Batman Beyond

Terlepas dari dua waralaba Batman yang tidak berhasil sebelumnya, Warner Bros. kemudian mulai tertarik menggarap film live action Batman Beyond, setelah serial animasinya cukup sukses di televisi. Beyond sendiri akan bercerita tentang petualangan anak muda yang meneruskan warisan Batman setelah Bruce Wayne pensiun. Pada saat itu WB bahkan telah membentuk tim penulis yang dipimpin oleh Paul Dini dan untuk pemeran Batman Beyond sendiri tadinya akan diperankan oleh Clint Eastwood. Namun, proyek tersebut pada akhirnya dibatalkan karena WB ingin lebih fokus pada proyek The Dark Knight.

Batman: Year One

Salah satu proyek lain yang berkembang setelah diberhentikannya waralaba Batman & Robin adalah film Batman: Year One yang dimaksudkan untuk mengadaptasi kisah komik karya Frank Miller. Awalnya film Batman: Year One ini akan menghadirkan kisah Batman dengan dibalut genre psikologi thriller. Meskipun pada akhirnya film ini dibatalkan, tetapi film The Batman karya Matt Reeves pada akhirnya menghidupkan semangat Batman: Year One dengan mengambil langkah yang sama, yaitu menceritakan kisah Batman dengan elemen thriller bahkan cenderung mengarah pada film horor.

Batman Vs. Superman

Jauh sebelum Superman Henry Cavill dan Batman Ben Affleck saling bertarung di film Batman v Superman: Dawn of Justice, ternyata pada tahun 2000-an Warner Bros pernah mempunyai rencana untuk mempertemukan Batman dan Superman di film Batman Vs. Superman. Dalam naskah yang sudah dibuat, diceritakan bahwa Bruce hidup menua dengan istrinya, sedangkan Superman dan Lois Lane diceritakan sudah bercerai. Sebuah kekuatan misterius pada akhirnya membuat mereka berdua saling bertarung satu sama lain. Bahkan rencananya Joker juga akan muncul di suatu titik di filmnya.

The Dark Knight Vs. Riddler

Setelah sukses dengan film The Dark Knight yang berhasil memperlihatkan pertarungan epik antara Batman dengan Joker dari Heath Ledger, tadinya film The Dark Knight yang ketiga akan menceritakan pertarungan Batman dengan Riddler yang akan diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Mengingat DiCaprio sebelumnya sudah pernah bekerja dengan sutradara Christopher Nolan di film Inception, ditambah lagi akting DiCaprio yang tidak pernah gagal, pada saat itu banyak sekali penggemar yang berharap ide tersebut bisa terwujud. Namun, pada akhirnya Nolan lebih memilih untuk menutup trilogi filmnya dengan kisah Batman yang bertarung melawan Bane dan Talia al Ghul.

Justice League: Immortal

Dahulu sebelum era Justice League karya Joss Whedon dan Zack Snyder, Warner Bros. juga pernah berencana untuk membuat film Justice League yang akan dirilis bersamaan dengan The Dark Knight karya Christopher Nolan. Tidak tanggung-tanggung bahkan WB telah menunjuk sutradara George Miller untuk menggarap film yang direncanakan berjudul Justice League: Mortal, dengan ide cerita yang membahas pertarungan Justice League melawan seorang villain tangguh bernama Maxwell Lord. Namun karena pada saat itu The Dark Knight berhasil sukses di bioskop, WB akhirnya memutuskan untuk lebih fokus pada trilogi yang digarap oleh Nolan.

The Batman DCEU

Setelah film BvS memperlihatkan aksi Ben Affleck sebagai Bruce Wayne alias Batman, pada saat itu tidak sedikit penggemar yang langsung jatuh cinta pada versi Batmannya. Apalagi setelah melihat pertarungan solonya di sebuah gudang melawan banyak penjahat sekaligus. Melihat antusiasme penggemar terhadap Batman DCEU ini WB kemudian memutuskan untuk menggarap film solo The Batman dengan Affleck sebagai sutradara sekaligus pemerannya. Namun, selama bertahun-tahun proyek tersebut tidak berkembang, sampai akhirnya Affleck mundur. Dan sekarang, proyek The Batman yang digarap oleh Matt Reeves tidak ada hubungannya sama sekali dengan DCEU.

Itulah sepuluh film Batman yang batal dibuat. Pada akhirnya kesepuluh film Batman yang dibatalkan ini menegaskan bahwa sebagus apa pun ide atau naskah suatu proyek film, tidak menjamin untuk proyek tersebut diwujudkan. Karena pada akhirnya semua tergantung dari minat Warner Bros., karena mungkin mereka mempunyai pertimbangan mana film yang layak untuk dilanjutkan dan mana yang tidak. Dan untungnya, sekarang WB telah memutuskan untuk merilis film The Batman, yang dijadwalkan tayang pada 4 Maret 2022.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.