Sebentar lagi film The Batman karya Matt Reeves akan segera dirilis di bioskop seluruh dunia. Dibintangi oleh Robert Pattinson yang berperan sebagai Bruce Wayne alias Batman, filmnya dipastikan akan berdiri sendiri dan terpisah dari DC Extended Universe. Namun, tahukah kalian, Geeks, sebelum film The Batman ini sebenarnya ada banyak proyek film Batman lain yang dibatalkan, dari mulai sekuel film Batman yang sudah pernah tayang, sampai rencana film spin-off para karakter yang menarik. Untuk lebih mengetahui film Batman apa saja yang batal dibuat, simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Batman 3 Tim Burton

Pada akhir tahun 80-an Tim Burton membuat gebrakan di perfilman Hollywood dengan merilis film superhero pertamanya yang berjudul Batman. Bersama Michael Keaton yang berperan sebagai Batman, Tim Burton kemudian kembali dengan film Batman keduanya yang berjudul Batman Returns. Sayangnya, pada saat itu film keduanya tidak berhasil seperti film pertamanya, karena gaya pembawaan ceritanya yang dianggap terlalu kelam. Pada akhirnya kegagalan tersebut membuat film ketiga Tim Burton gagal tayang, padahal rencananya film Batman 3 akan menghadirkan kembali Catwoman dari Michelle Pfeiffer, dan juga menghadirkan Robin yang akan diperankan oleh Marlon Wayans.

Spin-off Catwoman

Karena film Batman 3 dibatalkan, pada akhirnya hal tersebut berpengaruh juga pada film spin-off Catwoman yang akan dibintangi Michelle Pfeiffer. Mengingat Catwoman versi Pfeiffer adalah karakter yang sangat erat dengan film Batman Tim Burton, pada saat itu Warner Bros. khawatir pembawaan Catwoman yang kelam dengan kisah asal-usulnya yang tragis akan membuat film solonya bernasib sama seperti film Batman Return. Ditambah lagi, pada saat yang sama WB juga sudah berencana untuk memproduksi kisah Batman baru yang tidak ada hubungannya dengan versi Tim Burton.

Batman Unchained

Setelah film sekuel Batman karya Tim Burton gagal di pasaran, Warner Bros. mulai mencari cara agar waralabanya tetap bertahan, yaitu dengan membuat film Batman & Robin dengan sutradara Joel Schumacher. Meskipun film Schumacher terbilang cukup sukses, entah mengapa WB tidak pernah memberikan lampu hijau pada sekuelnya, yang direncanakan akan berjudul Batman Unchained. Sekuel tersebut tadinya akan menghadirkan lebih banyak villain dari DC Comics, termasuk Scarecrow dan Harley Quinn.

Batman: DarKnight

Selain Batman Unchained, Warner Bros juga membatalkan sekuel lainnya dari kisah Batman & Robin, yaitu Batman: DarKnight. Rencananya kisah DarKnight akan dimulai dengan cerita Batman dan Robin yang pensiun. Namun, ketika dua villain tangguh bernama Scarecrow dan Man-Bat mulai berbuat onar di Kota Gotham, Batman dan Robin kembali mengambil mantel superheronya dan mulai kembali melawan kejahatan. Dengan menghadirkan dua penjahat yang mengerikan, kabarnya DarKnight memang rencananya akan lebih kelam dari dari film Batman & Robin.

Spin-off Robin

Sama seperti kasus film spin-off Catwoman, film solo Robin juga dibatalkan karena film utamanya tidak diteruskan. Awalnya kisah spin-off Robin akan lebih mewah dari film Batman & Robin, di mana Robin akan diceritakan memimpin tim Teen Titans. Di dalamnya bahkan ada dua mantan Robin, yaitu Dick Grayson dan Jason Todd yang sama-sama mengadaptasi identitas superhero baru sebagai Nightwing dan Red Hood.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.