Dalam franchise Naruto, kita diperkenalkan oleh sebuah klan yang tidak biasa yaitu Otsutsuki. Sampai sejauh ini sendiri Masashi Kishimoto masih belum memberikan informasi apa pun terkait asal usul dari klan Otustuki. Satu hal yang pasti, mereka adalah klan yang berasal dari luar planet bumi, dan juga mereka bisa hidup untuk selamanya.

Klan Otsutsuki sendiri bisa dibilang adalah klan “penjajah” karena seluruh anggota klan ini akan disebar ke berbagai planet, untuk kemudian menanam sebuah pohon suci dan kemudian dari pohon tersebut akan menghasilkan satu buah yang sangat dahsyat yang disebut buah chakra. Buah inilah yang menjadi salah satu sumber kekuatan klan Otsutsuki.

Apa Itu Pohon Suci

Pohon Suci atau Pohon Shinju merupakan sebuah pohon raksasa yang tidak biasa. Untuk bisa memanen buah chakra di pohon Suci ini dibutuhkan proses yang sangat panjang dan juga lama. Pohon Suci diketahui tumbuh dengan menyerap energi kehidupan yang ada di sebuah planet yang sudah terjadi selama ribuan tahun.

Pohon Suci juga lahir dari monster berekor sepuluh, di mana monster tersebut menjadi bagian penting agar bisa pohon ini tumbuh. Agar pohonnya bisa tumbuh menjadi seperti yang diinginkan, perlu ada persembahan nyawa seorang Otsutsuki kepada monster tersebut. Semakin kuat dan sehat persembahannya, maka semakin kuat juga buah chakra yang dihasilkan.

Selain itu, dibutuhkan juga sebuah wadah berupa tubuh seseorang untuk bisa menggantikan tubuh Otsutsuki yang dijadikan persembahan. Mereka melakukan hal tersebut melalui sebuah proses Otsutsukifikasi dalam Karma. Hal ini bisa kita lihat dalam cerita di seri Boruto: Naruto Next Generation yang masih berjalan sampai saat ini.

Dengan ukurannya yang sangat besar, Pohon Suci sering kali dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa penuh dengan nuansa mistis oleh para manusia. Bahkan, tidak jarang juga manusia yang justru memuja pohon tersebut. Ada efek negatif yang dihasilkan dari tumbuhnya Pohon Suci di sebuah planet yaitu hancurnya seluruh kehidupan dan peradaban yang ada di planetnya.

Seperti disebutkan di atas Pohon Suci diketahui tumbuh dengan menyerap energi kehidupan yang ada di sebuah planet yang sudah terjadi selama ribuan tahun. Termasuk juga energi kehidupan yang sedang terjadi sekarang. Ketika semua energi kehidupan tersebut berhasil diserap oleh Pohon Suci, maka bisa dipastikan planet tersebut akan hancur.

Buah Chakra

Setelah semua proses dan “syarat” sudah terpenuhi, dalam waktu seribu tahun biasanya Pohon Suci kemudian akan menghasilkan buah chakra. Manusia zaman dahulu memiliki aturan bahwa buah chakra tidak boleh disentuh. Setiap anggota Otsutsuki sering melakukan perjalanan antar dimensi untuk memanen buah chakra dari Pohon Suci.

Tujuannya adalah tidak lain untuk meningkatkan kekuatan dan kemampuan mereka. Selain itu, dengan memakan buah chakra juga bisa membuat mereka tetap muda dan hidup lebih lama. Dalam salah satu chapter kemarin, di mana Isshiki meminta Code untuk memakan buah chakra setelah kematiannya, disebutkan bahwa semakin banyak Code memakan buah chakra maka semakin besar peningkatan kekuatannya.

Selain klan Otsutsuki, manusia biasa diketahui tidak bisa mengonsumsi buah chakra seperti yang dijelaskan oleh Orochimaru dalam seri animenya. Hal ini dikarenakan tubuh manusia tidak bisa menampung begitu banyak energi atau pun chakra. Tubuh mereka bisa hancur ketika mencoba untuk mengonsumsi buah chakra tersebut.

Dalam seri animenya, Victor, salah satu Inner Kara, sempat mencoba membuat Pohon Suci tiruan dengan menggunakan sisa-sisa dari Pohon Suci ketika perang dunia shinobi keempat terjadi yang digabungkan dengan sel Hashirama Senju, dan berbagai elemen lainnya. Sayangnya, karena itu bukanlah Pohon Suci yang asli, Victor pun tidak bisa memanen buah chakra.

Bukan hanya itu, Victor pun akhirnya tewas akibat dikonsumsi pohon buatannya sendiri. Pohon Suci buatan itu akhirnya dihancurkan oleh Orochimaru. Membangkitkan Pohon Suci dan memanen buah chakra masih menjadi tujuan utama dari Code saat ini, yang merupakan perintah dari Isshiki.

Menarik tentunya untuk melihat apa yang akan dilakukan oleh Code untuk mewujudkan hal tersebut. Apakah Code akhirnya akan mampu mewujudkan keinginan Isshiki atau justru sebaliknya?