Ultimate Upgrade

Goku memang pada akhirnya adalah sosok yang berhasil mengalahkan sosok Kid Buu. Namun, para fans sendiri banyak yang meyakini bahwa sebenarnya itu merupakan pertarungan Gohan. Dan dia pun berhasil memenangkan pertarungan tersebut berkat teknik langka dan kuat yaitu Ultimate Upgrade, yang menjadi kunci kekalahan Buu.

Dalam pertarungan itu, Gohan benar-benar melakukan sesuatu yang mustahil di mana dia mencapai level Ultimate. Sayangnya, serinya sendiri masih belum memiliki standar untuk bisa mendefinisikan batas kekuatan dan seperti apa kekuatan dari level Ultimate tersebut. Seharusnya, level kekuatan Ultimate Gohan memiliki potensi yang sangat besar. Namun, kembali lagi, teknik ini harus kalah dari teknik Super Saiyan.

Kemampuan Berpedang

Banyak dari karakter di seri Dragon Ball memiliki energi Ki dengan level yang sangat tinggi di dalam tubuh mereka. Hal tersebut membuat senjata biasa nampak tidak berguna di hadapan mereka. Para karakter ini mampu menciptakan senjata mereka sendiri. Meskipun begitu, dari sosok karakter seperti Future Trunks kita bisa lihat bagaimana sebuah pedang atau senjata biasa pada kenyataanya bisa memiliki nilai lebih.

Piccolo sendiri sempat memberikan hadiah sebuah pedang kepada Gohan yang sedang berlatih. Dan nampaknya Gohan memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dengan pedang. Kemampuan berpedang Gohan kembali muncul saat dia berlatih di Sacred World of the Kai dengan menggunakan Z Sword. Dalam momen tersebut, Gohan nampak piawai dalam menggunakan pedang. Sayangnya, hal ini tidak bisa menjadi sesuatu yang permanen.

Special Beam

Meriam Sinar Spesial atau Special Beam Cannon merupakan sebuah teknik serangan energi yang sangat luar biasa dahsyat. Teknik ini menjadi penybab kematian pertama Goku, dan juga sering kali dikaitkan sebagai teknik khas dari sosok Piccolo. Sang Namekian menyaksikan bagaimana teknik andalannya digunakan oleh para villain seperti Cell dan juga Buu. Namun, muridnya, yaitu Gohan, ternyata juga bisa menggunakan teknik ini.

Ada alasan mengapa kemudian Piccolo memutuskan untuk mengajarkan Gohan teknik luar biasa ini saat mereka berlatih untuk persiapakan ivnasi Saiyan. Gohan hanya menggunakan kemampuan ini saat dia melatih mentalnya, dalam pertarungan sparing melawan Krillin. Padahal, teknik ini sangat luar biasa yang mana mungkin bisa memberikan Gohan keuntungan dalam menghadapi musuh.

Gohan merupakan karakter yang memiliki banyak potensi dalam dirinya. Namun, pada akhirnya, kepopulerannya harus terhalang oleh Goku dan juga Vegeta. Hal ini tentunya banyak disayangkan oleh para fans. Meskipun begitu, Akira Toriyama sepertinya juga menyadari hal tersebut yang mana kemudian dia menjadikan Gohan protagonis utama dalam film terbaru yaitu Dragon Ball Super: Super Hero.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.