Sejak melakukan debut di tahun 2007, Crysis selalu menawarkan visual yang memukau berkat teknologi Cry Engine yang mampu memvisualkan dengan baik. Visual memang menjadi “jualan” utama dari franchise ini. Dan bahkan, gamenya selalu dijadikan benchmark bagi para pengguna PC. Game terakhirnya adalah Crysis 3, yang dirilis pada tahun 2013. Sejak itu, tidak ada lagi seri Crysis baru yang dibuat.

Di tahun 2020, Crysis mendapatkan versi Remastered. Namun yang harus dicatat bahwa versi Remastered-nya hanya menawarkan peningkatan visual, tanpa penambahan dari sisi lainnya. Setelah lama absen tanpa hadirnya sekuel, baru-baru ini, Crytek dikabarkan tengah mengembangkan Crysis 4. Gamenya sendiri sempat diumumkan di akun sosial Crytek Cina beberapa waktu lalu. Dan sekarang, Crysis 4 akhirnya resmi diumumkan di akun YouTube Crytek.

 

Dalam sebuah video berdurasi 0:47 detik ini, kita bisa melihat teaser dengan tema misterius. Visualnya pun tampak detail, seolah menunjukkan bahwa game keempatnya nanti juga akan menawarkan visual yang luar biasa. Namun Geeks, teasernya tidak menyebutkan kapan Crysis 4 akan dirilis, dan platform mana saja yang akan mereka tuju. Nah di akhir teaser, kita diperlihatkan dengan angka 4.

Tidak diketahui secara pasti apa yang membuat Crytek membutuhkan waktu 9 tahun untuk mengerjakan Crysis 4. Di tahun 2016 lalu, nasib perusahaan Crytek memang berada di ujung tanduk. Mereka sempat berkutat dengan masalah keuangan, yang membuat mereka kehilangan hak atas Homefront: Revolution. Yang lebih parah, Crytek sempat disebutkan tidak memiliki uang sama sekali, dan gagal membayar gaji karyawannya. Mungkin itulah yang menjadi penyebab terhambatnya pengembangan Crysis 4.

Sepak terjang Crytek memang sangat luar biasa di masa lalu. Mereka berhasil menciptakan standar visual game PC yang sangat tinggi. Bahkan Geeks, game-game garapan Crytek dahulu sangat tidak ramah untuk para pengguna PC dengan spesifikasi rendah. Crytek selalu diingat sebagai developer dengan game bervisual luar biasa, dan mudah-mudahan saja Crytek tetap menerapkannya di game terbaru mereka, Crysis 4. Kita tunggu aja ya Geeks perkembangan gamenya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/