Tahun 2022 adalah masa yang cukup membahagiakan bagi para penggemar film superhero di Indonesia. Karena setelah sebelumnya Satria Dewa Semesta merilis Gatotkaca, sebentar lagi giliran Bumilangit Cinematic Universe yang akan merilis film Sri Asih. Film kedua BCU setelah Gundala ini akan menceritakan petualangan jagoan wanita Bumilangit yang terkenal paling anggun bernama Sri Asih.

Untuk pemerannya sendiri, film Sri Asih telah menggaet aktris cantik Pevita Pearce sebagai sosok yang akan mewakili keanggunan di Bumilagit Cinematic Universe. Menurut sejarahnya, karakter Sri Asih sendiri adalah jagoan pertama ciptaan bapak komik Indonesia, R. A. Kosasih. Sambil menunggu filmnya rilis, mari kita kenali lebih jauh siapa sebenarnya jagoan yang sangat anggun dan juga hebat ini!

BACA JUGA: Sri Asih Unjuk Kekuatan di Trailer Perdana!

Jagoan Pertama Bumilangit

Sri Asih adalah jagoan pertama ciptaan R.A Kosasih yang melakukan debutnya di Majalah Komik pada tahun 1954. Karakter yang mempunyai nama asli Nani Wijaya ini adalah seorang wanita lugu yang tidak terlihat kuat dari luar. Namun, pada kenyataannya dia adalah seorang penyidik andal yang mempunyai tugas untuk menangani masalah mafia internasional. Ketika dia menghadapi situasi yang mengancam, Nani akan langsung berubah menjadi jagoan bernama Sri Asih setelah meneriakan nama ‘Dewi Asih’.

Mengenal Sri Asih, Jagoan dari Bumilangit Universe!, Greenscene

Sebagai seorang jagoan sekaligus investigator, Sri Asih tidak hanya fokus menumpas kejahatan di Indonesia saja. Dia juga pernah melawan para penjahat di Singapura dan Makau. Dalam sejarahnya di Bumilangit, Sri Asih sudah pernah mengalahkan sejumlah penjahat kuat. Termasuk Si Mata Seribu, Serigala Hitam, Komplotan Kawa-kawa, Bajak Laut, dan masih banyak lagi. Selain hebat, Sri Asih juga terkenal sangat anggun. Di mana hal tersebut terlihat dari kostum jagoannya yang berhasil memadukan pakaian tradisional.

Selain Nani, sebenarnya ada dua wanita tangguh lain yang mewarisi kekuatan Sri Asih, yaitu Ganis dan Alana. Rengganis atau Ganis adalah sosok wanita tangguh yang menjadi Sri Asih setelah berhasil membuktikan kegigihanya sebagai seorang aktivis lingkungan. Sedangkan Alana adalah seorang wanita indigo yang kehidupannya mulai berubah setelah mendapatkan panggilan batin dari Dewi Asih untuk menjadi Sri Asih. Meskipun latar belakangnya berbeda, tetapi ketiga Sri Asih ini mempunyai satu kesamaan, yaitu mereka menggunakan kekuatannya untuk menumpas kejahatan di dunia.

Mendapatkan Kekuatan dari Leluhur

Nani Wijaya alias Sri Asih terkenal dapat memanggil arwah para leluhurnya untuk kemudian meminjam kekuatan mereka. Yang pertama dia mempunyai kemampuan Triwikrama, di mana Sri Asih dapat menggandakan diri, memperbesar ukuran tubuh, dan juga memperkuat struktur otot. Saat menjadi Sri Asih, kekuatan fisiknya konon setara dengan 250 pria dewasa. Dia juga mempunyai daya tahan tubuh yang sangat luar biasa, di mana hal tersebut membuat tubuhnya kebal dari segala macam serangan.

Mengenal Sri Asih, Jagoan dari Bumilangit Universe!, Greenscene

Seakan masih belum cukup kuat, Sri Asih juga terkenal dengan kemampuan terbangnya yang sangat tinggi dan juga cepat. Seperti yang terlihat di teaser trailer filmnya, kekuatan dan kecepatan terbangnya memungkinkan Sri Asih untuk menggetarkan tanah ketika mendarat. Yang lebih menariknya lagi, Sri Asih juga mempunyai selendang sakti yang bentuk dan pergerakannya bisa dia kendalikan menggunakan pikiran. Kekuatan yang sama juga menurun pada dua Sri Asih setelah Nani. Namun, sejatinya Sri Asih yang sebenarnya adalah Nani, karena dia adalah orang pertama yang dapat meminjam kekuatan leluhurnya.

Sri Asih di Bumilangit Cinematic Universe

Mengenal Sri Asih, Jagoan dari Bumilangit Universe!, Greenscene

Sejauh ini masih belum terungkap akan seperti apa plot dari film Sri Asih nanti. Begitu juga dengan alter ego Sri Asih yang akan diperankan oleh Pevita Pearce. Namun, kemungkinan besar Bumilangit akan menggunakan alter ego aslinya yang tidak lain adalah Nani Wijaya. Film kedua BCU ini digarap oleh sutradara Serigala terakhir Upi Avianto yang akan mengarahkan filmnya berdasarkan naskah karya Joko Anwar. Selain Pevita Pearce, ada sejumlah bintang tanah air lain yang sudah pasti akan memeriahkan filmnya. Seperti Christine Hakim, Jefri Nichol, Surya Saputra, Sophia Latjuba, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Mengenal Nightfall, Inhuman Marvel Asal Jakarta!

Itulah pembahasan mengenai jagoan Bumilangit Sri Asih yang sebentar lagi akan beraksi di layar lebar. Melihat jajaran pemeran dan juga kekayaan cerita dari Sri Asih, sepertinya akan menarik melihat bagaimana karakternya tampil dalam bentuk live-action. Apalagi Pevita Pearce telah melakukan banyak latihan agar bisa mendalami karakter Sri Asih yang anggun sekaligus tangguh. Film Sri Asih sendiri rencananya akan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada tanggal 6 Oktober 2022. Kita nantikan saja ya, Geeks di Bumilangit Universe.