Terlepas dari Goku yang mendapatkan kekuatan baru, hal tersebut hanya berhasil membuatnya untuk mampu menandingi kekuatan dari Gas, yang notabene menjadi antagonis terkuat dalam sejarah Dragon Ball. Chapter terbaru kemarin juga mengungkapkan sebuah teknik luar biasa yang belum pernah kita lihat Goku gunakan sebelumnya.

Sebagai seorang Saiyan, Goku harus bergantung kepada emosinya untuk meningkatkan level kekuatan yang dia miliki. Hal ini membuatnya sulit untuk bisa menguasai Ultra Instinct secara penuh seperti halnya para Angel. Seperti yang selalu muncul dalam ceritanya, para Angel selalu muncul dalam keadaan tenang. Hal ini tidak bisa Goku lakukan, karena genetik Saiyan dalam dirinya.

Meskipun begitu, True Ultra Instinct sepertinya memberikan Goku pengembangan teknik miliknya sendiri. Sekarang, dia tidak perlu lagi menahan emosi untuk bisa menggunakan tekniknya. Dia justru bisa memanfaatkan emosi tersebut untuk meningkatkan kekuatan Ultra Instinct. Dengan Gas yang sekarang berhasil Granolah kalahkan, artinya sudah tidak ada lagi sosok yang terkuat.

BACA JUGA: Dragon Ball: 5 Momen Vegeta Unggul dari Goku!

Mengapa kemudian Goku masih belum bisa mengalahkan Beerus? Seperti yang dijelaskan di atas, menjadi petarung terkuat di alam raya bukan berarti mereka memiliki level kekuatan diatas para dewa. Artinya, meskipun kemudian Goku berhasil mengalahkan Gas menggunakan True Ultra Instinct, dia tetap tidak akan mampu mengalahkan Beerus.

Beerus Jauh Lebih Kuat

Yang juga membuat Beerus jauh lebih kuat dan sulit Goku kalahkan adalah selain memiliki akses Ultra Instinct, Beerus juga memiliki akses terhadap Ultra Ego. Belum lagi dia memiliki teknik Hakai. Dan Beerus sendiri merupakan Dewa Penghancur paling kuat.  Bahkan, kita masih belum tahu seperti apa kekuatan sebenarnya. Artinya, kecil peluang Goku untuk bisa mengalahkan Beerus.

BACA JUGA: Dragon Ball: Inikah Lawan Sepadan Broly?

Harus kita akui bahwa perkembangan kekuatan Goku sejauh ini sangatlah pesat. Berkat Ultra Instinct, kini Goku mampu berada di level yang hampir sama seperti para dewa. Goku mungkin tidak akan pernah bisa mengalahkan Beerus, tetapi dia bisa menjadi lawan yang tangguh bagi sang Dewa Penghancur. Namun, bukan mustahil juga jika kemudian dia mampu melampaui Beerus setelah menguasai seluruh tingkatan Ultra Instinct.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.