Buah iblis merupakan salah satu elemen penting dalam cerita One Piece. Bahkan, keberadaan buah iblis sudah diperkenalkan sejak awal cerita, di mana ketika itu Shanks memperkenalkan buah Gomu Gomu kepada Luffy. Buah iblis sendiri sering kali disebut “harta karun lautan” dan buah iblis tersebut memberikan kekuatan yang sangat luar biasa kepada mereka yang mengkonsumsinya.

Namun, tentunya ada “harga” yang harus dibayar untuk hal ini yaitu pengguna buah iblis tidak bisa berenang. Meskipun tidak semua kekuatan buah iblis sempurna atau luar biasa dahsyat, yang pasti buah iblis memberikan kemampuan lebih kepada mereka yang mengkonsumsinya. Para fans sering memperdebatkan mana yang lebih kuat antara buah iblis dan Haki.

Haki sendiri adalah bentuk perwujudan dari kekuatan tekad penggunanya. Dengan mewujudkan tekad tersebut dalam bentuk kekuatan, penggunanya bisa menambah kekuatan yang dia miliki. Misalnya, membaca pergerakan lawan, mengetahui kondisi lawan, mengeraskan bagian tubuh tertentu sehingga mampu menahan serangan lawan, dan sebagainya.

Meskipun para fans sering kali memperdebatkan mana yang lebih hebat atau mana yang lebih superior, Oda Sensei sepertinya sudah memiliki jawaban untuk hal tersebut. Hal ini diperlihatkan di chapter 1047 kemarin. Dalam chapter tersebut kita melihat kelanjutan pertarungan antara Kaido melawan Luffy. Kaido saat itu menyebutkan kepada Luffy bahwa buah iblis yang kuat tidaklah cukup untuk bisa menaklukan seluruh lautan.

Kaido sempat menyinggung sosok Gol D. Roger di mana dia menyebutkan bahwa Roger berhasil menaklukan lautan dan menjadi raja bajak laut tanpa ada bantuan buah iblis. Kaido kemudian menegaskan bahwa untuk bisa menaklukan lautan yang perlu dimiliki oleh seorang bajak laut adalah kekuatan Haki.

Ada beberapa hal yang membuat Haki unggul dari buah iblis:

  1. Haki membuat penggunanya merasakan sekitarnya meskipun tidak mengandalkan kemampuan panca indera.
  2. Haki membuat penggunanya bisa melihat ke masa depan.
  3. Haki membuat penggunanya mampu terlindung dari berbagai serangan, baik serangan langsung atau menggunakan senjata.
  4. Haki membuat penggunanya mampu meningkatkan kekuatan serangannya dan juga melampaui kekuatan buah iblis. Bahkan, daya tahan penggunanya pun akan meningkat.
  5. Haki membuat penggunanya memaksakan kekuatan tekad tersebut kepada makhluk hidup lainnya.
  6. Haki membuat penggunanya bisa melapisi sebagian tubuh atau seluruh tubuhnya dengan kekuatan tekad tersebut. Bisa juga kekuatan Haki dilapisi kepada senjata dan memengaruhi keadaan sekitarnya.

Haki mewakili kekuatan tekad dalam cerita One Piece, dan kekuatan tekad digambarkan dalam ceritanya sebagai sebuah kekuatan yang secara potensial tidak memiliki batasan. Contoh nyata dari hal ini bisa kita lihat dari sosok Luffy. Apa yang coba Kaido katakan kepada Luffy adalah tidak peduli seberapa besar kemampuan seseorang – apalagi dengan bantuan buah iblis – dengan kekuatan tekad yang kuat (Haki) maka kemampuan tersebut akan mampu untuk dilampaui.

Baik Haki level tinggi atau pun awakening buah iblis memang sama-sama luar biasa, seperti yang diperlihatkan dalam pertempuran di Onigashima ini. Namun, sering kali Oda memperlihatkan bahwa Haki level tinggi sedikit lebih epik dan lebih dahsyat dibandingkan kekuatan awakening buah iblis.

Dan dilihat dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, mungkin hal tersebut ada benarnya. Doflamingo diketahui sudah berhasil membangkitkan kekuatan Ito Ito no Mi, namun dia jauh lebih lemah dibandingkan Luffy atau sosok yang jauh di atasnya. Katakuri juga menjadi salah satu karakter yang mengandalkan Awakening buah iblis sebagai sumber kekuatannya.

Namun, meskipun Katakuri adalah sosok yang kuat dan sama sekali belum pernah terkalahkan, dia tidak termasuk deretan para karakter yang dianggap paling kuat atau berada di level di atasnya. Katakuri dan Doflamingo memang berhasil membangkitkan kekuatan buah iblisnya, dan juga mereka bisa menggunakan Conqueror Haki.

Namun, faktanya mereka tidak bisa menggunakan Advanced Conqueror Haki. Oda sendiri bahkan menghadirkan dialog yang bisa dibilang menjadi bukti bahwa kemampuan Advanced Conqueror Haki lebih unggul dibandingkan Awakening. Contohnya adalah bagaimana para fans sangat hype dengan bagaimana Luffy mengaktifkan Advanced Conqueror Haki dibandingkan dengan momen dari Law dan Kid yang membangkitkan kekuatan buah iblisnya.

Kaido sendiri bahkan mengatakan bahwa hanya mereka yang dianggap paling kuat, hanya beberapa orang kuat saja, yang bisa menggunakan Advanced Conqueror Haki. Meskipun tidak semua para karakter kuat dalam serinya menggunakan Advanced Conqueror Haki, namun biasanya mereka yang menggunakan Advanced Conqueror Haki masuk dalam jajaran yang paling kuat.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa memang kekuatan Haki jauh lebih unggul dibandingkan kekuatan buah iblis. Hal ini pun diakui oleh makhluk paling kuat di dunia, Kaido. Meskipun Awakening buah iblis memiliki kedahsyatan yang luar biasa, seperti yang diperlihatkan oleh beberapa orang, namun tetap saja Haki Tingkat Tinggi Haki masih lebih unggul. Hal ini terbukti dengan hanya beberapa orang saja yang mampu menggunakan kekuatannya, dan beberapa orang tersebut merupakan karakter yang dianggap paling kuat di serinya. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini.