Uzumaki Naruto dan Kurama

Naruto merupakan Jinchuriki Kurama yang terakhir dan juga yang paling epik dari kedua sebelumnya. Seperti yang kita lihat di sepanjang serinya, kehidupan sang protagonis utama benar-benar terpuruk dan sangat menyedihkan ketika semua penduduk mengetahui Naruto memiliki monster yang menyerang desa mereka di tubuhnya. Meskipun begitu, Naruto justru tidak membenci mereka.

Sebaliknya, dia justru ingin menjadi jauh lebih kuat agar bisa melindungi para penduduk Konoha. Selain itu, dia juga ingin membuktikan bahwa dia bukanlah sosok yang selama ini mereka pikirkan. Naruto benar-benar berhasil menjadikan Kurama sebagai sumber kekuatan utama, dan memanfaatkan chakra Kurama menjadi kekuatan dahsyat saat bertarung.

Jauh sebelum Naruto benar-benar bisa mengendalikan Kurama, dia sendiri sudah berubah menjadi sosok yang hebat. Naruto akan berubah menjadi sosok mengerikan ketika marah, dan segel yang bocor tersebut membuat chakra Kurama bercampur dengan chakra Naruto. Seiring berjalannya waktu, Naruto mencoba untuk memahami sosok Kurama yang mana hal tersebut berhasil. Akhirnya, mereka pun menjadi sahabat.

Bahkan, Kurama pada akhirnya percaya terhadap manusia setelah melihat apa yang Naruto lakukan selama ini. Dan dalam perang besar shinobi keempat, Kurama rela meminjamkan semua kekuatannya kepada Naruto. Dan Naruto sendiri berjanji untuk membantu setiap monster berekor yang ada, dan bahkan dia mengingat semua namanya yang membuat Kurama tersentuh. Keduanya akhirnya berhasil menyelamatkan dunia bersama.

Kemampuan Naruto untuk bisa menyentuh hati orang lain dengan kebaikannya, juga berhasil menyentuh hati Kurama. Monster tersebut untuk pertama kalinya justru menjadi pelindung bagi Konoha. Naruto memmberikan bukti bahwa ada sosok yang juga tidak kalah baik dan peduli terhadap para monster tersebut selain Hagoromo. Berkat kekuatan Kurama, sudah banyak musuh yang berhasil dikalahkan.

Koneksi Naruto dan Kurama

Mulai dari Obito sampai Kaguya Otsutsuki, bahkan Momoshiki dan juga Isshiki berhasil dia kalahkan. Isshiki adalah momen pertarungan Naruto yang terbaru, dan juga menjadi momen terakhirnya dengan Kurama. Pasalnya, demi bisa mengalahkan Isshiki, Kurama rela menyerahkan semua chakranya yang kemudian membentuk sebuah transformasi baru yang bernama Baryon Mode.

Sayangnya, dengan Kurama mengorbankan semua chakranya artinya dia pun harus “tewas”. Ini mnenjadi sebuah kehilangan besar bagi para fans dan juga bagi Naruto khususnya. Entah apakah Kurama akan kembali dalam cerita pada masa yang akan datang. Namun, yang pasti, hubungan antara Naruto dan Kurama akan terus menjadi salah satu hal yang menarik yang muncul di sepanjang franchise ini.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.