Kemunculan Zunesha dalam chapter 1037 di seri One Piece kemarin benar-benar tidak diduga oleh para fans. Seperti yang kita ketahui, Zunesha dihukum untuk terus mengelilingi lautan selama ribuan tahun untuk kejahatan yang belum kita ketahui. Dan sejauh ini tidak banyak orang yang bisa mengendalikan Zunesha, selain Momonosuke. Bagaimana kemudian Zunesha bisa berada di Wano?

Dalam chapter 1037, salah satu pasukan CP-0 sempat mengatakan bahwa dia melihat sosok misterius, dengan ukuran yang sangat besar. Menurutnya itu adalah sebuah pulau. Namun, di panel terakhir chapternya kita kemudian melihat bayangan dari Zunesha. Kemunculan Zunesha ini diyakini menjadi hal yang positif bagi para pasukan aliansi.

Namun, berbicara mengenai Zunesha, terdapat juga sebuah teori yang muncul di mana disebutkan bahwa Zunesha adalah bentuk Pluton yang sebenarnya. Dalam teorinya, disebutkan bahwa di arc Enies Lobby kita melihat sosok Spandam memiliki pedang yang unik di mana pedang tersebut mampu berubah menjadi gajah. Namanya sendiri adalah Funkfreed.

Mengapa kemudian Spandam dan Funkfreed menjadi petunjuk bahwa Zunesha adalah Pluton? Dalam arc Water Seven, diketahui Spandam sangat berusaha untuk bisa mendapatkan Pluton. Namun, upaya tersebut sempat gagal. Saat Spandam menjabat kepala CP-9 menggantikan ayahnya, dia kemudian memerintahkan Rob Lucci, Blueno, Kaku, dan Kalifa untuk mendapatkan cetak biru Pluton.

Upaya tersebut kembali gagal setelah Franky kemudian membakar cetak biru tersebut. Dengan keinginan untuk bisa memiliki senjata kuno Pluton, Spandam pun kemudian memutuskan untuk membuat “tiruannya” yang tidak lain adalah Funkfreed. Yang menarik adalah bentuk hewan dari Funkfreed adalah gajah, yang mana kemudian inilah yang menjadi dasar spekulasi bahwa Zunesha mungkin adalah Pluton.

Seperti yang diungkapkan oleh Nico Robin saat berada di Alabasta, Pluton merupakan senjata kuno yang saat ini kondisinya sedang “tertidur.” Pluton sedang menantikan seseorang yang bisa mengendalikannya. Dalam teorinya juga dijelaskan bahwa dengan Zunesha yang hanya bisa dikendalikan oleh Momonosuke, semakin memperkuat teorinya bahwa zunesha adalah Pluton.

Sejauh ini, memang diketahui baru Momonosuke yang mampu mengendalikan Zunesha. Hal ini bisa dilihat di arc Zou, di mana Momo mampu menatap matanya dan memberikan perintah untuk menghancurkan armada pasukan Kaido yang dipimpin oleh Jack. Kemunculan Zunesha di Wano juga diduga karena adanya “sinyal bahaya” yang secara tidak langsung dikirimkan oleh Momo, dan kemudian didengar oleh Zunesha.

Namun, meskipun teori bahwa Zunesha adalah Pluton yang asli cukup menarik, sebenarnya teori ini cukup lemah mengingat Franky sendiri mengatakan bahwa Thousand Sunny adalah “tiruan” dari Pluton. Dan selama ini, Pluton pun diyakini berbentuk kapal serta berada di wilayah Alabasta. Meskipun begitu, terdapat kemungkinan lainnya yang berkaitan dengan Zunesha dan senjata kuno.

Dibandingkan Pluton, mungkin spekulasi bahwa Zunesha adalah Uranus dianggap lebih masuk akal. Seperti yang kita ketahui, Oda Sensei masih belum memberikan informasi mengenai apa sebenarnya bentuk dari senjara kuno Uranus. Para fans pun banyak berspekulasi mengenai hal ini. Dengan kekuatan dan kemampuan Zunesha yang dahsyat, rasanya memang masuk akal jika kemudian Zunesha adalah Uranus.

Kemungkinan lainnya adalah Zunesha bukanlah senjata kuno Pluton atau pun Uranus. Zunesha adalah salah satu makhluk kuno, yang mungkin berasal dari abad yang hilang, yang masih hidup sampai sekarang. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju jika Zunesha adalah senjata kuno? Atau justru kalian memiliki pendapat lain?