Gorr

Di Marvel Comics, Gorr adalah salah satu musuh baru yang Thor hadapi di komik God Of Thunder #11 (2013). Gorr sendiri adalah villain yang mendapatkan julukan sebagai God Butcher karena dia telah berhasil membantai banyak sekali dewa di Marvel Universe. Selain mempunyai senjata All-Black Necrosword, Gorr juga telah terbukti berhasil menciptakan God Bomb yang dapat membunuh semua dewa hanya dalam sekali ledakan. Demi mengalahkannya, Thor sampai harus bekerja sama dengan versi masa lalu dan masa depannya. Setelah dia menyerap All-Black dan ledakan God Bomb, pada akhirnya dia berhasil menebas Gorr dan membunuhnya.

Mangog

Mangog adalah salah satu entitas kosmik terkuat yang merupakan perwujudan dari para korban Odin di Nine Realm. Itulah mengapa villain ini hanya mempunyai satu tujuan yaitu menghancurkan Asgard dan semua penghuninya. Di komik The Mighty Thor #705 (2018), Mangog pernah berhasil mencapai Asgard dan hampir memusnahkan semua Asgadian. Untungnya, Jane Foster yang merupakan Thor versi wanita akhirnya datang dan melemparkan Mangog ke Matahari. Karena Mangog tidak bisa mati, Jane memutuskan untuk mengikat Mangog untuk selamanya di Matahari dengan menggunakan Mjolnir.

Advertisements

BACA JUGA: Marvel: 5 Kekuatan Superhero ini Sangat Aneh!

Demogorge

Dalam sejarah Marvel, biasanya sosok yang dapat membunuh dewa adalah dewa sendiri. Itulah mengapa Demogorge, yang pada dasarnya adalah anak Gaia dan merupakan dewa kuno, menjadi musuh yang berbahaya bagi Thor. Namun, di komik The Mighty Thor #8-9 (2012), sang God of Thunder berhasil mengalahkan monster pemakan dewa ini setelah Demogorge memakannya. Untuk bisa terbebas dari perutnya, dia sampai harus mencari letak jantung Demogorge dari dalam. Di mana setelah menemukannya, dia langsung memukulkan Mjolnir-nya dan akhirnya membunuh sang God-Eater.

Exitar

Semua penggemar setia Marvel pasti mengetahui seberapa kuat Celestial sebagai Dewa Luar Angkasa. Dan Exitar the Executioner adalah salah satu Celestial yang mempunyai tugas tunggal untuk menghancurkan alam semesta. Demi menghentikan ‘hobi’ buruknya tersebut, Thor terpaksa harus mengalahkan Exitar di komik Uncanny Avengers #21 (2014). Semuanya bermula dari keberhasilan anggota X-Men yang bernama Rogue dalam menyerap kekuatan dan melemahkan Exitar. Pada saat yang bersamaan sang God of Thunder datang dengan Jarnbjorn-nya dan langsung memenggal Exitar.

Advertisements

BACA JUGA: Mengenal “Kembaran” Gorr di Marvel Universe!

Black Winter

Thor sendiri mungkin tahu bahwa dia sebenarnya tidak akan sanggup mengalahkan entitas kosmik abstrak seperti Black Winter, yang merupakan musuh bebuyutan Galactus. Namun, Thor sendiri bukan dewa yang mudah menyerah, sehingga pada akhirnya dia terpaksa menghadapi Black Winter di komik Thor #1-6 (2020) setelah Galactus meminjaminya kekuatan kosmik. Pada titik inilah dia berhasil menyerap semua kekuatan Galactus dan menciptakan bom yang akhirnya melenyapkan Black Winter dari Marvel Universe.

Itulah sepuluh villain terkuat di Marvel Universe yang pernah berhasil God of Thunder kalahkan. Para villain ini sendiri sebenarnya sudah sangat terkenal karena kemampuan dan kekuatannya yang berada di atas rata-rata. Secara individu, mereka memang biasanya mampu membuat banyak superhero kewalahan. Dan hal tersebut ternyata tidak berlaku kepadanya, yang merupakan Avengers sekaligus Asgardian terkuat di Marvel Universe. Kemenangannya melawan sepuluh villain ini telah membuktikan bahwa God of Thunder adalah superhero yang tidak bisa kita anggap remeh.

1
2