DC Comics adalah salah satu media komik yang terkenal dengan para superhero tangguhnya. Tidak tanggung-tanggung, bahkan di DC Universe sendiri para superhero yang paling terkenal adalah karakter yang pada dasarnya mempunyai kekuatan seperti dewa, sebut saja Superman, Aquaman, Wonder Woman, dan sebagainya. Dan karena DC sendiri mengkover semua semesta, dari Bumi sampai luar angkasa, banyak sekali superhero yang telah mereka perkenalkan dengan kekuatan dan latar belakangnya masing-masing.

Menariknya, di antara para superhero hebat tersebut ada satu wanita yang ternyata berasal dari Indonesia, dia adalah Sujatmi Sunowaparti alias Cascade. Sebagai salah satu superhero wanita di DC Universe, Cascade sendiri adalah karakter yang sudah diperkenalkan sejak tahun 90-an, sebelum DC seterkenal sekarang. Siapa sebenarnya Cascade ini, dan seberapa hebat dia? Tanpa basa-basi lagi, mari kita bahas lebih lanjut superhero DC yang berasal dari Indonesia ini!

Anggota Tim Super Global Guardians

Diciptakan oleh Paul Kupperberg dan Dan Rodriguez, superhero yang mempunyai nama asli Sujatmi Sunowaparti ini adalah superhero wanita yang melakukan debutnya di komik Justice League Quarterly #17 (1994). Superhero yang lahir di pulau Jawa ini berasal dari keluaga besar yang tidak terlalu kaya, kondisi tersebut pada akhirnya memaksa Sujatmi harus bekerja di Borneo (sebutan DC untuk pulau Kalimantan), tepatnya di sebuah pabrik pengeboran minyak.

Borneo sendiri digambarkan sebagai pulau yang dikuasai oleh elite politik, di mana para warga lokalnya sangat tertindas dan tidak sejahtera. Itulah mengapa seiring berjalannya waktu jiwa aktivisme Sujatmi mulai tumbuh dan terbukti dari perbuatannya yang pernah menentang pemerintah setempat terkait eksploitasi sumber daya di Borneo. Ketika dirinya diceritakan terjebak di antara pertempuran antara faksi perlawan di Borneo yang menyerang pabrik tempatnya bekerja, Sujatmi secara tidak sengaja terpapar radioaktif yang pada akhrinya mengubah dia menjadi manusia super yang bisa mengendalikan air.

Sejak saat itu, dia mulai memanfaatkan kekuatan supernya untuk tujuan yang lebih baik, dan mengadaptasi nama superhero Cascade, yang dalam bahasa jawa dapat diartikan sebagai “Curug” atau air terjun. Berkat jiwa aktivisme dan kekuatan supernya, Cascade kemudian diperkenalkan oleh Martian Manhunter kepada pemimpim tim superhero Global Guardians, Owl Woman, yang pada saat itu sedang mencari anggota baru. Keterlibatan Cascade sendiri diharapkan dapat membuat Global Guardians menjadi makin hebat di DC Universe.

Kemampuan yang Sangat Unik

Di Global Guardians sendiri, Cascade bersanding dengan para superhero DC lainnya, seperti Owl Woman, Rising Sun, Seraph, Impala, Olympian, Centrix, Tundra, dan Chrysalis. Namun, dari semua anggota tim superhero tersebut, hanya Cascade yang mempunyai kekuatan super untuk mengendalikan dan memanipulasi air, mirip seperti Ratu Atlantis Mera. Dari segi kostum juga Cascade terlihat hampir mirip seperti Mera di film Aquaman (2018), di mana dia mengenakan pakaian berwarna hijau yang mungkin terinspirasi dari warna Ratu Laut Selatan.

Bisa dibilang kekuatan pengendalian air Cascade termasuk salah satu yang paling hebat di DC Universe. Hal tersebut bisa terjadi karena selain bisa mengendalikan air, dia juga bisa membentuknya sedemikian rupa agar bisa menjatuhkan musuh-musuhnya. Dan yang lebih hebatnya lagi, Cascade juga mempunyai kemampuan unik yang tidak dimiliki oleh Mera bahkan Aquaman, yaitu mengubah bagian tubuhnya menjadi air, di mana hal itu kemungkinan karena radioaktif telah mengubah fisiologinya menjadi seperti air.

Kelemahan yang Sulit Dieksploitasi

Di DC Comics sendiri tidak dijelaskan apa yang menjadi kelemahan dari Cascade. Namun, karena dia adalah superhero yang mengandalkan kekuatan air seperti Mera dan Aquaman, kemungkinan dia juga mempunyai kelemahan yang sama seperti mereka, yaitu akan lemah jika dihadapkan pada situasi di mana tidak ada air. Syukurnya, karena dia adalah superhero yang berasal dari negara kepulauan, tidak akan sulit untuk menemukan air. Apalagi menurut US Geological Survey, 72% permukaan Bumi terdiri dari air.

Dengan fakta tersebut sepertinya akan sangat sulit untuk mengekploitasi kelemahan Cascade. Meskipun dia belum pernah mendapatkan komik solonya sendiri, dan hanya melakukan beberapa cameo bersama tim super Global Guardians, tetapi tidak diragukan lagi bahwa Sujatmi Sunowaparti alias Cascade adalah superhero yang tidak bisa dianggap remeh. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Itulah pembahasan mengenai karakter Sujatmi Sunowaparti, superhero wanita DC yang berasal dari Indonesia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.