Selama bertahun-tahun penggemar radikal dari Marvel dan DC sering beradu argumen tentang siapa karakter paling hebat di antara kedua semestanya. Hal tersebut berlaku juga ketika membahas tim super Avengers dari Marvel dan Justice League dari DC. Meskipun kedua tim super ini mempunyai banyak persamaan, termasuk melindungi Bumi dan bukan tim sembarang yang bisa diikuti oleh sembarang orang, tetapi perdebatan penggemar pada akhirnya selalu membuat kedua tim ini seperti dua kubu yang bersebrangan.

Dan dari sekian banyak superhero yang tergabung Avengers dan Justice League, ternyata ada satu superhero tanpa kekuatan super yang seakan-akan berusaha mengakhiri perdebatan penggemar, dia adalah Hawkeye. Meskipun pada dasarnya dia adalah superhero Marvel dan juga salah satu pendiri Avengers, dalam kisah crossover antara DC dan Marvel Hawkeye pernah bergabung dengan Justice League dan bahkan sampai sekarang hanya dia yang tercatat secara resmi pernah melakukan hal tersebut. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, simak pembahasannya di bawah ini.

Hawkeye, Superhero Tanpa Kekuatan

Clint Barton alias Hawkeye adalah karakter Marvel yang melakukan debutnya pada tahun 60-an melalui komik Tales of Suspense #57 karya sang legenda Marvel, Stan Lee. Dalam kemunculan pertamanya, Hawkeye digambarkan sebagai seorang villain yang tidak mempunyai kekuatan super. Dan sebagai gantinya dia hadir sebagai seorang pemanah yang digadang-gadang tidak pernah meleset dari targetnya. Walaupun tanpa kekuatan super, setelah dirinya bertobat dari jalan kriminal, dia bergabung dengan Avengers atas seizin Iron Man, tepatnya di komik Avengers #16 (1965).

Dari semenjak dirinya masih diceritakan sebagai villain yang bekerja sama dengan Black Widow, bahkan setelah dirinya melakukan beberapa petualangan awal bersama Avengers, Hawkeye yang “tanpa kekuatan super” selalu menjadi bahan ejekan oleh banyak orang, tanpa terkecuali oleh para penggemar DC yang radikal. Namun, pada kenyataannya anggota inti Avengers ini pernah melakukan sesuatu yang mengejutkan dengan bergabung dengan Justice League di komik JLA/Avengers pada tahun 2000-an, di mana hal tersebut seolah-olah menjadi momen gencatan senjata antara para pendukung Marvel dan DC.

Anggota Resmi Avengers dan Justice League

JLA/Avengers (2003-2004) karya Kurt Busiek bisa dibilang adalah salah satu komik crossover paling ambisius sepanjang masa yang pernah dilakukan oleh Marvel dan DC. Di komiknya, diceritakan bahwa supervillain bernama Krona telah “dibodohi” oleh Grandmaster dari Marvel untuk membuat Avengers dan Justice League secara tidak langsung merakit sebuah senjata paling mematikan di masing-masing universe. Dalam prosesnya, rencana jahat tersebut membuat kedua universe saling bertemu dan juga mengalami beberapa perubahan yang drastis.

Di komik JLA/Avengers #3, diperlihatkan bagaimana akhirnya Justice League bertemu dengan Hawkeye di Source Wall, dinding multiverse yang memisahkan banyak universe termasuk DC dan Marvel. Setelah mereka diceritakan bekerja sama dan berhasil mengalahkan Doctor Doom yang muncul karena ulah Krona, pada akhirnya Hawkeye memutuskan untuk mengikuti Justice League dan tim super terbaik DC tersebut menerimanya dengan senang hati, sama seperti ketika Avengers menerimanya tanpa syarat.

Sebagai salah satu anggota Justice League yang menyetujui bergabunganya superhero Marvel tersebut, Black Canary mengatakan kepada Hawkeye bahwa dia merasa bangga padanya karena bersedia meninggalkan universenya dan bahkan bergabung dengan mereka. Pada akhirnya terungkap bahwa mereka berdua saling jatuh cinta, mungkin itu juga alasan mengapa Hawkeye bergabung dengan Justice League. Namun, tidak lama setelah kejadian itu sebuah kosmik glitch tiba-tiba membuat Hawkeye menghilang.

Dan anehnya dari semua anggota Justice League, hanya Green Arrow saja yang mengingat keberadaan Hawkeye, termasuk bagaimana pemanah Marvel tersebut diterima di Justice League. Bahkan Black Canary yang sebelumnya diperlihatkan mencintai Hawkeye tiba-tiba menggoda Green Arrow, mungkin karena penampilannya yang hampir mirip. Walaupun pada akhirnya Hawkeye hanya bergabung sebentar dan tidak sempat melakukan misi lain bersama Justice League, selain mengalahkan Doctor Doom, cukup jelas bahwa dia adalah anggota resmi Justice League.

Dengan adanya kejadian crossover ini, di mana Hawkeye diperlihatkan bergabung dengan Justice League, sejak saat itu Hawkeye bisa dengan mudah membalas orang-orang yang mengejeknya tidak mempunyai kekuatan. Karena dia hanya perlu menjawab bahwa tidak ada superhero lain yang mempunyai prestasi seperti dirinya, yaitu menjadi anggota resmi Avengers dan Justice League sekaligus. Itulah pembahasan mengenai kejadian di mana Hawkeye sempat menjadi simbol perdamaian antrara DC Universe dan Marvel Universe.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.