Hampir semua penggemar film Hollywood pasti setidaknya pernah menyaksikan salah satu film yang dibintangi oleh Will Smith. Aktor yang dikenal dengan sebutan Fresh Prince ini telah melakukan debutnya sebagai aktor pada tahun 1992 melalui film Where the Day Takes You. Sampai saat ini Smith dianggap sebagai aktor Hollywood papan atas yang pernah terlibat dalam berbagai film populer, termasuk The Fresh Prince of Bel-Air, Bad Boys, Men in Black, Independence Day, I, Robot, Hancock, dan I Am Legend.

Berbagai film terbarunya, seperti Suicide Squad, Aladdin, dan King Richard bahkan membuat namanya lebih besar lagi di seluruh dunia. Film King Richard sendiri bahkan mengantarkannya menjadi pemenang penghargaan ‘Best Actor’ di acara Oscar ke-94 yang diadakan pada bulan Maret lalu. Sayangnya, dalam acara bergengsi tersebut, Smith juga terlibat dalam insiden penamparan kepada komedian Chris Rock, yang membuat banyak proyek film selanjutnya ditunda bahkan sampai ada yang dibatalkan. Berikut berbagai film Will Smith yang terancam dibatalkan.

Deadshot

Sejak insiden terjadi pada tangal 27 Maret lalu, film Will Smith pertama yang terancam dibatalkan adalah film solo Deadshot di DC Extended Universe. Floyd Lawton alias Deadshot sendiri adalah karakter DC yang melakukan debut DCEU-nya di film Suicide Squad (2016) karya David Ayer. Meskipun filmnya mendapatkan respons yang beragam dari penggemar dan kritikus, tetapi banyak yang mengharapkan karakter Deadshot untuk melanjutkan kisahnya dengan film solonya sendiri. Namun, baru-baru ini Rolling Stones melaporkan bahwa Warner Bros. memilih untuk membatalkan proyek Deadshot, karena studio ingin mencari aman dengan tidak melibatkan aktor yang kontroversial.

Bright 2

Menyusul berita pembatalan Deadshot, baru-baru ini seorang reporter Bloomberg, Lucas Shaw, melaporkan bahwa Netflix tidak lagi melanjutkan proyek film Bright 2. Meskipun Shaw menegaskan bahwa pembatalan film Bright 2 tidak ada hubungannya dengan insiden Smith di acara Oscar, tetapi dia juga menyebutkan bahwa banyak proyek film Smith yang ditunda karena penamparan Chris Rock.

Bright adalah salah satu film sukses Netflix pada tahun 2017 yang berfokus pada dua orang polisi dari ras berbeda, manusia bernama Daryl Ward (Smith) dan Orc bernama Nick Jakoby (Joel Edgerton), di mana ras orc diceritakan sering mengalami diskriminasi di dunianya, mirip seperti orang kulit hitam di dunia nyata. Sayang sekali konsep menarik tersebut tidak akan dilanjutkan lagi, karena Netflix baru saja membatalkan sekuelnya.

Fast and Loose

Film Netflix lainnya yang terpaksa harus ditunda karena buntut insiden Smith adalah Fast and Loose. Film bergenre aksi ini tadinya akan bercerita tentang seorang kriminal yang kehilangan ingatannya. Setelah terbangun di Tijuana, Meksiko, karakter yang akan diperankan oleh Smith ini menyadari bahwa ternyata dia mempunyai dua identitas, seorang bandar narkoba yang sangat kaya dan seorang agen CIA yang tengah menyamar. Variety melaporkan bahwa Netflix baru saja menghentikan proyek Fast and Loose untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, tidak lama setelah insiden penamparan Rock oleh Smith dalam acara Oscar.

Bad Boys 4

Selain Fast and Loose, The Hollywood Reporter (via Rolling Stone) juga melaporkan bahwa film Smith lain yang terpaksa harus ditunda adalah Bad Boys 4. Meskipun Smith baru saja mendapatkan 40 halaman naskah untuk film Bad Boys keempat tersebut, tetapi saat ini Sony sama sekali tidak menjadikan film Bad Boys 4 sebagai salah satu proyek yang tengah mereka kembangkan. Bad Boys sendiri adalah waralaba film aksi komedi yang pertama kali dirilis pada tahun 1995 kemudian mendapatkan sekuelnya pada tahun 2003. Pada tahun 2020 lalu, dua sutradara Adil & Bilall telah berhasil membuat film ketiganya yang berjudul Bad Boys for Life menjadi film yang cukup sukses di era pandemi.

Itulah keempat film Will Smith yang dibatalkan serta dihentikan sementara, tidak lama setelah insiden Oscar yang melibatkan dirinya. Smith sendiri sebenarnya telah melakukan permintaan maaf secara publik kepada Chris Rock, tetapi hal tersebut tidak membatalkan keputusan Oscar yang melarangnya untuk menghandiri acara mereka selama sepuluh tahun. Dengan pembatalan beberapa film ini, sepertinya Smith sudah cukup merasakan konsekuensi dari perbuatannya. Menurut kalian, Geeks, apakah Smith layak untuk mengalami ini semua?