Dikenal sebagai sebuah seri yang mengusung tema utama tentang bajak laut, One Piece menghadirkan banyak sekali kapal-kapal dalam ceritanya. Mulai dari kapal angkatan laut, kapal para Yonko, sampai tentunya kapal yang digunakan oleh kelompok Topi Jerami yaitu Thousand Sunny. Thousand Sunny adalah kapal kedua yang digunakan oleh kelompok Topi Jerami setelah Going Merry untuk perjalanan menuju Laugh Tale.

Franky adalah sosok yang membuat Thousand Sunny, membuatnya dari awal sampai kapal tersebut selesai dan siap digunakan. Dibuat dari kayu adam – bahan yang sama yang digunakan untuk kapal Oro Jackson – Franky mempersiapkan semuanya untuk kru Topi Jerami. Lalu, apa saja fitur menarik yang dimiliki oleh Thousand Sunny?

Soldier Dock System

Thousand Sunny memang tidak memiliki ukuran yang besar seperti kapal bajak laut lainnya atau kapal milik Yonko. Namun, Franky berhasil memanfaatkan hampir setiap sudut dari Thousand Sunny. Dan salah satu bukti dari hal tersebut adalah Soldier Dock System. Ini merupakan salah satu fitur yang banyak dikenal oleh para fans, dan menjadi salah satu hal unik di kapal Thousand Sunny.

Soldier Dock System adalah sebuah fitur unik di mana Sunny memiliki sistem dock atau ruang yang menyimpan berbagai hal. Ada kurang lebih enam ruang yang bisa berputar, dan masing-masing ruangan tersebut memiliki keunggulannya tersendiri. Channel Zero adalah satu-satunya ruang dengan dua kompartemen yang saling menyatu. Masing-masing kompartemen menyimpan sebuah roda penggerak (paddle wheel) yang bisa mengubah sistem penggerak dari Sunny.

Terdapat Bagian Khusus Wanita dan Pria

Yang juga tidak kalah menarik, Oda Sensei menghadirkan sebuah bagian khusus di kapal Sunny yang bisa digunakan oleh para pria dan juga wanita. Menurut cetak biru dari kapal Sunny yang dibagikan Oda, untuk bagian khusus pria di kapal Sunny terletak di lantai pertama. Sementara untuk bagian khusus wanita terletak di atasnya, yaitu di lantai dua.

Kedua bagian khusus tersebut sama-sama memiliki ruang bersih-bersih atau kamar mandi di pintu masuknya. Selain berbagai hal yang umum digunakan disimpan di sana, terdapat sebuah bel di masing-masing bagian khusus tersebut jika terjadi sesuatu yang berbahaya atau keadaan darurat terjadi saat berlayar. Bisa dibilang Franky sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk berbagai situasinya.

Alat Menghindari Bahaya

Selain bel, Franky juga membuat semacam alat untuk menghindari bahaya atau kabur dari bahaya (emergency acceleration device) saat Sunny terjebak. Misalnya ketika dalam pertarungan di lautan mereka terpojok karena kalah jumlah. Sunny memiliki opsi untuk bisa kabur dari situasi tersebut yaitu dengan menggunakan Coup de Burst, sebuah meriam udara spesial yang membuat Sunny bisa “terbang” sepanjang 1 Km.

Menurut penjelasan Franky, teknik Coup de Burst hanya bisa digunakan ketika situasi memang benar-benar bahaya. Teknik ini pertama kali diperlihatkan oleh kelompok Topi Jerami ketika mereka berhasil kabur dari incaran Garp yang mencoba menangkap Luffy di Water Seven. Dibutuhkan beberapa tong minuman kola untuk mengisi tenaga Coup de Burst.

Berbagai Ruangan Mewah

Selain bagian khusus pria dan wani, Franky juga sepertinya mendesain kapal Sunny semewah mungkin meskipun ukurannya tidak terlalu besar. Diketahui bahwa ruangan dapur dari Thousand Sunny cukup mewah. Belum lagi bagian kamar mandi dan juga perpustakaan. Yang menarik juga mereka bahkan memiliki bar akuarium yang bisa menyimpan ikan ukuran besar.

Selain itu, beberapa karakter diperlihatkan memiliki ruangannya sendiri. Contohnya Zoro yang memiliki ruang berlatih khusus. Kemudian, Usopp yang memiliki ruangannya sendiri untuk menciptakan berbagai hal. Dan juga sama halnya seperti Usopp, Franky pun memiliki ruangannya sendiri untuk memperbaiki atau membuat sesuatu.

Memiliki Banyak Jenis Meriam

Franky adalah seseorang yang sangat tergila-gila dengan senjata. Sehingga, tentu masuk akal jika kemudian hasil karyanya juga akan memiliki banyak peralatan perang yang digunakan baik untuk menyerang musuh atau melindungi kapal tersebut. Thounsand Sunny sendiri memiliki berbagai jenis meriam yang menarik.

Yang pertama, yang mungkin paling menarik dan paling populer adalah meriam Coup de Burst. Thousand Sunny membutuhkan tiga tong cola untuk mengisi tenaga dari meriam besar tersebut. Efek yang ditimbulkan dari menembakan Coup de Burst adalah Sunny mampu terbang sepanjang satu kilometer. Ini merupakan senjata andalan untuk keluar dari situasi genting.

Meriam Coup de Burst sendiri terletak di bagian belakang kapal. Sedangkan di bagian depannya terdapat sebuah meriam yang disebut sebagai Gaon Cannon atau meriam Gaon. Meriamnya sendiri tersembunyi dalam mulut kepala Sunny dan mampu menembakan udara yang bisa dipadatkan dan menciptakan efek menghancurkan yang dahsyat. Meriam ini pernah digunakan untuk menghancurkan seluruh markas Duval.

Thousand Sunny mungkin hanya sekedar kapal, benda tidak bergerak. Namun, Sunny adalah bagian dari kru Topi Jerami, sama seperti Going Merry. Thousand Sunny sudah sering menyelamatkan nyawa dari para kru Topi Jerami dari berbagai situasi pelik, berkat keunggulan fitur yang dimiliki oleh Sunny. Thousand Sunny juga merupakan rumah mereka selama di lautan, sehingga wajar jika kemudian kapalnya dibuat senyaman mungkin.