Teleportasi bukanlah sesuatu yang baru. Hal ini menjadi sesuatu yang umum yang dihadirkan di berbagai medium seperti komik, game, atau bahkan manga dan anime. Teleportasi merupakan sebuah momen di mana sebuah karakter akan melakukan perjalanan yang sangat jauh dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan dengan teknik teleportasi ini.

Misalnya, menghindari berbagai situasi berbahaya dan juga melindungi yang lain dalam sebuah pertarungan. Teleportasi juga bisa menghemat biaya dan waktu tempuh. Meskipun ada karakter yang bisa menggunakan teleportasi tanpa batas, ada juga yang harus memperhatikan persyaratan sebelum melakukannya. Berikut adalah para karakter yang memiliki kemampuan teleportasi.

Goku (Dragon Ball)

Dalam franchise Dragon Ball, Goku diperlihatkan bisa menggunakan teleportasi dengan menggunakan teknik Instant Transmission. Dia belajar menggunakan teknik ini saat berlatih di planet Yardrat, pasca pertarungannya melawan Frieza. Dengan berkonsentrasi penuh, seseorang bisa menggunakan teknik tersebut untuk berpindah ke lokasi yang lain.

Selain itu, mereka yang juga mengalami kontak fisik dengan Goku atau penggunanya akan ikut pindah. Setelah menguasai tekniknya, Goku sering kali memanfaatkan teknik ini dalam pertarungan, yang mana hal tersebut membuat musuh-musuhnya terkejut. Goku biasanya menggunakan tekniknya untuk menghadirkan serangan dadakan atau berpindah dari satu planet ke planet lain.

Alucard (Hellsing)

Alucard, sang butler dari keluarga Hellsing, merupakan seorang pemburu vampir meskipun dia sendiri adalah seorang vampir. Alucard diketahui tahan terhadap berbagai kelemahan vampir seperti perak, cahaya matahari, dan yang lainnya. Alucard benar-benar berbeda dan sangat luar biasa dibandingkan vampir lainnya.

Alucard juga diketahui memiliki banyak keunggulan, di mana salah satunya adalah dia bisa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan teleportasi. Dan tidak ada batasan untuk menggunakan teleportasi tersebut. Setelah Alucard menyerap jiwa dari Schrödinger, dia pun memiliki kemampuan untuk berada di mana pun selama dia mengenali dirinya sendiri.

Mest Gryder (Fairy Tail)

Pada awalnya, Mest Gryder diperkenalkan sebagai Doranbolt, anggota keluarga dari Magic Council. Namun, kemudian diungkapkan bahwa dia sebenarnya merupakan bagian dari Fairy Tail yang menghapus ingatannya untuk melakukan misi penyamaran agar bisa bergabung dengan Magic Council.

Mest diketahui sangat ahli dalam menggunakan sebuah kekuatan sihir berjenis Spatial Magic, yang membuatnya bisa melakukan teleportasi bersama yang lain. Dengan teknik Direct Line, Mest bisa melakukan teleportasi secara instan ke berbagai lokasi yang berada dalam jangkauannya. Mest juga bisa memindahkan orang lain tanpa perlu menyentuhnya atau berada di dekatnya.

Awaki Musujime (A Certain Magical Index)

Dalam seri A Certain Magical Index, Awaki Musujime memiliki kemampuan untuk memindahkan objek. Kekuatan tersebut bernama Move Point, di mana Musujime bisa memindahkan benda ke berbagai lokasi tanpa perlu menyentuhnya. Musujime juga bisa melakukan teleportasi terhadap dirinya sendiri. Namun karena trauma masa lalu, dia akan merasa tidak enak badan jika melakukan teleportasi kepada dirinya sendiri.

Meskipun kemampuan tersebut sangat luar biasa, namun faktanya kemampuan Musujime ini memiliki batasan. Dia hanya bisa melakukan teleportasi dalam jarak 800 meter, dan berat maksimal benda yang dipindahkan adalah 4.520 kilogram. Jika Musujime memindahkan benda lebih berat dari batas tersebut, dia pun memiliki resiko cedera fisik.

Ryo Shimazaki (Mob Psycho 100)

Ryo Shimazaki adalah seorang esper yang sangat luar biasa yang menjadi bagian dari Ultimate 5. Kemampuannya dalam hal telekinesis sangat luar biasa, yang mana membuat serangannya pun menjadi kuat. Selain membuatnya bisa terbang, teleportasi menjadi kemampuan yang bisa dia lakukan berkat telekinesis tersebut.

Shimazaki bisa menghilang dan kembali muncul di mana pun yang dia inginkan dalam waktu singkat. Kemampuan ini memberikannya keunggulan dalam pertarungan, yang mana membuat dia bisa menghindari serangan dengan mudah. Atau bisa juga Ryo membingungkan musuh dengan menghilang dan muncul di lokasi lain. Ryo juga bisa memindahkan benda atau orang yang dia sentuh atau yang dipegang oleh seseorang.

Merlin (Seven Deadly Sins)

Merlin merupakan seorang penyihir yang sangat kuat di mana kemampuan sihirnya mampu untuk digunakan untuk bertahan atau pun menyerang. Salah satu kemampuan dari Merlin adalah Shunkan Ido, sihir dengan kekuatan dahsyat yang membuatnya bisa melakukan teleportasi terhadap dirinya dan juga orang lain.

Kemampuan teleportasi dari Merlin ini benar-benar sangat berguna dan membantu, terutama di tengah-tengah pertarungan. Radius dari teleportasi Merlin sendiri bisa dibilang cukup jauh bisa mencapi beberapa mil. Merlin juga bisa memindahkan berbagai objek, yang mana teknik ini dia gunakan untuk menggunakan berbagai benda yang kemudian dia jadikan sebagai senjata.

Kurogiri (My Hero Academia)

Kurogiri adalah antagonis dalam seri My Hero Academia. Dia merupakan seorang Nomu yang diciptakan oleh All For One dan Dr. Kyudai Garaki. Disebut sebagai “Warp Villain,” Kurogiri pun diketahui memiliki Quirk yang membuatnya bisa menciptakan portal yang membuatnya mampu untuk pergi ke berbagai lokasi.

Dengan menggunakan Warp Gate, Kurogiri akan menciptakan semacam kabut gelap yang mampu memindahkan apa pun dan siapa pun yang dia sentuh ke mana pun yang dia inginkan. Namun, ada batasan dalam penggunaan kekuatan ini. Untuk memindahkan yang lain, Kurogiri harus mengetahui secara tepat koordinat dari lokasi yang ingin dia tuju.

Sousuke Aizen (Bleach)

Aizen merupakan salah satu villain yang cukup populer dan juga seorang lawan yang sangat tangguh dalam sebuah pertarungan. Setelah menyatu dan menguasai Hogyoku Orb, dia pun mendapatkan berbagai kekuatan baru yang sangat signifikan dalam memberikan peningkatan kekuatannya.

Mampu bertransformasi ke berbagai bentuk, transformasi akhir dari Aizen membuatnya bisa berubah ke bentuk kupu-kupu. Dalam form tersebut, Aizen bisa memecah tubuhnya bebeberapa bagian dan kemudian muncul kembali di lokasi berbeda. Dengan kemampuan tersebut, dia bisa pergi ke mana pun yang dia inginkan atau menghindari musuh.

Saiki K. (The Disastrous Life of Saiki K.)

Saiki K. merupakan protagonis utama dalam seri The Disastrous Life of Saiki K. di mana dia diperlihatkan memiliki banyak kekuatan, termasuk untuk memindahkan dirinya dan benda-benda lainnya ke lokasi lain. Untuk melakukan teleportasi, Saiki bisa memindahkan dirinya dan juga sesuatu yang dia sentuh ke lokasi yang sangat jauh.

Namun, dia tidak bisa menggunakan kekuatan tersebut secara bebas. Ada jeda waktu kurang lebih tiga menit sebelum kemudian dia bisa kembali menggunakan kekuatan tersebut. Untuk memindahkan sebuah benda, dia harus menukarnya dengan benda lain yang memiliki nilai sama. Benda yang teleportasikan akan mengganti benda yang hilang di tujuan, sehingga diaperlu berhati-hati dalam menggunakan kemampuan ini.

Uchiha Sasuke (Naruto dan Boruto)

Sasuke memiliki sebuah Jutsu yang disebut sebagai Space-Time Jutsu alias Jutsu ruang dan waktu. Teknik yang luar biasa dan sangat langka ini dibuat dengan cara menciptakan sebuah portal yang membuat Sasuke melakukan teleportasi ke berbagai dimensi atau planet. Orang-orang juga bisa masuk atau ikut bersama Sasuke, namun jumlahnya terbatas.

Menggunakan Jutsu tersebut benar-benar menguras chakra dari Sasuke, dan menggunakan teknik ini dalam jangka waktu yang lama akan membuatnya tidak mampu untuk melakukan berbagai Jutsu selama beberapa waktu. Tetapi, semenjak Sasuke kehilangan Rinnegannya, kemampuan teleportasi ini pun tidak bisa lagi digunakan.

Melakukan teleportasi atau berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara instan merupakan sebuah kekuatan atau kemampuan yang luar biasa. Dan para karakter di atas menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Tentunya akan sangat menarik jika kemudian kekuatan teleportasi ini ada di dunia nyata.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.