Semenjak fakta mengejutkan dihadirkan oleh Eiichiro Oda mengenai buah iblis Luffy, dunia di seri One Piece benar-benar berubah drastis. Para fans sendiri dibuat terkejut dengan fakta tersebut, di mana selama ini Oda Sensei memperkenalkan buah iblis Luffy dengan nama Gomu Gomu no Mi dan merupakan buah iblis Paramecia yang memberikan Luffy kekuatan karet.

Faktanya, buah iblis tersebut adalah Hito hito no Mi, Model: Nika dan merupakan buah iblis berjenis Mythical Zoan. Teka-teki siapa sebenarnya sosok Nika sudah sejak lama muncul di kalangan fans. Nama Nika sendiri pertama kali disebutkan oleh Who’s Who dalam pertarungannya melawan Jinbei. Saat itu, Who’s Who menjelaskan bahwa Nika adalah sosok yang luar biasa.

Dia merupakan seorang pejuang legendaris yang selalu membebaskan para budak. Serta, dia juga sering membawa kebahagiaan dan tawa kepada orang-orang di sekitarnya dan orang-orang yang dia temui. Namun, apakah sosok Nika sang Dewa Matahari tersebut memang benar-benar ada? Saat Luffy membangkitkan buah iblisnya, Zunesha menyebutkan bahwa kemunculan Luffy mengingatkannya akan sosok Joy Boy dari 800 tahun yang lalu.

Hal tersebut memunculkan asumsi bahwa dialah yang pernah menggunakan buah iblis tersebut selain Luffy. Kita juga tahu bahwa Joy Boy adalah musuh Pemerintah Dunia, mengingat bagaimana upaya mereka menghapuskan nama Joy Boy dari sejarah. Apakah Joy Boy adalah sosok legendaris Dewa Matahari yang selama ini dipuja oleh para budak?

Joy Boy hidup 800 tahun yang lalu, dan rasanya memang cukup masuk akal jika kemudian dia menjadi seorang legenda. Mungkin, orang-orang lupa siapa namanya dan hanya kekuatan serta penampilannya yang mereka ingat. Joy Boy bisa jadi memiliki penampilan sepertihalnya seorang dewa saat dia membangkitkan buah iblis tersebut.

Namun, yang kemudian menjadi masalah adalah buah iblis adalah sesuatu yang penting dan luar biasa 800 tahun yang lalu. Istri Kozuki Oden, Toki, lahir saat abad yang hilang. Dia pergi ke masa depan dengan menggunakan buah iblisnya. Meskipun sejauh ini baru dua buah iblis yang diketahui berasal dari 800 tahun yang lalu, artinya buah iblis juga sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Bagaimana kemudian sosok seperti Joy Boy, yang memiliki pengaruh besar di dunia, tidak dikenali oleh banyak orang? Mengapa kemudian para budak begitu menyanjung dan memuja sosok Nika dan bukan Joy Boy, padahal dialah yang menyelamatkan mereka? Sosok “Dewa Matahari” tersebut sepertinya ada di kebudayaan lain.

Para penduduk Shandoria memuja Dewa Matahari sekitar 400 tahun yang lalu, dan meskipun mereka tidak saling terhubung, rasanya aneh jika kemudian mereka melukapan nama Joy Boy. Berdasarkan hal tersebut muncul sebuah pertanyaan, bagaimana jika kemudian Nika adalah sosok asli alias sosok nyata?

Mungkin, sosok Nika adalah pejuang legendaris yang sudah ada sejak lama sebelum kemunculan Joy Boy. Mundur jauh ke belakang, kota dari penduduk Shandoria dahulu terbuat dari emas. Mungkin Nika adalah pemimpin dari suku kuno yang tinggal di Jaya tersebut. Bisa jadi juga Nika adalah orang yang pertama kali memakan buah iblis, yang mana saat itu tidak diketahui nama buah iblisnya.

Nika kemudian melakukan petualangan ke seluruh dunia, termasuk membebaskan para budak. Tindakannya ini membuat Nika kemudian dikenal oleh pada budak dan juga membuat dia sebagai sosok legendaris. Pihak Pemerintah Dunia pun saat itu masih belum ada, sehingga Nika bisa bertindak tanpa perlu khawatir ancaman Pemerintah Dunia.

Para budak saat itu tidak tahu bahwa apa yang diperlihatkan Nika adalah buah iblis, karena itulah mereka menganggap kekuatan yang diperlihatkan adalah sebuah mukjizat. Ketika kemudian Nika tewas dan buah iblisnya kembali ke sirkulasi, mungkin orang-orang kemudian baru mulai memberikan nama terhadap buah iblis tersebut. Dan nama buah iblisnya kemudian diberi nama Nika.

Di awal seri One Piece, diperlihatkan bagaimana para penduduk East Blue tidak tahu banyak tentang buah iblis. Namun, setidaknya mereka tahu tentang keberadaan buah iblis. Bisa dibayangkan seperti apa reaksi orang-orang 800 tahun yang lalu ketika mereka melihat kekuatan buah iblis Nika.

Misteri tentang sosok Joy Boy dan Nika bisa dipastikan masih akan tetap menjadi sebuah misteri besar, setidaknya sampai arc Wano selesai. Luffy sendiri masih belum tahu banyak mengenai buah iblisnya, dan ketika dia mengetahui hal tersebut, dunia mungkin akan terguncang dengan fakta tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.