Ketika berbicara tentang tim superhero Avengers di Marvel Universe, para penggemar pasti akan langsung ingat Iron Man, Captain America, dan Thor. Mereka terkenal sebagai superhero Big Three yang wajib ada di semua versi Avengers. Hal ini bisa terjadi karena Tony Stark/Iron Man adalah perwakilan dari manusia, Thor adalah salah satu simbol dewa, dan Steve Rogers/Captain America adalah perekat tim. Namun, yang jarang penggemar tahu, ternyata ada juga beberapa tim Avengers yang ternyata sama sekali tidak melibatkan Big Three. Berikut ini tujuh versi Avengers yang tidak pernah mengajak Iron Man, Captain America, dan Thor sebagai anggotanya!

BACA JUGA: Para Avengers yang Dipecat!

Prehistoric Avengers

7 Avengers Tanpa Anggota Inti!, Greenscene

Prehistoric Avengers, atau yang mempunyai nama resmi Avengers 1 Million B. C., adalah tim superhero yang muncul pertama kali di komik Marvel Legacy #1. Sebagai tim superhero zaman prasejarah, Prehistoric Avengers terdiri dari para legenda Marvel. Seperti Agamotto (Sorcerer Supreme pertama), Black Panther pertama, Ghost Rider pertama, Iron Fist Fan Fei, Phoenix Firehair, Odin, dan Starbrand. Misi utama mereka adalah melindungi Bumi dari segala macam ancamannya, termasuk Celestial bernama Zgreb the Sorrower yang pada saat itu ingin menghancurkan Bumi.

Savage Avengers

7 Avengers Tanpa Anggota Inti!, Greenscene

Di Marvel Universe, Savage Avengers terkenal sebagai versi Avengers yang paling mematikan sepanjang sejarah. Hal itu bisa terjadi karena para anggotanya tidak terlalu memedulikan moral superhero ketika beraksi, di mana mereka tidak akan ragu menumpas para musuhnya dengan cara yang kejam. Muncul perdana di komik Savage Avengers #12, para superhero pertama yang bergabung dengan tim di antara lain adalah Conan the Cimmeria, Venom, Doctor Voodoo, Daredevil Elektra, Wolverine, dan Black Knight. Musuh bebuyutan mereka adalah Kulan Gath, penyihir jahat nan sakti dari zaman Hyborian.

Great Lakes Avengers

7 Avengers Tanpa Anggota Inti!, Greenscene

Pada dasarnya Great Lakes Avengers adalah parodi dari West Coast Avengers yang debut di komik West Coast Avengers Vol. 2 #46. Anggotanya terdiri dari para karakter C-list yang terkenal nyeleneh, seperti Mr. Immortal yang terkenal tidak bisa mati meskipun dia sangat ingin mati; Kemudian ada juga Doorman yang tubuhnya bisa menjadi pintu ke mana saja; Mutan bertubuh gempal bernama Big Bertha; Leather Boy yang sama sekali tidak mempunyai kekuatan apa-apa; Dan Mr. Fantastic wannabe Flatman. Meskipun kemunculan mereka hanya sekadar lelucon, tetapi tidak sedikit penggemar yang menyukai Great Lakes Avengers.

BACA JUGA: Bukan Avengers, Ini Tim Superhero Pertama Marvel!

Dark Avengers

7 Avengers Tanpa Anggota Inti!, Greenscene

Setelah Norman Osborn/Green Goblin berhasil tampil sebagai pahlawan pasca Secret Invasion, dia kemudian mendirikan Avengers versinya sendiri yang terkenal dengan sebutan Dark Avengers. Tim yang pertama kali muncul di komik Dark Avengers #1 ini bukanlah tim Avenger baik seperti yang selama ini penggemar tahu. Karena tujuan Norman sendiri adalah ingin menguasai Bumi dengan berpura-pura menjadi superhero Iron Patriot. Begitu juga dengan para supervillain di dalamnya, termasuk Daken, Ares, Bullseye, Mac Gargan/Venom, dan Moonstone yang menyamar sebagai superhero juga.

1
2