Pirates of the Caribbean: At World’s End ($300 Juta)

Sama seperti Justice League, Pirates of the Caribbean: At World’s End adalah film yang telah menelan anggaran sebesar 300 juta dolar atau sekitar 4,3 triliun rupiah. Bedanya, film ini tayang sepuluh tahun lebih awal, yaitu tahun 2007 sebagai film ketiga dari waralabanya. Filmnya sendiri masih menghadirkan trio karakter favorit penggemar, yaitu Jack Sparrow (Johnny Depp), Elizabeth Swann (Keira Knightley), dan Will Turner (Orlando Bloom). Pendapatan filmnya sendiri berhasil mencapai nilai yang sangat fantastis, yaitu 960 juta dolar atau sekitar 14 triliun rupiah.

Avengers: Infinity War ($316 Juta)

Di era film superhero, tidak aneh jika Marvel sebagai pelopor sampai mengeluarkan anggaran lebih dari 300 juta dollar. Film Avengers: Infinity War sendiri tayang pada masa puncak waralaba MCU, di mana para Avengers harus berkumpul untuk melawan Thanos. Untuk film tahun 2018 yang anggarannya mencapai 316 juta dolar, film Infinity Wars berhasil mengejutkan dunia dengan pendapatannya yang mencapai 2 miliar dolar Amerika. Selain melibatkan banyak aktor, kualitas CGI-nya adalah alasan mengapa filmnya menelan anggaran yang sangat besar.

Avengers: Endgame ($350 Juta)

Sukses dengan Infinity Wars, satu tahun kemudian Marvel masih mempunyai film lanjutannya yang berjudul Avengers: Endgame (2019). Mengingat film ini menjadi jawaban untuk kisah sebelumnya, cukup masuk akal mengapa anggaran dan juga pendapatannya jauh lebih besar. Dengan anggaran yang mencapai 350 juta dolar, film Endgame berhasil meraup pendapatan sebesar 2.8 miliar dolar atau sekitar 41 triliun rupiah. Nilai pendapatan yang sngat fantastis tersebut menjadikan Endgame sebagai film superhero terlaris sepanjang sejarah.

Avengers: Age of Ultron ($386 Juta)

Sebelum Endgame, ternyata Marvel pernah mengeluarkan anggaran yang lebih besar untuk film Avengers: Age of Ultron (2015). Dengan anggaran yang lebih besar dari Infinity Wars dan Endgame, yaitu sekitar 386 juta dolar, ternyata filmnya berhasil meraup pendapatan sekitar 1,4 miliar dolar. Meskipun lebih kecil, tetapi pada tahun 2017, Age of Ultron adalah salah satu film yang paling berhasil di seluruh dunia. Nilai pendapatannya juga terbilang masih sangat menguntungkan bagi Marvel, di mana mungkin mereka menggunakannya untuk membangun kisah MCU selanjutnya.

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides ($422 Juta)

Dengan anggaran 422 juta dolar, Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides berhasil menempati urutan pertama untuk film termahal. Alasan mengapa film ini menghabiskan biaya yang sangat tinggi adalah karena syutingnya dilakukan di berbagai lokasi. Mereka juga bahkan sampai menyewa sepuluh perusahaan jasa visual efek untuk menghadirkan tontonan yang berkualitas. Rilis pada tahun 2011, On Stranger Tides berhasil meraup pendapatan sebesar 1 miliar dolar dari seluruh dunia.

BACA JUGA: Penampilan Perdana Johnny Depp di Film Terbaru!

Itulah sepuluh film Hollywood dengan anggaran paling mahal sepanjang sejarah, setidaknya sampai tahun 2022 ini. Karena ke depannya tidak menutup kemungkinan akan bermunculan film yang jauh lebih mahal dari rekor saat ini. Dari daftar film termahal ini bisa kita simpulkan bahwa dengan anggaran yang besar sebenarnya tidak menjamin bahwa filmnya akan sukses. Pada kenyataannya justru ada beberapa film di daftar ini, seperti John Carter dan Solo, yang sama sekali tidak termasuk film dengan ‘pendapatan’ terbesar sepanjang sejarah. Apakah film favorit kalian ada di daftar ini, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.