Sejak debutnya di seri Dragon Ball Z dan kemunculannya kembali di masa sekarang dalam seri Dragon Ball Super, sosok Vegeta selalu digambarkan dengan dua hal: harga dirinya sebagai Saiyan dan juga sosok rival yang menandingi kekuatan Goku. Untuk waktu yang lama, Vegeta nampak menaruh rasa benci yang begitu mendalam terhadap Goku.

Padahal, Goku sendiri tidak pernah diperlihatkan benar-benar menghabisi sosok Vegeta dalam sebuah pertarungan. Yang menarik adalah bagaimana hubungan dari kedua karakter ini berkembang dari yang awalnya musuh, menjadi sosok rival. Bahkan, sekarang, keduanya sudah bisa dibilang sebagai teman. Rivalitas yang terjadi diantara Goku dan Vegeta seakan sudah menjadi ikon dari franchise Dragon Ball.

Meskipun begitu, di sepanjang ceritanya sendiri dalam rivalitas keduanya sering kali Goku yang jadi pemenangnya. Sebagai protagonis utama serinya, memang wajar jika kemudian Goku lebih sering unggul dalam hal kekuatan daripada sosok Vegeta. Namun, tidak jarang juga ternyata Vegeta unggul dari sosok Goku. Berikut adalah beberapa momen keunggulan Vegeta dari Goku.

BACA JUGA: Dragon Ball: Toriyama Hilangkan Kekuatan Saiyan ini?

Saiyan Saga

Di awal kemunculannya dalam seri Dragon Ball Z, sebenarnya sosok Vegeta sedikit lebih unggul dari Goku. Kekuatan dasar Goku bahkan tidak sanggup untuk menandingi kekuatan Vegeta. Sosok Vegeta bahkan mampu membuat Goku menggunakan seluruh kemampuan yang dia miliki sedari awal pertarungan. Dia bahkan mengalami peningkatan kekuatan yang drastis dalam form Great Ape, yang menjadi ciri khas bangsa Saiyan.

Meskipun Vegeta benar-benar sangat kuat pada saat itu, namun dia tidak memiliki apa yang Goku miliki. Contohnya adalah skill atau kemampuan bertarungnya. Vegeta berhasil unggul pada awalnya, namun ketika Goku mengakses Kaioken, barulah Goku bisa menandingi kekuatan Vegeta. Meskipun begitu, harus kita akui bahwa ini menjadi salah satu momen awal kemenangan dari Vegeta atas Goku meskipun hanya sementara.

Awal Arc Namek

Meskipun di akhir Saiyan Saga sosok Vegeta harus mengakui keunggulan Goku, perbedaan kekuatannya sendiri tidak terlalu jauh sampai kemudian Goku mulai latihan dalam petualangannya di Namek. Goku benar-benar menghilang untuk sementara, di mana dia mengandalkan obat-obatan dari rumah sakit sambil menunggu Senzu Beans tumbuh. Di sisi lain, Vegeta sendiri memanfaatkan healing pods milik Frieza.

Vegeta pergi ke planet Namek tanpa persiapan apa pun, di mana kemudian dia muncul bersamaan dengan Gohan, Krillin, dan Bulma. Ketika mereka tiba, Vegeta pun menjadi karakter paling kuat di sana, memaksa Krillin dan Gohan untuk bergerak secara sembunyi-sembunyi. Sementara itu Vegeta menghabisi satu persatu para penjaga Frieza. Namun, setelah kemudian Goku ikut bergabung ke planet tersebut Goku kemudian membuktikan bahwa dia mampu kembali menyalip Vegeta dalam hal kekuatan.

BACA JUGA: Dragon Ball: Terancam Punah, Berapa Jumlah Saiyan Tersisa?

Serangan Dr. Gero dan Android 19

Terakhir kali Vegeta kembali berhasil melampaui kekuatan Goku di Dragon Ball Z adalah ketika arc Cell terjadi. Setelah Future Trunks muncul untuk memperingati Goku tentang serangan Android, semuanya kemudian berpisah. Ketika Goku pergi berlatih bersama Gohan dan Piccolo, Vegeta pergi ke planet lain untuk berlatih sendirian. Ketika mereka kembali berkumpul, Vegeta pun berhasil jadi lebih kuat dari Goku.

Tenshihan sendiri mengakui hal itu. Alasan keunggulan Vegeta pada saat itu bisa jadi karena virus misterius yang Goku idap, yang membuatnya tidak mampu berkembang lebih jauh. Goku mungkin berpikir bahwa dia tidak bisa memaksakan dirinya untuk berlatih dengan adanya virus tersebut. Jadi, ketika Vegeta berlatih 100% dengan kekuatannya Goku hanya 50-70% karena dia mungkin akan tewas jika memaksakan diri.

KE HALAMAN 2

1
2