Arc Wano country disebut-sebut sebagai arc yang paling besar dalam seri One Piece, untuk saat ini. Selain dari skala pertempuran puncaknya yang melebihi pertempuran di Marineford, Oda Sensei juga memperlihatkan berbagai momen atau peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah yang belum sempat muncul sebelumnya. Setelah hampir empat tahun lamanya arc Wano berjalan, akhirnya arc ini sudah mendekati puncaknya.

Dalam chapter 1049 kemarin, kita melihat bagaimana Luffy berhasil mengalahkan bajak laut dan juga makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Perjuangan yang tidak mudah tersebut harus Luffy lalui dengan jatuh bangun. Beberapa kali Luffy harus tidak sadar setelah terkena serangan dahsyat Kaido. Meskipun begitu, Luffy tidak menyerah dan kembali bangkit untuk mengalahkan Kaido.

Setelah sebelumnya Luffy berhasil membangkitkan Haki Penguasa Tingkat Lanjut, dia juga kemudian berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya. Hal inilah yang memberikan kesempatan bagi Luffy untuk bisa menandingi kekuatan dari Kaido. Dan hasilnya, di chapter 1050 kemarin Luffy pun akhirnya menjadi pemenang dalam pertarungannya melawan Kaido.

Meskipun begitu, kemenangan Luffy ini tidak muncul dengan begitu saja. Ada banyak hal yang Luffy korbankan untuk bisa menang dari Kaido. Dalam artikel sebelumnya pun sempat ada pembahasan bahwa baik Kaido atau pun Luffy sama-sama mengerahkan semua kemampuan dan juga kekuatan yang mereka miliki. Dan efek dari hal ini pun kita bisalihat di chapter 1050 kemarin.

Nasib Luffy di One Piece

Setelah menghajar Kaido dengan sisa-sisa kekuatannya, Luffy pun tidak sadarkan diri. Tubuhnya kemudian terjatuh yang kemudian berhasil Yamato tangkap. Saat ini, Luffy sendiri sedang dalam pemulihan di tangan Chopper. Namun, seperti yang pernah dibahas juga sebelumnya bahwa ada beberapa kemungkinan terburuk yang akan Luffy alami pasca pertarungan epik ini.

Misalnya, Luffy mungkin tidak akan sadarkan diri selama beberapa hari kedepan. Hal ini berkaca pada apa yang terjadi pada arc sebelumnya, misalnya arc Enies Lobby. Pasca pertarungan melawan Rob Lucci, Luffy tidak sadarkan diri selama kurang lebih tiga hari. Dengan intensitas pertarungan yang jauh lebih masif lagi, mungkin Luffy tidak akan sadar selama satu minggu pasca pertarungan melawan Kaido.

Kemudian, kemungkinan lainnya adalah bagaimana kondisi tubuh Luffy tidak akan seperti semula. Seperti yang pernah Ivankov katakan kepada Luffy, bahwa dengan memaksakan kondisi tubuhnya untuk terus bertarung maka hal tersebut bisa berakibat fatal. Kondisi fisik Luffy saat ini memang sudah sangat dengan kondisi fisiknya pada dua tahun lalu. Namun, tetap saja Luffy benar-benar membuat tubuhnya harus bekerja di luar batas maksimalnya.

Hal tersebut tentunya bisa berakibat buruk bagi tubuh Luffy itu sendiri, yang mana ada kemungkinan kerusakan dari tubuhnya justru memperpendek usia dari Luffy. Sekarang, menjadi tugas dari Chopper untuk bisa memulihkan stamina dan kekuatan dari Luffy. Bahkan, Chopper pun harus bisa memulihkan berbagai organ dalam tubuh Luffy yang rusak akibat pertarungannya melawan Kaido. Mungkin ini akan menjadi salah satu ujian lainnya yang akan Chopper hadapi sebagai pembuktian dia untuk menjadi dokter yang hebat.

BACA JUGA: One Piece Red: 3 Fakta Penting dari Uta!

Luffy Jadi Pelindung Wano?

Dengan keberhasilan Luffy dan kru Topi Jerami mengalahkan Kaido akhirnya membuat Wano kembali merdeka. Setelah menderita selama 20 tahun terakhir, para penduduk Wano akhirnya bisa bebas kembali melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mereka tidak perlu lagi khawatir ada ancaman lain yang muncul, karena kini mereka memiliki sosok Shogun baru yaitu Kozuki Momonosuke.

Momonosuke tidak sendirian. Dia akan dibantu oleh Red Scabbards yang siap melindungi dan membantu Momonosuke menjag Wano. Yang juga luar biasa tentunya adalah bagaimana Luffy akan menjadi sosok penjaga baru Wano. Setelah pulau manusia ikan, Luffy kemungkinan besar akan menjadikan Wano sebagai wilayah kekuasaanya. Penduduk Wano sendiri pada akhirnya akan mengetahui siapa yang sudah menyelamatkan mereka dari tangan Kaido.

Hal ini secara tidak langsung membuat Luffy menjadi sosok “dewa pelindung” baru dari wilayah Wano. Luffy dan kru Topi Jerami akan berada di level yang sama dengan sosok legendaris lainnya, seperti Shimotsuki Ryuma. Bahkan, bukan tidak mungkin bahwa Luffy dan krunya akan “dipuja” oleh sebagian penduduk Wano. Yang pasti, kini Luffy sudah berhasik mengembalikan kebebasan Wano dari tangan Kaido. Dan menarik tentunya untuk melihat peran Wano selanjutnya dalam petualangan Luffy.