Sudah bukan rahasia lagi jika Eiichiro Oda sering kali memasukan berbagai referensi asli ke dalam cerita di seri karyanya yaitu One Piece. Salah satu contoh hal yang diadaptasi dari kisah nyata atau aslinya adalah para karakter yang muncul dalam ceritanya. Disadari atau tidak sebenarnya para karakter di seri One Piece diadaptasi dari sosok di dunia nyata.

Kebanyakan sosok nyata yang menjadi inspirasi dari para karakter di One Piece ini memanglah seorang bajak laut. Tentunya Oda Sensei melakukan riset panjang dan lama terlebih dahulu sebelum kemudian dia membuat sosok karakter tersebut. Lalu, siapa saja karakter di seri One Piece yang terinspirasi dari sosok di dunia nyata? Berikut beberapa diantaranya.

Blackbeard

Dulu Blackbeard hanyalah kru biasa di kapal Whitebeard, sampai kemudian dia berkhianat dan membuat kru bajak lautnya sendiri. Krunya sendiri berisikan para penjahat level 6 Impel Down, dan beberapa lainnya merupakan bajak laut yang berbahaya. Dengan kekuatan yang dia miliki saat ini, Blackbeard menjadi salah satu pesaing berat untuk Luffy dalam menjadi raja bajak laut.

Blackbeard sendiri sebenarnya merupakan julukan yang sama yang disematkan kepada seorang bajak laut bernama, Edward Teach. Edward Teach adalah sosok yang menginspirasi Oda untuk kemudian menciptakan Marshall D.Teach. Oda menggunakan nama akhir dan julukannya, namun mengganti nama depannya dengan ‘Marshall’.

Roronoa Zoro

Salah satu anggota dari topi jerami dan merupakan calon ahli pedang terbaik di dunia. Zoro merupakan salah satu anggota Worst Generations yang bukan berposisi kapten, setelah Killer. Zoro ahli dalam menggunakan tiga pedang sekaligus. Dia memiliki pedang Wado Ichimonji, Sandai Kitetsu, dan Enma. Dengan pedangnya, dia sudah banyak mengalahkan musuh dan bersama dengan Luffy namanya terus dikenal oleh angkatan laut.

Meskipun dari segi desain karakter Zoro sangat lekat dengan nuansa Jepang (bahkan Oda sensei sendiri menyebutkan bahwa Zoro berasal dari Jepang), tetapi yang mengejutkannya adalah karakter Zoro terinspirasi dari seorang bajak laut dari Perancis bernama Francois l’Ollonais. Nama ‘Roronoa” sendiri diadaptasi dari nama depan sosok tersebut dengan pelafalan dalam bahasa Jepang. L’Ollonais sendiri adalah seorang bajak laut yang aktif di tahun 1660an.

Edward Newgate

Edward Newgate alias Whitebeard sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu Yonko, selain Big Mom, Shanks, dan Kaido. Dia adalah bajak laut yang selalu mengumpulkan bajak laut yang “tersesat” dan diangkat menjadi anaknya contohnya adalah Ace. Dalam ceritanya kita dijelaskan bahwa ada alasan mengapa Whitebeard menjadi salah satu orang yang ditakuti. Salah satunya adalah karena Whitebeard memiliki buah iblis yang bisa menghancurkan seluruh dunia.

Menurut angkatan laut, nilai buruan Whitebeard menyentuh lebih dari 4 Milliar Belly. Nilai itu lebih tinggi dibandingkan Yonko yang lain. Uniknya dari karakter ini adalah nama Edward sendiri terinspirasi dari sosok Edward Teach (Blackbeard). Edward Lowe juga merupakan sosok bajak laut yang populer, yang bisa jadi juga adalah inspirasi bagi karakter ini.

Silvers Rayleigh

Silvers Rayleigh adalah sosok yang sangat hebat, meskipun tanpa adanya buah iblis. Selain mampu menggunakan pedang dengan baik, Rayleigh juga mampu menguasai berbagai jenis Haki. Rayleigh adalah orang yang mengajari Luffy seluruh kemampuan Haki yang dia miliki. Dengan kekuatan yang dahsyat tersebut Garp sekalipun tidak mau menangkap Rayleigh jika tidak ada bantuan yang banyak.

Karakter Silvers Rayleigh sendiri sebenarnya terinspirasi dari dua sosok nyata yang berbeda. Pertama adalah seorang warga negara Inggris bernama Sir Walter Rayleigh. Dia dikenal karena usahanya untuk membawa tembakau ke Inggris dan digunakan oleh para penduduk Inggris. Sosok lainnya adalah Long John Silver, seorang karakter fiksional yang berasal dari novel karya Robert Louis Stevenson, Treasure Island.

Charlotte Linlin

Charlotte Linlin atau biasa dikenal sebagai Big Mom, merupakan kapten dari bajak laut Big Mom dan merupakan satu-satunya Yonko wanita dalam cerita One Piece. Big Mom juga memiliki pengaruh yang sangat kuat di seluruh dunia. Seperti yang diungkapkan oleh Sengoku, nilai buruan dari seorang Big Mom saat ini adalah 4,388 milliar Belly.

Dengan kekuatan yang sangat luar biasa, Big Mom merupakan salah satu ancaman serius bagi Pemerintah Dunia. Nama Charlotte Linlin sendiri terinspirasi dari dua nama yang berbeda. Pertama adalah Chalotte de Berry, seorang bajak laut yang berasal dari Inggris dan yang kedua adalah Charlotte Badger.

Dengan tema tentang bajak laut, wajar jika kemudian Eiichiro Oda banyak juga membuat karakter-karakter yang ada di dalam cerita serinya terinspirasi dari sosok bajak laut di dunia nyata. Oda menggabungkan beberapa sosok untuk menjadi sebuah karakter yang kita kenal. Dan hasilnya bisa dilihat sangat luar biasa.