Meskipun Saitama adalah karakter paling kuat di seri One Punch Man, ada sosok pahlawan lain yang terbukti jauh lebih dahsyat terlepas dari sosoknya yang sangat lemah. Sosok tersebut tidak lain adalah King. Dia merupakan manusia biasa, yang secara tidak sengaja banyak orang anggap sebagai salah satu pahlawan terkuat. Meskipun begitu, selama ini dia selalu muncul dalam berbagai momen epik.

King memang adalah yang terlemah, karena pada dasarnya dia tidak memiliki kekuatan super apa pun. Namun, dia selalu muncul dalam situasi genting. Contohnya adalah bagaimana dia muncul dan berkontribusi besar di arc Monster Association. Hal tersebut seolah membuktikan bahwa dia bukan hanya sekedar karakter komedi atau hanya untuk penyegaran cerita semata.

Dia merupakan sosok pahlawan profesional di mana King duduk di peringkat ke 7 sebagai pahlawan kelas S. Memiliki julukan “Manusia Paling Kuat di Muka Bumi,” King sebenarnya hanyalah orang biasa yang memiliki keberuntungan sangat besar, terlepas apakah hal itu baik atau buruk. Inilah alasan mengapa King sering kali berada di waktu dan tempat yang tepat saat sosok monster muncul dan berbuat kekacauan.

Meskipun begitu, pada akhirnya Saitama yang kemudian muncul dan menghancurkan monster tersebut. Tetapi, King tetap mendapatkan kredit atau pujian atas tindakannya tersebut karena hanya dia yang tersisa di lokasi kejadian. Ini juga yang kemudian membuat King mendapatkan julukan yang dia miliki sekarang dan terkenal sebagai salah satu pahlawan terkuat di serinya.

Bukti Kedahsyatan King

Selama pertempuran di arc Monster Association, King memang tidak terlalu banyak terlibat dalam pertarungan tersebut. Dia lebih banyak bersembunyi atau kabur. Meskipun begitu, King tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan kontribusinya. Dan hasilnya, kita bisa melihat bahwa dia berhasil menyelamatkan Waganma dari sekapan para monster.

Kemudian, dia juga berhasil menyelamatkan Tareo yang juga ternyata menjadi korban penculikan para monster. King juga membuktikan dirinya bahwa dia bisa orang lain percaya. Ketika sosok pahlawan nomor 1 di dunia, Blast, muncul dan meminta King untuk merawat Tatsumaki, dia pun melakukannya dengan sangat baik. Bahkan, sampai semua pertempuran selesai Tatsumaki masih berada dalam perlindungan King.

King juga ternyata terbukti peduli terhadap nasib seseorang. Hal ini bisa kita lihat di One Punch Man chapter 169 kemarin. Ketika para pahlawan level rendah terus menghakimi dan menghajar Garou, yang sudah mengaku kalah dan tidak melakukan perlawanan, King pun kemudian meminta mereka untuk berhenti melakukan hal tersebut. Dia memanfaatkan King Engine dan juga reputasinya untuk menghentikan para pahlawan tersebut.

King sadar bahwa Garou adalah sosok yang sangat Tareo hormati, dan King tidak ingin Tareo bersedih dan kecewa melihat sosok idolanya menjadi bulan-bulanan para pahlawan. Dan yang luar biasanya, King masih tetap memegang Tatsumaki di tangannya. Dia tidak sedikit pun melepaskan atau mengabaikan Tatsumaki, meskipun semua pertarungan sudah selesai.

Harus kita akui bahwa King memang merupakan karakter yang muncul sebagai penyegar dalam setiap cerita, bahkan sampai sekarang. Namun, seiring berjalannya waktu, serta berbagai peristiwa yang penting terjadi sampai sekarang, pada akhirnya sudah merubah sosok King seperti halnya apa yang terjadi kepada Saitama. King benar-benar menunjukan bahwa meskipun dia lemah, namun dia tetap bisa orang lain percayai.

Kesimpulannya

Berdasarkan dari apa yang terjadi selama di arc Monster Association, King sudah berkembang menjadi sosok yang lebih baik. Dia mungkin masih tetap menjadi sosok biasa yang tidak memiliki kekuatan super. Namun, setidaknya kita sudah tahu seperti apa sosok King sebenarnya. Kita tahu bahwa King bisa orang lain percaya. Dia juga bisa orang lain andalkan, meskipun semua itu pada dasarnya hanya keberuntungan.

Perlahan tapi pasti King mulai berevolusi menjadi sosok yang jauh lebih baik. Dia mungkin akan mencoba untuk menjadi jauh lebih berani dan jauh lebih kuat. Menarik tentunya untuk melihat perkembangan kekuatan dari King kedepannya, apakah pada akhirnya dia akan memiliki kekuatan super atau memiliki kemampuan lain seperti halnya Garou atau Suiryu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.