Eiichiro Oda memberikan kejutan besar kepada para fans One Piece di chapter sebelumnya dengan menyebutkan bahwa buah iblis dari sosok Monkey D. Luffy sebenarnya bukanlah Gomu Gomu. Buah iblis Luffy sebenarnya adalah Mythical Zoan Hito Hito no Mi, Model: Nika. Fakta ini jelas menggemparkan seluruh komunitas dari penggemar One Piece.

Buah iblis Nika sendiri, seperti halnya Mythical Zoan pada umumnya, mampu memberikan kekuatan dahsyat kepada Luffy untuk bisa berubah dan mendapatkan kekuatan dari sosok legendaris “Sun God Nika.” Seperti yang dijelaskan oleh Gorosei, kekuatan buah iblis ini merupakan kekuatan buah iblis yang paling mengerikan di dunia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai kemampuan yang ada.

Buah iblis Nika mampu merubah sekitarnya menjadi karet, mampu membuat sekitarnya menjadi bahagia dan gembira, meningkatkan tubuh karetnya, dan juga mereka bertarung menggunakan imajinasi mereka. Buah iblis ini juga membuat penggunanya dikenal sebagai “Pejuang Kebebasan” karena pemilik kekuatannya akan memiliki jiwa kebebasan yang tinggi.

Buah iblis Nika pada awalnya merupakan buah iblis yang hendak diberikan atau diserahkan kepada Gorosei atau Pemerintah Dunia. Dalam proses pengirimannya, buah iblis ini dijaga ketat oleh CP-9, sampai kemudian buah iblisnya dicuri oleh Shanks dan kru bajak lautnya. Dan kemudian, tanpa segaja Luffy memakan buah iblis tersebut pada 12 tahun yang lalu, yang menjadi awal petualangannya sebagai bajak laut.

Meskipun Oda Sensei baru memberikan fakta sebenarnya mengenai buah iblis tersebut, terdapat teori bahwa ada beberapa orang yang sebenarnya sudah tahu tentang buah iblis tersebut. Salah satunya adalah kakeknya sendiri, Monkey D. Garp. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Garp “meyembunyikan” Luffy bersama Ace.

Garp meminta bantuan Dadan untuk menjaga Ace dan Luffy disaat dia tidak berada di desa. Tujuannya sendiri bukanlah untuk berlatih bersama Ace, melainkan untuk melindungi Luffy dari incaran Pemerintah Dunia. Seperti yang dijelaskan oleh Gorosei, mereka sudah mencari buah iblis tersebut sejak lama, bahkan sejak 800 tahun yang lalu.

Sayangnya, upaya mereka tersebut selalu gagal. Mereka beranggapan bahwa buah iblis Mythical Zoan memiliki “pikirannya” sendiri sehingga selalu bisa lolos dari kejaran mereka. Pemerintah Dunia pastinya akan mengincar nyawa Luffy jika kemudian mereka tahu bahwa Luffy adalah pemilik dari buah iblis tersebut. Hal ini pun diperlihatkan di chapter 1042 kemarin.

Bos CP-0 mendapatkan perintah untuk menghabisi nyawa Luffy yang sedang bertarung melawan Kaido. Sayangnya, upaya tersebut gagal, dan justru dia yang harus dihabisi oleh Kaido. Dengan Luffy yang sudah lama menyembunyikan buah iblis tersebut, para Gorosei mungkin sempat berasumsi bahwa Shanks yang memiliki buah iblisnya. Luffy mungkin hanya memiliki kekuatan buah iblis yang sama dengan buah iblis Nika.

Karena itulah Gorosei tidak tahu mengenai buah iblisnya, sampai kemudian Shanks menjelaskan hal tersebut kepada mereka dalam pertemuan di arc Reverie. Garp benar-benar marah kepada Shanks karena membiarkan Luffy memakan buah iblis tersebut, yang mana hal itu justru semakin membuat Luffy semakin bersemangat menjadi bajak laut.

Diketahui bahwa Luffy selalu ingin menjadi seorang bajak laut, bahkan sebelum dia bertemu dengan Shanks. Namun barulah setelah pertemuannya dengan Shanks, akhirnya Luffy mewujudkan keinginannya tersebut. Sebelumnya, Garp selalu berusaha membuat Luffy untuk menjadi seorang angkatan laut yang kuat untuk meneruskan perjuangannya sebagai anggota angkatan laut.

Namun, Garp kemudian benar-benar serius melatih Ace dan Luffy untuk menjadi seorang angkatan laut yang kuat karena dia tahu bahwa suatu hari keduanya akan menjadi incaran Pemerintah Dunia, dan nyawa mereka pun akan berada dalam bahaya jika tertangkap. Lain halnya jika Luffy atau Ace kemudian menjadi angkatan laut, di mana mungkin “dosa” mereka akan diampuni.

Dari mana kemudian Garp bisa mengetahui bahwa buah iblis Gomu Gomu yang dimakan Luffy sebenarnya adalah buah iblis Nika? Garp merupakan salah satu angkatan laut senior yang memiliki banyak pengalaman di medan pertempuran. Dia juga sudah banyak bertarung menghadapi banyak bajak laut legendaris di sepanjang hidupnya.

Berdasarkan hal tersebut, tidak heran jika kemudian Garp mengetahui tentang fakta sebenarnya mengenai buah iblis Nika dari informasi yang dia dapatkan selama berkarier di angkatan laut. Belum lagi Garp adalah salah satu sosok berpengaruh di angkatan laut, dan Pemerintah Dunia cukup menghormati sosok Garp. Artinya dia bisa saja mengakses banyak informasi rahasia termasuk tentang buah iblis Nika. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan cerita dari Garp dan buah iblis Nika.