbe menjadi kru terakhir? Apakah Oda tidak akan lagi menambah kru baru bagi Topi Jerami?

Jinbei Jadi Yang Terakhir?

Kru Topi Jerami tetap dalam komposisi yang sama sejak 2008, di mana Brook menjadi sosok baru pasca arc Thriller Bark. Dan dua tahun kemudian, pada 2011 dalam arc pulau manusia ikan Jinbe mendapatkan undangan dari Luffy untuk bergabung. Namun, baru pada arc Wano kemarin Jinbei akhirnya resmi untuk menjadi bagian dari kru Topi Jerami setelah dia muncul untuk membantu Luffy dalam pertempuran di Onigashima.

Melihat bagaimana kondisi dan situasi ketika Jinbei memutuskan untuk bergabung dengan kru Topi Jerami, banyak fans meyakini bahwa Oda Sensei sepertinya enggan untuk menambah kru baru bagi kelompok Topi Jerami. Hal ini juga didukung dengan concept art dari Oda Sensei sebelum serinya muncul perdana. Concept art tersebut muncul di One Piece Magazine volume 10 yang rilis pada 2020 kemarin.

Dalam concept art tersebut nampak kru Topi Jerami tersebut berjumlah sepuluh orang, dengan ada beberapa perubahan yang terjadi. Misalnya kehadiran ahli tumbuhan Oda ganti dengan arkeolog yaitu Nico Robin. Kemudian, sosok tukan kayunya sendiri Oda rubah dari sosok berbentuk Kappa menjadi sosok Franky. Selain itu, Oda sendiri sepertinya sudah “mematenkan” komposisi kru Topi Jerami seperti sekarang.

Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika Oda sudah tidak tertarik lagi untuk menambah jumlah krunya. Dengan serinya yang sekarang sedang berada di fase terakhir, menambah kru baru tentunya akan semakin memperumit ceritanya. Apalagi, Oda sudah mempersiapkan semuanya untuk cerita akhir tersebut. Jadi, sang mangaka tentu ingin semuany berjalan sesuai rencana.

Yang juga bisa menjadi petunjuk lainnya adalah bagaimana Luffy pernah mengucapkan di awal cerita bahwa dia hanya akan menginginkan sepuluh orang kru saja untuk memulai petualangan tersebut. Apakah sepuluh orang tersebut termasuk dirinya – atau tidak – sudah sering menjadi perdebatan di kalangan fans. Jika memang kemudian sepuluh orang tersebut termasuk sosok Luffy, maka artinya Jinbe memang menjadi kru terakhir.

Vivi Kembali Bergabung?

Meskipun begitu, ada juga sebagian fans yang beranggapan jika jumlah kru Topi Jerami akan berakhir dengan 11 orang. Hal ini berkaca pada kelompok Blackbeard, di mana dia memiliki 10 orang komandan di bawah kekuasaanya. Dan dengan adanya spekulasi bahwa kelompok Topi Jerami akan bertarung melawan kelompok Blackbeard, Luffy akan bertarung melawan Blackbeard menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Sementara, kru lainnya akan saling berhadapan seperti Luffy.

Jika kemudian memang jumlah kru Topi Jerami nantinya adalah 11 orang, pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang akan juga bergabung. Selain Yamato dan Carrot, sosok lainnya yang juga mungkin akan bergabung adalah Vivi. Seperti yang kita ketahui, Vivi merupakan kru Topi Jerami yang tidak resmi karena dia memutuskan untuk menolak bergabung dengan Luffy. Dia memutuskan untuk mengurus kerajaannya terlebih dahulu sebelum bergabung dengan Luffy.

Melihat apa yang terjadi dalam peristiwa Reverie, sudah jelas bahwa Vivi akan memiliki peran penting di Saga terakhir serinya. Dalam arc Reverie, terungkap bahwa Im menjadikan Vivi sebagai targetnya. Dan di chapter 1057, kita mengetahui bahwa ayah Vivi, Cobra, dikabarkan tewas. Di sisi lain, saat ini, kita masih belum tahu bagaimana nasib sang putri Alabasta tersebut.

Dengan Vivi yang berada dalam bahaya, rasanya kelompok Topi Jerami tidak akan tinggal diam. Karena itu, bukan hal mustahil jika mereka akan kembali bertemu, yang mana akibat masalah keamanan ini juga Vivi memutuskan untuk ikut berlayar bersama Luffy. Spekulasi tentang masa depan dari kelompok Topi Jerami selalu menjadi topik pembahasan menarik para fans. Apalagi, saat ini kita sudah mulai memasuki cerita akhirnya. Peluang untuk menambah kru tentunya semakin kecil.

Apakah kemudian Oda akan berhenti untuk menerima kru baru di kelompok Topi Jerami pasca Jinbe masih harus kita tunggu. Terlepas dari semuanya, Saga terakhir ini akan menjadi momen dari masing-masing kru untuk bisa kembali bersinar untuk yang terakhir kalinya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.