Chapter 69 dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation sudah resmi dirilis beberapa hari yang lalu. Ada banyak momen menarik yang muncul dalam chapternya, termasuk kemunculan sosok Eida di laboratorium milik Amado di Konoha. Momen kemunculan Eida menarik, karena selain menambah pelik situasi, hal ini juga seolah mengonfirmasi sebuah teori yang berkembang di kalangan fans.

Seperti yang sudah Geeks ketahui, Amado adalah sosok yang sangat misterius di mana tidak banyak informasi yang kita ketahui. Amado adalah sosok yang cerdas dengan masa lalu yang misterius. Dalam upayanya membantu Boruto, Amado sempat bercerita kepada Naruto bahwa dia pernah memiliki seorang putri sekitar 12 tahun yang lalu. Namun, putrinya tersebut sudah meninggal dunia.

Fakta ini tentunya mengejutkan bagi para fans. Yang menarik adalah dimunculkannya fakta Amado tersebut bersamaan dengan diperkenalkannya sosok Eida ke dalam cerita. Hal ini pun akhirnya membuat banyak para fans berspekulasi bahwa ada kemungkinan Eida merupakan putri dari Amado yang meninggal pada 12 tahun yang lalu.

Meskipun pada awalnya hal ini adalah sebuah spekulasi, namun ada beberapa petunjuk yang kemudian muncul untuk mendukung teorinya. Yang pertama adalah bagaimana reaksi dari Amado di panel terakhir pada chapter 68 kemarin, saat Amado melihat sosok Eida keluar dari Claw Marks milik Code. Keterkejutan Amado nampak lain dibandingkan Shikamaru atau pun Delta.

Dan di chapter 69 pun beberapa petunjuk lainnya muncul. Misalnya di awal chapternya kita melihat bagaimana reaksi pertama dari Amado saat bertemu dengan Eida adalah dia terkejut karena Eida ternyata masih hidup. Logikanya mengapa Amado harus terkejut dan bingung melihat Eida yang masih hidup jika kemudian Amado tidak tahu jika Eida sudah mati.

Kemudian ada petunjuk lainnya yang cukup jelas yang memperlihatkan bagaimana hubungan Eida dan Amado. Seperti yang kita ketahui, bahwa Eida memiliki sebuah kekuatan misterius di mana dia akan masuk ke alam bawah sadar dan membuat semua orang yang ada di sekitarnya merasa “terhipnotis” untuk jatuh cinta kepada Eida.

Hal itu juga membuat orang yang terkena efek kekuatan Eida akan mau menuruti berbagai keinginannya. Menurut Eida, hanya ada dua golongan yang tidak terpengaruh kekuatan tersebut. Yang pertama adalah mereka yang merupakan keturunan Otsutsuki dan yang kedua adalah mereka yang memiliki hubungan keluarga.

Saat Eida muncul di hadapan Amado, Shikamaru, dan Delta, kita bisa melihat bagaimana Amado bereaksi terhadap Eida, dibandingkan sosok Delta. Amado cenderung terkejut dan heran melihat Eida, seperti halnya Shikamaru, sedangkan Delta justru jatuh hati terhadap Eida yang menganggapnya sebagai sosok yang cantik. Artinya ada dua kemungkinan yang terjadi dari peristiwa tersebut.

Pertama adalah Amado merupakan keturunan Otsutsuki. Kedua, Amado adalah sosok ayah dari Eida. Dibandingkan kemungkinan pertama, kemungkinan kedua dirasa masuk akal. Amado memang tidak menyebutkan berapa usia putrinya ketika meninggal pada 12 tahun yang lalu, namun rasanya jika melihat timeline yang ada, usia anak Amado yang meninggal mirip seperti usia Eida saat ini.

Kemungkinan lainnya adalah mungkin Amado bukanlah ayah kandung dari Eida, namun dia adalah sosok “ayah” bagi Eida yang merawatnya dengan sepenuh hati dan kasih sayang sehingga Amado menganggap Eida sebagai anaknya sendiri. Geeks juga mungkin bertanya, bagaimana dengan Shikamaru? Dia tidak terkena jurus milik Eida bukan karena relasi.

Shikamaru berhasil menahan kekuatan Eida karena kekuatan tekad yang dia miliki. Hal ini bisa dilihat dari percakapan antara Amado dan Shikamaru, yang berusaha keras untuk melawan jurus Eida dan juga berusaha untuk membunuh Eida. Namun, upaya tersebut gagal, karena menurut Amado semakin tekad tersebut dilawan justru akan semakin berbahaya.

Jadi, kesimpulannya adalah chapter 69 kemarin memberikan kita sinyal positif bahwa Amado mungkin adalah ayah dari Eida. Dan Eida sendiri adalah putri yang Amado ceritakan meninggal puluhan tahun lalu. Mengapa kemudian Eida atau pun Amado belum mau mengakui status mereka masing-masing memang masih menjadi pertanyaan. Namun, setidaknya sudah ada beberapa petunjuk kuat terkait hubungan diantara mereka yang mungkin akan segera terungkap dalam waktu dekat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.