Pertarungan Luffy melawan Kaido dalam puncak pertarungan di arc Wano Country saat ini dikejutkan dengan kemunculan awakening dari buah iblis milik Luffy yang kemudian disebut sebagai Gear 5. Luffy, yang sebelumnya diduga sudah tewas, ternyata masih hidup dan dia kembali dengan kekuatan yang sangat luar biasa yang beraasal dari buah iblis miliknya.

Dalam chapter 1045 kemarin, kita melihat bagaimana kedahsyatan dari kekuatan Gear 5 ini. Mulai dari membuat Kaido seolah menjadi tali, membuat Kaido terkapar setelah memakannya, dan bagaimana Kaido dibuat kewalahan dan tidak percaya dengan apa yang terjadi dihadapannya. Kaido tidak percaya jika ada seseorang yang mampu menggabungkan Conqueror Haki dan Armament Haki.

Kaido pun tidak percaya bahwa ada buah iblis yang memiliki kekuatan dahsyat dan epik seperti Luffy. Dengan kedahsyatan dari Gear 5 ini, banyak para fans yang beranggapan bahwa kekuatan ini mungkin tidak akan memiliki kelemahan. Namun, faktanya justru sebaliknya. Gear 5 memiliki sebuah kelemahan yang mungkin disadari oleh para fans, atau justru tidak disadari.

One Piece: Inikah Kelemahan Fatal Gear 5?, Greenscene

Kelemahan tersebut adalah bagaimana energi dari Luffy yang terkuras dengan habis. Seperti yang pernah diucapkan oleh Trafalgar Law dan Eustass Kid saat menggunakan kekuatan baru mereka yang merupakan awakening dari buah iblis masing-masing, kekuatan awakening benar-benar sangat menguras tenaga dan stamina mereka.

Karena itulah, menggunakan kekuatan awakening tersebut hanya akan mereka lakukan disaat tertentu atau darurat. Dan hal ini terbukti, setelah Law dan Kid menggunakan kekuatan awakening buah iblis mereka, keduanya pun langsung nampak kelelahan dan kehabisan tenaga. Dalam kasus Luffy, bukti dari hal ini diperlihatkan di chapter 1045 kemarin. Setelah cukup lama menggunakan kekuatan Gear 5, Luffy nampak kelelahan.

Hal ini bisa dilihat dari perubahan wajahnya, di mana Luffy berubah menjadi sangat lemas dan seperti orang yang berada di ujung kematiannya. Luffy nampak kehabisan tenaga setelah penggunaan Gear 5 tersebut, dan Luffy sendiri mengatakan jika Gear 5 benar-benar menguras semua tenaganya. Jika bukan karena kekuatan genderang kebebasan yang kembali memulihkan energi dan kekuatan Luffy, bisa jadi dia sudah tewas pada saat itu.

One Piece: Inikah Kelemahan Fatal Gear 5?, Greenscene

Dengan kedahsyatan yang diperlihatkan dalam chapter 1044 dan chapter 1045 kemarin, bagaimana Luffy begitu dominan dan superior terhadap Kaido berkat Gear 5, rasanya wajar jika kemudian Luffy harus cepat kelelahan karena energinya yang terkuras habis. Pasalnya, ini merupakan puncak kekuatan dari Luffy. Saat Luffy mengaktifkan Gear 2 dan Gear 3, Luffy pun merasakan kelelahan yang sama.

Kedua Gear tersebut cukup menguras stamina Luffy, terutama Gear 3. Luffy butuh waktu beberapa menit sebelum ukuran tubuhnya kembali ke ukuran semula dan staminanya kembali. Hal yang sama juga diperlihatkan Luffy saat berhasil menggunakan Gear 4. Di awal kemunculannya, Luffy masih belum tahu bagaimana mengendalikan kekuatan Gear 4, sehingga dia sangat mudah lelah.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, Luffy pun mulai bisa menguasai dan mengendalikan Gear 4 dan mampu bertarung lebih lama dalam Gear ini. Pertanyaanya, apakah artinya Gear 5 juga bisa dikendalikan? Apakah Luffy akan mampu menggunakannya dalam jangka waktu lama? Ada dua kemungkinan dalam hal ini. Pertama, kemungkinan bahwa Luffy memang akan bisa mengendalikan Gear 5 dan bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama.

One Piece: Inikah Kelemahan Fatal Gear 5?, Greenscene

Hal ini muncul berdasarkan dari pola yang dihadirkan oleh Oda Sensei selama dia menghadirkan kemampuan Gear Luffy. Meskipun butuh waktu, tetapi seperti halnya Gear sebelumnya, Luffy akan mampu untuk mengendalikan kekuatan dan juga kemampuan dari Gear 5. Selain itu, Luffy juga akan mulai terbiasa dengan kekuatannya dan setelah terbiasa, dia akan bisa menggunakan tekniknya dalam waktu lama.

Kemungkinan kedua Luffy tidak akan bisa menggunakan Gear 5 dalam waktu lama, meskipun dia akan bisa mengendalikan seluruh kemampuannya. Seperti yang disebutkan Luffy, Gear 5 adalah puncak kekuatan yang dia miliki. Artinya, kekuatan ini hanya akan digunakan oleh Luffy saat menghadapi musuh-musuh kuat karena Luffy sadar Gear 5 sangat menguras tenaganya.

Mungkin, kekuatan ini baru akan kita lihat lagi ketika Luffy menghadapi musuh hebat seperti Blackbeard atau Im. Meskipun tidak menutup kemungkinan Luffy akan menguasai kemampuan Gear 5 untuk bisa menggunakannya dalam waktu lama, tetapi rasanya hal itu akan mengurangi tingkat keistimewaan dari Gear 5 jika kemudian Gear 5 digunakan hampir di setiap pertarungan. Bagaimana menurut kalian Geeks?