Dalam seri Dragon Ball Super kita diperkenalkan dengan sosok para Dewa Penghancur (God Of Destruction) yang memang bertugas untuk menjaga keseimbangan dari berbagai planet yang ada di masing-masing universe. Menjaga keseimbangannya sendiri adalah dengan menghancurkan planet yang dianggap tidak lagi berpotensi atau ada alasan tertentu yang membuat planet tersebut harus dihancurkan.

Di universe utamanya sendiri, yaitu Universe 7, kita mengenal sosok Beerus sebagai Dewa Penghancur. Dalam ceritanya, sosok Beerus sering kali diperlihatkan sebagai karakter yang tidak terkalahkan yang membuat para Z Warrios tidak memiliki harapan untuk bisa menang. Hal ini pun sempat diperlihatkan dalam Battle of God Saga.

Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana meskipun Goku sudah mendapatkan peningkatan kekuatan yang drastis, namun pada kenyataannya hal tersebut masih belum cukup untuk bisa membuat dia mengalahkan sosok Beerus. Namun, sering diperlihatkan sebagai karakter yang tidak terkalahkan, apakah ada cara untuk mengalahkan Beerus? Apakah Beerus memang tidak terkalahkan?

Di awal seri Dragon Ball Super, memang tidak perlu diragukan lagi bahwa level kekuatan Beerus berada di atas Goku dan Vegeta. Sebagai Dewa Penghancur di Universe 7 dan mampu menghancurkan seluruh planet dalam waktu singkat, wajar jika Beerus memiliki reputasi sebagai sosok paling ditakuti dan dihormati di seluruh universe Dragon Ball. Mereka tahu bahwa Beerus mampu menghancurkan planet mereka, dan karena inilah tidak ada yang berani menantangnya.

Namun, seiring berjalannya cerita sampai saat ini, pertanyaan bahwa apakah memang Beerus tidak terkalahkan mulai muncul. Sejauh ini, hanya ada beberapa karakter saja yang sudah dikonfirmasi memang mampu mengalahkan Beerus karena level kekuatan mereka yang sangat dahsyat. Mereka adalah Zeno, para Angels, dan juga Grand Priest.

Jika dibandingkan dengan Dewa Penghancur lainnya, Beerus mungkin adalah yang paling kuat meskipun ada sebagian fans lainnya yang memperdebatkan mengenai hal tersebut. Namun, bagaimana jika Beerus disandingkan dengan sosok Goku, Jiren dan Broly? Dalam ceritanya sendiri terdapat beberapa petunjuk penting yang menunjukan bahwa ketiga sosok mortal tersebut kemungkinan mampu mengalahkan Beerus.

Yang pertama adalah Goku. Dalam cerita di serinya, Beerus terlihat beberapa kali merasa terintimidasi dan terganggu dengan peningkatan kekuatan yang dialami oleh Goku. Apalagi, saat ini, Goku sudah mulai bisa menguasai teknik Ultra Instinct. Whis sendiri pernah menyebutkan bahwa dengan menguasai teknik Ultra Instinct, Goku mungkin akan memiliki kesempatan untuk menjadi jauh lebih kuat dari Beerus.

Yang kedua adalah Broly. Broly adalah karakter yang baru-baru ini masuk dalam kategori kanon, setelah sebelumnya dia menjadi bagian dari cerita spin-off. Meskipun begitu, semua fans Dragon Ball tentu tahu bagaimana kekuatan dari sang Legendary Super Saiyan tersebut. Goku sendiri sempat menyebutkan bahwa level kekuatan Broly bisa saja lebih kuat dari pada Beerus. Sayangnya, sampai saat ini memang belum ada bukti konkret dari hal tersebut.

Yang ketiga adalah Jiren. Dalam arc Tournament of Power sempat disebutkan bahwa level kekuatan dari Jiren dianggap sudah melampaui level kekuatan dari Dewa Penghancur di Universe 11, Belmod. Meskipun pernyataan tersebut tidak memberikan detail secara gamblang bahwa Jiren memang memiliki kekuatan di atas Beerus, namun setidaknya hal tersebut menjadi petunjuk bahwa Jiren bisa saja melampaui Beerus karena dia sendiri sekarang kekuatannya sudah melampaui seorang Dewa Penghancur.

Dari ketiga karakter di atas, Goku sepertinya yang memiliki peluang untuk bisa meraih kemenangan atas sosok Beerus. Goku jelas lebih kuat dari Jiren, dan Goku juga bisa saja mengalahkan Broly jika dia sudah mampu menguasai seluruh teknik Ultra Instinct. Berdasarkan penjelasan tersebut, ada kemungkinan yang cukup besar untuk yakin bahwa ketika Goku berhasil menguasai seluruh tingkatan Ultra Instinct, maka dia bisa saja mengalahkan Beerus.

Sampai kemudian Goku diperlihatkan sudah berhasil melakukan hal tersebut dan sampai Akira Toriyama memberikan cerita di mana Beerus dan Goku kembali bertarung dengan seluruh teknik Ultra Instinct, jawaban pasti apakah Goku akan mampu melampaui Beerus sepertinya tidak akan pernah tersaji. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Goku memang akan berhasil melampaui Beerus dan akhirnya untuk pertama kali Beerus berhasil dikalahkan oleh seorang mortal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.