Thor: Love and Thunder alias Thor 4 adalah film Marvel Cinematic Universe yang sebentar lagi akan tayang. Di film karya Taika Waititi ini, kita tidak hanya akan melihat Thor saja, tetapi juga Mighty Thor, Valkyrie, dan Korg. Begitu juga supervillain mengerikan dari Marvel Comics, yaitu Gorr The God Butcher. Menjelang perilisan filmnya yang tinggal menghitung hari, Marvel telah merilis banyak sekali promosi untuk Love and Thunder. Dan dari sekian banyak potongan adegan yang telah Marvel rilis, salah satunya telah mengonfirmasi keberadaan ‘Shadow Realm’ di film keempat Thor ini.

Menariknya, Shadow Realm ini ternyata mempunyai hubungan yang cukup erat dengan Gorr versi MCU. Hal ini telah membuat penggemar bertanya-tanya, apakah Marvel akan mengubah kekuatan Gorr di MCU? Karena seperti yang kita tahu, di Marvel Comics sendiri Gorr adalah supervillain yang kekuatannya berasal dari symbiote pertama, All-Black Necrosword. Mengingat symbiote masih belum begitu familier di MCU, ada kemungkinan Gorr memang akan muncul dengan kekuatan lain. Di mana hal tersebut mungkin berhubungan dengan Shadow Realm. Untuk itu, mari kita bahas teorinya, Geeks!

BACA JUGA: Villain Batman, Two-Face, Dapatkan Desain Baru!

Kemunculan Shadow Realm di MCU

Pada salah satu potongan video promosi filmnya, kita bisa melihat Thor tengah bersama tim barunya. Mereka adalah Valkyrie, Korg, dan Janes Foster yang kini menjadi Mighty Thor. Thor mengatakan kepada yang lain, bahwa “mereka” ada di ‘Shadow Realm’. Kata “mereka” kemungkinan besar merujuk pada Gorr dan pasukan hitamnya yang sempat terlihat di trailer Love and Thunder. Saat Valkyrie bertanya dari mana Thor bisa mengetahuinya, sang God of Thunder menjelaskan bahwa atmosfer di sana sangat pekat dan penuh dengan kegelapan.

Masih dalam video yang sama, Valkyrie menduga bahwa Gorr yang terbukti bisa ‘menembus bayangan’, akan sangat berbahaya jika berada di Shadow Realm. Ada kemungkinan Shadow Realm adalah pocket dimension, di mana semua kekuatan Gorr berasal dan kekuatan tersebut bukanlah symbiote seperti di komiknya. Lantas apa sebenarnya kekuatan Gorr the God Butcher di Love and Thunder? Sebelum membahas hal tersebut mari kita coba tebak dahulu apa itu Shadow Realm, karena realitas ini sama sekali belum pernah muncul di film-film sebelumnya.

BACA JUGA: Ini Timeline Thor: Love & Thunder di MCU!

Realitas yang Sangat Hampa

Meskipun Marvel Studios telah mengonfirmasi keberadaan Shadow Realm melalui promosi film Love and Thunder, tetapi informasi mengenai realitas tersebut masih sangat sedikit. Kita baru benar-benar bisa mengetahui apa itu Shadow Realm jika melihat filmnya langsung. Walaupun begitu, di Marvel Comics sendiri sebenarnya ada realitas yang sangat mirip seperti gambaran Thor di potongan video promosi filmnya. Thor mengatakan bahwa di Shadow Realm atmosfernya sangat penuh dengan kegelapan. Mendengar penyebutannya yang berbeda, tentunya realitas yang dia maksud sepertinya bukanlah Dark Dimension.

Jika bukan Dark Dimension, maka realitas lain yang mempunyai kegelapan sangat pekat tidak lain adalah Darkforce Dimension. Muncul pertama kali di komik Avengers #275 (1986), Darkforce Dimension adalah sumber dari segala kekuatan Darkforce yang lokasinya menginduk pada suatu universe, sama seperti Dark Dimension. Di dalamnya sama sekali tidak ada penghuni, selain Null Space dan Tree of Shadows. Itulah mengapa selain gelap, di dalam Darkforce Dimension hanya ada kegelapan mutlak. Namun, bukan berarti di dalamnya tidak ada apa-apa, melainkan karena sama sekali tidak ada cahaya di Darkforce.

Cahaya normal seperti senter dan juga api cenderung tidak berguna di Darkforce Dimension. Satu-satunya yang bisa memberikan penerangan di realitas kegelapan ini adalah sihir cahaya yang sangat kuat, itupun sangat terbatas. Konon siapa pun yang masuk ke Darkforce Dimension tanpa perlindungan, orang atau makhluk tersebut akan merasakan kedinginan. Pada titik inilah seseorang dapat menjadi gila karena merasa hampa. Menariknya, ciri-ciri Darkforce Dimension dari Marvel Comics ini terlihat mirip seperti Shadow Realm yang sempat terlihat di trailer Love and Thunder.

BACA JUGA: Ada Penampakan 2 Celestials di Trailer Thor 4!

Kekuatan yang Berasal dari Shadow Realm

Setelah mencoba menebak apa itu Shadow Realm, dari sinilah muncul spekulasi bahwa kekuatan Gorr the God Butcher bukanlah Symbiote. Melainkan Darkforce yang merupakan perwujudan Darkforce Dimension di dunia nyata. Karakter komik yang terkonfirmasi mempunyai kekuatan ini salah satunya adalah Tyrone Johnson alias Cloak. Dengan kekuatan Darkforcenya, Cloak terbukti mampu memanipulasi kegelapan dengan jubahnya dan melakukan teleportasi kegelapan. Tidak jarang dia juga menggunakan jubah Darkforce-nya untuk menyerap energi kehidupan di sekitarnya.

Dan jika benar kekuatan Gorr di MCU adalah Darkforce, maka dia tidak akan kalah hebat dari versinya di Marvel Universe. Karena seseorang yang bisa mengakses Darkforce biasanya akan bisa memanggil energi gelap dari Darkforce Dimension. Itulah mengapa di film keempat Thor nanti dia bisa memanggil pasukan kegelapan. Dengan Darkforce ini, Gorr juga mungkin bisa memanipulasi kegelapan menjadi berbagai bentuk, dari mulai asap hitam pekat sampai cairan kental seperti symbiote. Dan tentunya dia juga bisa pergi ke mana pun melalui bayangan yang merupakan bagian dari kegelapan di dunia nyata.

Itulah pembahasan teori mengenai kekuatan Gorr di MCU dan hubungannya dengan Shadow Realm. Dengan kekuatan ini tidak aneh jika pada akhirnya Thor harus mencari cara lain agar tidak langsung menghadapinya di Shadow Realm. Karena mungkin di wilayah yang dia kuasai tersebut, Gorr bisa dengan mudah memanipulasi Darkforce bahkan menciptakan berbagai jebakan untuk membuat Thor dan yang lain kewalahan. Kita lihat saja nanti kebenaran tentang kekuatan Darkforce dari Gorr the God Butcher ini, saat film Thor: Love and Thunder tayang pada tanggal 8 Juli besok.