Berbagai makhluk supranatural biasanya tidak pernah lepas dari anime bergenre shonen. Iblis, vampir, dan berbagai makhluk lainnya muncul dan bahkan menjadi ancaman bagi semua orang sejak lama. Meskipun begitu, tidak jarang para makhluk supranatural tersebut justru menjadi ikon yang sering fans ingat dari serinya. Para makhluk supranatural tersebut terkadang menjadi sekutu dari para protagonis.

Namun, tidak jarang juga mereka justru menjadi antagonis. Ada pula yang bersikap netral. Para makhluk supranatural ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam ceritanya. Mereka terkadang menjadi elemen penting yang kemudian muncul dalam ceritanya. Lalu, apa saja makhluk supranatural yang paling ikonik di anime?

Pokemon Legendaris – Pokemon

Rasanya tidak lengkap untuk menghadirkan makhluk supranatural ikonik tanpa memunculkan para Pokemon legendaris. Para Pokemon legendaris ini bisa berasal dari anime dan juga gamenya. Mulai Mew dan Mewtwo sampai Arceus, para Pokemon tersebut memiliki cerita dan mitosnya tersendiri bahkan ketika Ash bertemu dengan mereka.

Meskipun begitu, berbagai mitos dan cerita-cerita lainnya yang berkaitan dengan para Pokemon legendaris ini tidak menyurutkan para trainer lainnya untuk bisa mendapatkan mereka. Harus kita akui bahwa para Pokemon legendaris tersebut memiliki kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat. Terlepas dari kekuatannya yang mungkin sulit untuk dikendalikan, penampilan mereka yang ikonik dan unik membuat orang-orang menjadi mudah untuk mengingat mereka.

Stand – Jojo’s Bizzare Adventure

Stand dalam cerita Jojo’s Bizzare Adventure adalah bentuk spiritual dari seseorang. Mereka memiliki penampilannya masing-masing. Ada yang memiliki bentuk yang mirip dengan penggunanya, namun ada juga Stands yang justru berbeda jauh dari bentuk penggunanya. Misalnya ada yang berbentuk pesawat, tank, dan sebagainya

Namun, yang menarik dari Stands bukan hanya penampilan mereka. Stands juga memiliki berbagai kemampuan dan kekuatan dahsyat. Mulai dari menembak, mengendalikan api, bahkan sampai bisa menghentikan waktu. Bisa kita asumsikan bahwa Stands adalah sesuatu yang sangat berguna dan multifungsi, dan harus kita akui bahwa ini pula yang membuat serinya populer.

 BACA JUGA: 5 Anime Dengan Tema Politik!

Titan – Attack On Titan

Titan adalah makhluk humanoid raksasa yang berkeliaran di dunia Attack on Titan. Mereka memangsa manusia, dan para Titan benar-benar sangat populer dalam beberapa tahun belakangan. Biasanya, hewan-hewan besar yang banyak muncul dalam cerita anime shonen dan sangat jarang sosok raksasa dalam wujud manusia muncul di ceritanya.

Seri ini kemudian mengubah semuanya. Para raksasa tersebut banyak menyebabkan kekacauan dan sudah banyak kematian yang terjadi akibat menjadi korban mereka. Bahkan, di akhir musimnya, korban akibat Titan hampir menghabisi seluruh umat manusia. Yang paling mengerikan adalah Titan sebenarnya adalah manusia biasa, yang bertransformasi akibat serum khusus. Para Titan juga menjadi sumber konflik antara Eldian dan Marley.

Hollow – Bleach

Hollow merupakan musuh dari para Soul Society. Mereka pun sering kali berhasil dikalahkan jika ada seorang Shinigami di dekat mereka. Meskipun begitu, bukan berarti Hollow tidak bisa menjadi ancaman besar dalam ceritanya. Bahkan, mereka jauh lebih mengerikan dan ikonik jika Geeks perhatikan dalam ceritanya.

Pada dasarnya, Hollow merupakan jiwa-jiwa yang rusak yang tidak mampu untuk menyebrangi Soul Society akibat satu atau alasan lainnya. Transformasi seseorang menjadi Hollow benar-benar sangat menyiksa dan menyakitkan. Mereka tidak akan memiliki jiwa atau emosi lagi. Penampilan mereka pun berubah menjadi mirip seperti monster.

Ryuk – Death Note

Shinigami atau dewa kematian secara keseluruhan mungkin bukan sesuatu yang unikbagi anime shonen. Namun, bentuk mereka yang menyeramkan yang kemudian menjadi daya tarik bagi genre tersebut. Jika dalam cerita Bleach sosok Shinigami nampak seperti manusia biasa, lain halnya sosok Ryuk yang justru terlihat sangat kurus dan menyeramkan. Namun, inilah yang kemudian membedakan Ryuk dan Shinigami lain.

Shinigami dalam cerita Death Note mampu untuk membunuh manusia. Caranya adalah dengan pemilik buku catatan Death Note menulis nama asli dari targetnya. Pemiliknya bisa menuliskan secara spesifik bagaimana kemudian targetnya tewas. Namun, jika tidak ada kejadian spesifik maka korbannya akan tewas akibat serangan jantung dalam waktu 40 detik setelah namanya tertulis. Ryuk sendiri adalah sosok Shinigami pemilik Death Note yang Light Yagami pegang.

Tailed Beast – Naruto

Sebelum seri anime fantasi ninja Naruto mulai, Tailed Beast atau Bijuu merupakan makhluk yang tercipta akibat sosok Sage of the Six Paths, Hagoromo Otsutsuki. Masing-masing Bijuu memiliki nama berbeda dan mereka berkeliaran di seluruh dunia. Berabad-abad kemudian para Bijuu tersebut kemudian sengaja ditangkap dan diberikan ke berbagai negara berbeda.

Masing-masing negara tersebut bebas untuk melakukan apa pun terhadap para Bijuu. Namun, para Kage atau pemimpin desa menyadari bahwa mereka tidak bisa mengendalikan Bijuu tersebut. Akhirnya, para makhluk tersebut sengaja disegel di tubuh seseorang yang kemudian kita kenal sebagai Jinchuriki. Mereka yang menjadi Jinchuriki akan mendapatkan kekuatan dahsyat. Protagonis utama serinya, Uzumaki Naruto, merupakan salah satu Jinchuriki dalam ceritanya.

Eternal Dragon – Dragon Ball

Dalam cerita Dragon Ball, Eternal Dragons adalah makhluk supranatural yang bisa mewujudkan keinginan apa pun setelah semua bola naganya terkumpul. Mereka adalah makhluk raksasa dan juga misterius. Para Eternal Dragon ini menjadi ikonik selain karena penampilan mereka, juga karena kemampuan untuk bisa mewujudkan apa pun.

Mengumpulkan bola naga pada awalnya menjadi fokus utama dari cerita Dragon Ball. Namun, saat ini tema ceritanya sudah sedikit bergeser meskipun elemen pencarian bola naga dan kemunculan Eternal Dragons masih tetap ada. Para Eternal Dragons ini benar-benar sangat ikonik dan populer, bahkan tidak kalah populer dari protagonis utama serinya, Son Goku dan Vegeta.

Cerita yang menarik, penuh fantasi, dan juga menghadirkan berbagai adegan aksi yang menegangkan menjadi beberapa hal yang biasanya ada di seri anime shonen. Namun, yang juga tidak kalah menarik adalah bagaimana dalam ceritanya muncul berbagai makhluk supranatural yang sangat ikonik. Mereka pun bahkan menjadi elemen penting dalam ceritanya.