U.S. Avengers

U.S. Avengers adalah tim super ciptaan American Intelligence Mechanics (A.I.M.) yang mereka dirikan sesaat setelah berhasil mengambil alih S.H.I.E.L.D di komik U.S.Avengers #1. Adapun para karakter yang menjadi anggotanya adalah Cannonball, Citizen V, Enigma, Iron Patriot, Red Hulk, dan Squirrel Girl. Meskipun eksistensi mereka tidak lama, tetapi U.S. Avengers pernah berhasil menyelamatkan Bumi dari pertempuran kosmik antara Challenger dan Grandmaster. Merasa kewalahan dengan tanggung jawab sebagai Avengers, pada akhirnya Citizen V memutuskan untuk membubarkan U.S. Avengers demi kebaikan bersama.

Young Avengers

Setelah Avengers utama menghilang pasca peristiwa Avengers Dissasembled, para superhero muda berinisiatif untuk mendirikan tim superhero baru di komik Young Avengers #1. Semuanya bermula dari Iron Lad yang melakukan perjalanan waktu ke masa sekarang untuk menghentikan inkarnasi dewasanya, yang tidak lain adalah Kang the Conqueror. Dia kemudian merekrut Wiccan, Hulkling, Patriot, Hawkeye Kate Bishop, dan Cassie Lang untuk membentuk Young Avengers. Meskipun masih muda secara umur dan pengalaman, tetapi tim ini benar-benar berhasil mengalahkan Kang, setidaknya salah satu variannya di Marvel Universe.

Astonishing Avengers

Kemunculan Astonishing Avengers di komik Avengers & X-Men: Axis #2 bisa terjadi karena sihir Scarlet Witch telah membalik sifat dari semua karakter di Marvel Universe. Di mana yang baik menjadi villain dan yang jahat menjadi hero. Saat Thor, Iron Man, dan Captain America menjadi jahat, tidak ada pilihan lain bagi Magneto untuk mendirikan tim superhero Astonishing Avengers. Bersama Carnage, Doctor Doom, Mystique, Enchantress, Sabretooth, dan Jack’O Lantern, Magneto berhasil melindungi Bumi untuk sementara waktu. Sampai akhirnya karakter mereka kembali seperti semula saat sihirnya berhasil dibalik di akhir peristiwa Axis.

BACA JUGA: Bukan Avengers, Ini Tim Superhero Pertama Marvel!

Ketujuh tim Avengers ini mungkin tidak seterkenal versi utama, Mighty Avengers. Walaupun begitu, kehadiran mereka tetap saja menjadi momen yang cukup penting dalam sejarah Marvel. Karena semua versi ini telah membuktikan bahwa mereka juga bisa tetap berdiri bahkan beraksi, meskipun tanpa melibatkan Big Three. Iron Man, Captain America, dan Thor memang merupakan karakter vital di Marvel Universe, tetapi untuk Avengers, ketujuh versi ini telah berhasil menampik fakta tersebut. Bahwa banyak versi Avengers yang bisa tetap berjalan meskipun tanpa melibatkan Big Three sebagai pentolannya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.