Brook merupakan salah satu karakter unik yang muncul dalam seri One Piece. Salah satu kru dari Topi Jerami ini berbeda dari karakter lainnya, di mana dia memiliki penampilan yang hanya berupa tulang dengan mengenakan pakaian jas. Selain itu, Brook juga merupakan karakter yang diketahui abadi karena dia berhasil kembali bangkit dari kematian sebelumnya.

Brook bergabung dengan kru Topi Jerami di arc Thriller Bark. Brook merupakan salah satu karakter yang ikut bertarung bersama kru Topi Jerami di arc tersebut sebelum kemudian Luffy memintanya untuk bergabung. Brook memiliki julukan ‘Soul King’ karena kemampuannya dalam bermusik. Bahkan, musik yang dia mainkan mampu memengaruhi jiwa-jiwa orang lain.

Brook juga sangat ahli dalam menggunakan pedang, bahkan dia termasuk salah satu ahli pedang terbaik. Sebelum bergabung kru Topi Jerami, Brook adalah bagian dari kelompok bajak laut Rumbar yang berlayar puluhan tahun lalu, jauh sebelum Roger mulai menjadi bajak laut. Brook diketahui memakan buah iblis Yomi Yomi no Mi yang membuat dia bisa kembali hidup setelah sebelumnya tewas.

Jiwa dari Brook kembali ke tubuh aslinya, dan meskipun tubuh aslinya sudah “menghilang” dan hanya menyisakan tulang, Brook masih tetap bisa hidup kembali. Brook sendiri diketahui tewas karena terjebak untuk waktu yang lama di Florian Triangle. Di sana, dia diserang oleh bajak laut musuh yang jauh lebih hebat dari mereka. Dan sebagian besar mereka tidak sanggup untuk bertahan hidup.

Brook dan krunya yang lain harus menderita akibat racun yang dilapisi pada senjata musuh, dan akhirnya mereka pun tewas. Brook menjadi satu-satunya dari kru bajak laut Rumbar yang kembali hidup, dan dia pun harus menderita karena kesepian selama puluhan tahun sebelum kemudian dia bertemu Luffy. Dengan kekuatannya saat ini, banyak tentunya Geeks yang bertanya apakah Brook bisa kembali tewas?

Jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut memang masih belum diketahui, meskipun Brook untuk saat ini diketahui bisa hidup abadi. Namun, berdasarkan informasi yang ada, efek dari buah Yomi Yomi hanya berlaku sekali. Jiwa pemakan buah iblis ini akan kembali ke tubuhnya, setelah kematian pertama. Hal inilah yang perlu digaris bawahi untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Artinya, jika kemudian Brook tewas lagi, entah dalam sebuah pertarungan atau apa pun, maka artinya jiwanya tidak akan bisa kembali ke tubuhnya karena itu sudah merupakan kematian yang kedua. Jadi, apakah Brook bisa kembali tewas? Berdasarkan spekulasi di atas maka jawabannya adalah ya, Brook bisa kembali tewas. Brook tidak akan bisa kembali bangkit setelah kematiannya ini.

Namun, yang juga menjadi pertanyaan selanjutnya adalah apa yang mampu membunuh Brook? Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana Brook ditusuk, terkena serangan dahsyat dari Big Mom, dan sebagainya. Tetapi, Brook masih tetap bertahan sampai sekarang. Buah iblis Yomi Yomi sepertinya bukan hanya memberikan kesempatan Brook untuk bisa hidup yang kedua kalinya, tetapi juga memberikan kekuatan dahsyat lainnya, seperti kekuatan fisik.

Dan hal ini juga sepertinya terbukti dari bagaimana Brook mampu menggunakan teknik dahsyat yang berkaitan dengan mengendalikan jiwa seseorang. Apakah Brook akan tewas dalam waktu dekat ini? Eiichiro Oda sampai saat ini belum memperlihatkan tanda-tanda Brook akan tewas. Sehingga, untuk saat ini sepertinya Brook masih akan terus ikut berpetualang bersama Luffy. Menarik juga bagaimana kemudian nasib dari Brook setelah ceritanya selesai. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!