Buat Geeks penggemar seri Dragon Ball tentu rasanya tidak asing dengan sosok Frieza. Frieza merupakan salah satu villain terbaik yang banyak muncul dalam berbagai cerita Dragon Ball. Frieza dan pasukannya dikenal sebagai penjelajah alam raya Dragon Ball, di  mana mereka akan menginvasi sebuah planet dan kemudian menghancurkannya. Kebiasaan itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh kelompok Heeters, di mana mereka memanfaatkan kekuatan militer dari pasukan Frieza untuk meraih keuntungan besar.

Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu bahwa Frieza juga memiliki seorang anak yang bernama Kuriza. Sosok Kuriza sebenarnya sama jahat dan mengerikannya seperti sang ayah. Namun sayangnya, Kuriza tidak memiliki pengaruh besar. Ia justru banyak dilupakan oleh para fans dari seri Dragon Ball.

Siapa Kuriza

Kuriza pertama kali diperkenalkan dalam seri manga spinoff Dragon Ball karya Akira Toriyama, yaitu Neko Majin. Dalam manganya, Kuriza diperkenalkan sebagai sosok yang egois dan tiran seperti Frieza, namun yang berbeda adalah Kuriza nampak tidak semengerikan seperti sang ayah dan keluarganya.

Dan yang menarik serta unik adalah Kuriza seolah menyadari bahwa dia tidak hidup di dunia “nyata,” melainkan di sebuah dunia fiksi, tepatnya di dunia manga. Hal inilah yang diduga menjadi penyebab utama mengapa kemudian Kuriza tidak semengerikan dan sejahat sang ayah atau keluarga Frieza lainnya, meskipun dia sudah memperlihatkan sikap egois dan narsistik seperti Frieza.

Di chapter 2 manganya, Kuriza dibawa ke bumi oleh Saiyan pengkhianat bernama Onio, yang sebelumnya kalah dalam pertarungan melawan Neko Majin Z, meskipun dia sudah menggunakan teknik andalan para Saiyan, yaitu Super Saiyan. Onio yakin bahwa Kuriza adalah sosok petarung paling kuat di seluruh alam raya.

Sesampainya di bumi, Kuriza tanpa segaja menghancurkan kapal luar angkasa miliknya ke sebuah mobil milik seorang ahli bela diri. Peristiwa itu membuat pertarungan antara Neko Majin Z dan petarung lainnya akhirnya terhenti. Marah karena pertarungannya terganggu, Neko Majin Z kemudian menendang Kuriza ke sebuah sumur minyak bawah tanah.

Akibat dari hal tersebut, Kuriza pun nampak berantakan berlumuran oli. Dia pun kemudian melepas armor yang dikenakan, yang akhirnya memperlihatkan sosok aslinya yang sangat mirip dengan sang ayah, Frieza. Namun, bukannya takut atau khawatir, justru Neko Majin Z malah terheran melihat hal tersebut. Akhirnya, pertarungan diantara mereka pun terjadi.

Sebelum pertarungan diantara mereka menghasilkan pemenang, keduanya menyadari bahwa dunia manga yang mereka tempati saat itu sudah akan habis halamannya. Karena hal inilah, baik Neko Majin Z dan Kuriza memutuskan bahwa pertarungan mereka seri. Kuriza dan Onio sendiri memutuskan untuk tetap bersama Neko Majin Z sampai mereka mampu melampaui kekuatannya.

Yang sangat disayangkan, pertarungan mereka tidak pernah diperlihatkan lagi. Kuriza sendiri nampak kesal karena manga spinoff tersebut harus berakhir sebelum dia mendapatkan kesempatan untuk memperlihatkan kekuatannya yang sebenarnya. Artinya, Kuriza masih menyimpan kekuatan yang selama ini belum pernah diperlihatkan kepada para fans.

Kuriza Perlu Masuk Kanon

Dengan Kuriza menjadi karakter utama di seri manga spinoff, artinya dia bukan menjadi bagian dari cerita utama alias kanon seri Dragon Ball. Namun, bukan berarti Kuriza sama sekali tidak bisa menjadi karakter kanon. Sosok Kuriza mungkin dirasa tidak akan pas dengan cerita canon di era modern ini, sebelum ada perubahan pada dirinya.

Namun, Kuriza adalah salah satu keunikan dari klan Frieza. Dia bukanlah sosok pemimpin jahat seperti halnya Frieza atau King Cold, ataupun seorang petarung kejam seperti halnya Cooler. Dia adalah seorang anak yang tumbuh dan besar di lingkungan jahat, dan meskipun sudah berusaha, dia tetap tidak bisa sejahat ayahnya.

Perbedaan itulah yang menjadikan sosok Kuriza sebagai karakter yang unik, apalagi jika kita melihat bagaimana karakternya di seri gamenya. Kuriza memang bukan berasal dari cerita canon, namun mungkin kita bisa menirukan kesuksesan dari Broly di mana pada awalnya juga Broly adalah karakter non kanon yang sekarang sukses di cerita kanon Dragon Ball. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.