Memiliki sebuah armada yang besar atau anak buah yang sangat banyak merupakan impian setiap bajak laut dalam cerita One Piece. Dengan armada yang kuat dan jumlah anak buah yang banyak, mereka bisa saja menaklukan seluruh samudera, mencari di mana keberadaan harta karun, dan sebagainya. Dengan memiliki armada yang besar, seorang bajak laut bisa menguasai dunia.

Namun, tentunya tidak mudah untuk bisa mendapatkan atau mengumpulkan sekian banyak pasukan dalam waktu yang singkat. Semuanya perlu proses yang panjang. Ini juga yang dialami oleh Luffy, di mana pada awalnya Luffy hanya memiliki beberapa kru saja di kelompok Topi Jerami. Sampai satu demi satu rekan-rekan yang lain mulai bergabung.

Di bawah nama kelompok Topi Jerami, Luffy dan yang lain mulai mengarungi samudera dan membangun nama mereka. Pencapaian terbesar yang diraih oleh Luffy dan kelompoknya adalah terbentuknya sebuah aliansi besar yang terdiri dari berbagai bajak laut yang sangat kuat. Aliansi ini disebut Straw Hat Grand Fleet atau armada besar Topi Jerami.

Apa Itu Straw Hat Grand Fleet

Singkatnya, Armada Besar Topi Jerami atau Straw Hat Grand Fleet merupakan sebuah aliansi yang sengaja dibentuk oleh sosok Bartolomeo di akhir arc Dressrosa. Bartolomeo bersama enam kelompok bajak laut lainnya bersepakat untuk menjalin aliansi dengan kelompok Topi Jerami, dan siap untuk membantuk mereka kapan pun dibutuhkan. Sebenarnya, Luffy awalnya tidak mau dibentuk hal seperti ini.

Namun, pada akhirnya, Luffy pun setuju dengan dibentuknya aliansi ini. Total kurang lebih ada tujuh kelompok bajak laut yang bergabung dengan aliansi ini. Mereka adalah kelompok bajak laut Bartolomeo, kelompok bajak laut Cavendish, kelompok bajak laut Sai, kelompok bajak laut Ideo, kelompok bajak laut Leo, kelompok bajak laut Hajruddin, dan kelompok bajak laut Orlumbus.

Para kelompok bajak laut tersebut bukanlah kelompok bajak laut sembarangan. Mereka adalah generasi baru bajak laut yang berhasil mencatatkan namanya di wilayah New Wold. Mereka memiliki kekuatan yang dahsyat, dan juga kemampuan epik lainnya. Sebagian dari mereka memang merupakan kontestan di Corrida Coloseeum.

Jika semuanya digabungkan, jumlah dari total seluruh kru Armada Besar Topi Jerami ini bisa mencapai 5640 orang, tidak termasuk kru Topi Jerami. Jumlah tersebut tentunya sangat fantastis. Dan juga yang luar biasa adalah dengan angka yang besar tersebut, mereka berasal dari berbagai suku dan ras, sehingga kemampuan kelompok ini sangat beragam.

Dalam segi nilai buruan, total nilai buruan dari armada ini bisa mencapai 4,183,000,100 Belly. Keberadaan armada besar ini tentunya menjadi elemen kunci bagi Luffy untuk kemudian bisa menjadi penguasa samudra selanjutnya. Dan di sisi lain, hal ini tentu bisa membantu Luffy untuk mewujudkan mimpinya sebagai raja bajak laut.

Peran dari Armada Besar Topi Jerami

Meskipun armada ini sudah dibentuk sejak arc Dressrosa, sayangnya, sampai saat ini armada tersebut masih belum dipelihatkan beraksi atau muncul dalam sebuah konflik dan membantu Luffy oleh Oda Sensei. Banyak dari para fans yang berharap bahwa mereka akan muncul dalam pertempuran besar di Onigashima.

Tetapi, sampai chapter 1042 kemarin, masih belum ada petunjuk mengenai kemunculan dari Armada Besar Topi Jerami. Padahal, bisa dibilang kesempatan mereka untuk tampil sudah terbuka dengan kedatangan pasukan tambahan dari pihak Pemerintah Dunia. Sebagian fans juga berspekulasi bahwa mungkin Armada Besar Topi Jerami akan beraksi pada chapter berikutnya.

Namun, yang juga sangat dinantikan oleh para fans dari aksi Armada Besar Topi Jerami adalah keterlibatan mereka dalam pertempuran puncak dengan pihak Pemerintah Dunia. Pertempuran yang paling ditunggu tentunya adalah pertempuran antara pemerintah dunia dan kru bajak laut topi jerami. Pertempuran tersebut mungkin bisa terjadi di babak selanjutnya, tetapi peluangnya sendiri lebih besar terjadi di akhir cerita.

Pemerintah Dunia adalah sebuah organisasi besar yang tentunya akan sangat sulit untuk dikalahkan oleh Luffy dan krunya. Mereka adalah organisasi yang memerintah seluruh dunia dalam cerita One Piece. Merekalah yang mengendalikan angkatan laut, serta memengaruhi semua elemen dalam cerita One Piece.

Meskipun begitu, bukan berarti Pemerintah Dunia sama sekali tidak bisa dikalahkan. Luffy pun tidak sendirian dalam menghadapi Pemerintah Dunia. Dia memiliki banyak sekutu yang siap membantunya, yang Armada Besar Topi Jerami adalah salah satu jawabannya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana aksi dari aliansi ini pada masa yang akan datang.