Dalam seri Attack on Titan, Attack Titan merupakan salah satu Titan yang paling kuat dari sembilan Titan yang ada. Selain kekuatan dalam hal bertarung, Attack Titan juga memiliki kekuatan dahsyat lainnya seperti mampu mengeraskan bagian tubuhnya. Hampir mustahil untuk bisa menghentikan Attack Titan. Eren Jeager merupakan pemilik kekuatan Attack Titan saat ini.

Dengan apa yang diperlihatkan oleh Eren selama ini sebagai pemilik Attack Titan, tidak heran jika Titan ini dianggap spesial. Dalam episode terbaru kemarin, kita bisa melihat bagaimana Eren dengan kekuatan Attack Titan mampu mengalahkan Armored Titan dan Jaw Titan, meskipun Eren pada akhirnya harus terluka parah. Selain itu, apa yang spesial dari Attack Titan yang dimiliki Eren saat ini?

Sebelum Eren

Sebelum kekuatan Attack Titan dimiliki oleh Eren, Attack Titan dikuasai oleh sosok Eren Kruger dan Grisha Jeager. Tidak diketahui seberapa sering keduanya menggunakan kekuatan Attack Titan, namun dari ingatan Grisha, Eren Kruger sempat diperlihatkan menggunakannya satu kali sebelum kemudian dia mewariskan kekuatannya kepada Grisha.

Dengan berubah menjadi Attack Titan, Kruger mampu menghancurkan kapal-kapal perang milik Marley. Dalam ingatan tersebut pun diperlihatkan bagaimana Eren Kruger mengetahui seberapa hebat kekuatan Attack Titan, namun tidak diketahui seberapa sering dia menggunakannya. Grisha Jaeger, di sisi lain, menggunakan kekuatan Attack Titan sebanyak dua kali.

Pertama ketika dia menggunakan kekuatan ini untuk pergi menghancurkan para Pure Titan yang berhasil menjebol salah satu tembok di Paradis. Kedua kalinya Grisha menggunakan kekuatan Attack Titan adalah ketika dia memakan Frieda Reiss untuk mendapatkan kekuatan Founding Titan. Para fans sendiri melihat hal tersebut ketika melalui ingatan Grisha yang dilakukan oleh Eren.

Namun, jika dibandingkan dengan Eren Jaeger saat ini, Kruger dan Grisha masih jauh di bawah Eren. Keduanya bisa dibilang belum bisa memaksimalkan kekuatan yang dimiliki oleh Attack Titan. Kita bisa melihat bagaimana ketika Eren menggunakan Attack Titan untuk menyerang musuhnya. Misalnya saat penyerangan di Liberio, di mana dia berhasil mengalahkan Warhammer Titan.

Lebih dari Sekedar Kekuatan

Satu hal yang mungkin diketahui oleh semua fans tentang Attack Titan adalah Titan ini seolah memiliki “misi” dalam dirinya untuk bertarung demi kebebasan, tidak peduli harga yang harus dia bayarkan. Dan yang menarik adalah tujuan tersebut terdengar sama seperti apa yang diinginkan oleh Eren saat dia masih kecil, yaitu bisa terbebas dari tembok yang mengelilingi pulau Paradis dan bebas untuk mengeksplor dunia.

Seolah-olah Hajime Isayama memang sudah menyiapkan Attack Titan untuk Eren Jeager. Dan dibandingkan dua pemilik kekuatan ini sebelumnya, Eren memang jauh lebih dahsyat dalam mengalahkan musuh. Hal ini bisa dilihat saat Eren pertama kali berubah menjadi Attack Titan saat dia berusaha mengalahkan Female Titan dan juga ketika bertarung menghadapi Colossal Titan milik Bertholdt dan Armored Titan milik Reiner.

Dalam pelatihan dasar, Annie mampu mengalahkan Eren, dan dalam pertarungan mereka di hutan, Annie pun mampu mengalahkan Eren. Namun, sesuatu terjadi dalam pertarungan mereka di distrik Stohess. Setelah terkejut dengan fakta bahwa salah satu rekannya sudah mengkhianatinya, Eren pun kemudian mulai mengejar Annie. Annie pun ketakutan dan berusaha untuk lari.

Jika bukan karena kemampuan pengerasan yang dimiliki Female Titan, Eren mungkin sudah memakan dan mengalahkan Annie. Mengapa kemudian dia ingin melakukan hal tersebut? Selain fakta bahwa kepribadian Eren sesuai dengan misi yang dimiliki oleh Attack Titan, Eren mungkin akhirnya berhasil mengetahui kekuatan sebenarnya dari Attack Titan.

Ketika Eren Kruger hendak mewariskan kekuatan Attack Titan kepada Grisha, dia sempat menyinggung nama Mikasa dan Armin. Bagaimana kemudian Eren Kruger tahu nama Mikasa dan Armin sebelum keduanya lahir? Kruger kemudian menjelaskan bahwa apa yang dia lihat tersebut bukanlah ingatannya. Bisa jadi, salah satu kekuatan dari Attack Titan adalah mampu melihat ke masa yang akan datang.

Inilah mungkin alasan mengapa Kruger bisa mengetahui sosok Mikasa dan Armin. Jika memang demikian, maka artinya apa yang diungkapkan di atas, bahwa Attack Titan didesain khusus untuk sosok Eren Jaeger, terbukti benar. Dengan ambisi yang sangat kuat untuk bisa membebaskan diri dari berbagai cengkraman, sepertinya menjadi bahan bakar dari Attack Titan dan menjelaskan mengapa Attack Titan di tubuh Eren jauh lebih kuat dibandingkan saat berada di tubuh Grisha atau pun Kruger. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada episode selanjutnya ya Geeks!