The Umbrella Academy season 3 akhirnya tayang di Netflix dan mengungkap banyak hal yang lebih menarik lagi dari sebelumnya. Selain menjawab beberapa pertanyaan yang menggantung di akhir season 2, season kali ini juga mengungkapkan bahwa para Umbrella Academy memang tidak bisa lepas dari peristiwa kiamat. Dan Kugelblitz di season 3 tampaknya adalah kiamat yang paling parah karena sampai melahap timeline dan semua kehidupan di dalamnya.

Untungnya di ending season 3, Umbrella dan Sparrow yang memutuskan untuk bekerja sama akhirnya bisa tiba di Hotel Oblivion. Di mana di dimensi ini, Reginald Hargreeves (Colm Feore) menggunakan mesin surgawi untuk mengulang alam semesta sesuai dengan keinginannya. Di mana dia ingin menghidupkan kembali istrinya yang bernama Abigail (Liisa Repo-Martel) dan mengorbankan para anggota Umbrella dalam prosesnya. Walaupun begitu, karena yang menekan tombol mesinnya adalah Allison (Emmy Raver-Lampman), akhirnya para Umbrella tetap bisa hidup di timeline baru sebagai manusia biasa.

Adegan terakhir di season 3 sendiri telah memperlihatkan kehidupan baru Reginald yang menjadi konglomerat bersama istrinya. Sedangkan para Umbrella memutuskan untuk menjalani hidup masing-masing, termasuk Ben dari Sparrow (Justin H. Min), Lila dari Commission, dan Luther yang mencoba mencari jawaban atas hilangnya Sloane. Menariknya, ending season 3 sendiri tidak berhenti sampai di situ saja. Karena di credit scene ada sebuah adegan tambahan yang memperlihatkan Ben tengah menaiki kereta di Korea Selatan. Apa sebenarnya arti dari credit scene yang ambigu ini?

BACA JUGA: Siapa Wanita Misterius di Ending Umbrella Academy 3?

Ben Hidup Sebagai Manusia Normal

Seperti yang kita tahu, serial The Umbrella Academy sendiri bermula dari peristiwa anomali pada 1 Oktober 1989. Di mana ada 43 wanita yang tersebar di seluruh dunia, tiba-tiba hamil dan melahirkan anak super. Peristiwa tersebut dapat kita lihat kembali di season 3, saat seorang gadis Korea Selatan tiba-tiba hamil dan langsung melahirkan bayi di kereta. Kemungkinan bayi tersebut adalah Ben yang akhirnya dibeli oleh Reginald dan menjadi anggota Sparrow Academy. Dari sinilah kita bisa menyimpulkan bahwa arti dari adegan credit scene season 3 berhubungan dengan latar belakang Ben yang sebenarnya.

Di timeline baru ini, Ben terlihat penuh senyum saat menaiki sebuah kereta yang akan tiba di Stasiun Yeouido. Ben terlihat lebih tampan dan bersih sambil mengenakan setelan jas rapi dan kacamata. Sambil membaca buku, dia tampaknya sama sekali tidak mempunyai beban kehidupan dan sangat bahagia. Ada kemungkinan arti dari adegan ini adalah dia akhirnya bisa pulang ke Yeouido untuk bertemu orang tua kandungnya. Karena di timeline baru ini tidak pernah terjadi peristiwa anomali ‘1 Oktober 1989’, sehingga sejak awal Reginald tidak pernah memisahkan Ben dengan ibu kandungnya.

BACA JUGA: 5 Villain ini Hampir Membunuh Thor!

Varian Ben di Timeline Baru?

Saat serial The Umbrella Academy season 3 memulai kisahnya, kita sudah tahu bahwa Ben yang merupakan anggota Sparrow bukanlah Ben dari season 1 dan 2. Dia adalah varian Ben di timeline Sparrow yang mempunyai sifat arogan dan ceroboh. Dia sama sekali tidak pernah mengetahui apa yang terjadi di timeline Umbrella, begitu juga dengan di timeline baru. Saat dia menjadi orang yang selamat dari timeline Sparrow, Ben memutuskan untuk memisahkan diri di timeline baru dan sepertinya akan memulai hidup normal. Di sinilah menariknya, karena Ben yang terlihat di credit scene tampaknya bukan Ben Sparrow juga.

Selain arogan dan ceroboh, kita bisa membedakan Ben Sparrow dengan varian Ben lainnya dari gaya rambut yang berantakan dan juga bekas luka di wajahnya. Sedangkan Ben yang terlihat di credit scene mempunyai penampilan yang lebih rapi, bersih, dan tidak punya bekas luka di wajahnya. Hal itu bisa terjadi karena Ben yang terlihat di credit scene kemungkinan besar adalah varian ketiga. Jika itu benar, artinya selain varian ketiga Ben ini, ada juga varian lain dari anggota Umbrella yang tengah menjalani kehidupannya di timeline baru. Mereka hidup dengan caranya sendiri karena tidak pernah dibawa oleh Reginald.

Dengan teori tersebut, mungkin ke depannya kita bisa melihat The Umbrella Academy season 4. Di mana para Umbrella harus menghadapi kenyataan bahwa di timeline baru mereka mempunyai doppelganger yang mungkin hidupnya lebih bahagia. Reginald yang sekarang hidupnya bahagia bersama Abigail, mungkin akan memburu para anggota Umbrella agar tidak menciptakan paradoks baru karena bertemu dengan kembarannya. Bagaimana menurut kalian? Meskipun sejauh ini Netflix masih belum mengonfirmasi The Umbrella Academy season 4, tetapi kita nantikan saja perkembangan selanjutnya.