Seri One Piece memiliki wilayah yang sangat luas. Ada berbagai macam wilayah yang ada di cerita tersebut seperti Red Line, Grand Line, dan juga New World. Dengan cerita yang begitu besar dengan karakter yang banyak, wajar jika kemudian One Piece memiliki wilayah yang juga besar. Berbicara mengenai wilayah, terdapat sebuah fakta menarik.

Wilayah di New World semuanya dikuasai oleh keempat Yonko atau penguasa samudra. Misalnya Kaido menguasai wilayah Wano, kemudian Whitebeard menguasai wilayah di pulau Sphinx dan juga beberapa pulau lainnya sebelum diambil alih oleh Yonko lain. Big Mom juga memiliki wilayah sendiri di berbagai wilayah. Yang menarik adalah bagaimana dengan kelompok Shanks?

Wilayah New World

New World merupakan sebuah wilayah yang berbeda dengan wilayah lainnya yang ada di seri One Piece. Meskipun masing-masing wilayah di serinya memiliki keunikan, New World pun memiliki keunikannya sendiri. Satu hal yang menjadi “daya tarik” dari New World adalah bagaimana wilayah ini menjadi wilayah para Yonko, dalam kata lain merekalah penguasa atau pelindung di wilayah tersebut.

Sejauh ini, pulau-pulau atau wilayah yang ada di New World yang sudah diperlihatkan adalah pulau manusia ikan, Punk Hazard, Dressrosa, Zou, Totto Land, dan Wano. Selain nama-nama wilayah tersebut, wilayah lainnya yang menjadi bagian dai New World adalah Elbaf. Pulau Elbaf merupakan pulau yang para penghuninya adalah suku raksasa. Banyak fans yang memprediksi jika suatu hari nanti Luffy dan kru Topi Jerami akan mengunjungi pulau tersebut. Kemungkinan setelah arc Wano selesai.

Lalu, jika mereka merupakan pulau yang berisi suku raksasa mengapa mereka butuh perlindungan? Siapa yang melindungi mereka? Hal inilah yang masih menjadi sebuah misteri. Namun, terdapat spekulasi bahwa hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan kekuatan. Meskipun mereka adalah suku raksasa, melawan para Yonko tentunya tidaklah sama seperti berhadapan dengan sukunya sendiri. Lalu, siapa pelindung pulau tersebut? Banyak fans menduga bahwa Shanks yang melindungi pulau tersebut.

Bertema Tentang Viking

Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan oleh Eiichiro Oda sejauh ini tentang suku raksasa di pulau Elbaf, ada kemungkinan Oda terinspirasi dari para penjelajah Viking. Nama Shanks sendiri sebenarnya terinspirasi dari bajak laut asal Norwegia, yaitru Rackam “Calico” Jack dan Erik the Red. Elemen dari Jack yang menginspirasi sosok Shanks, terutama dalam hal bendera bajak lautnya.

Sedangkan untuk elemen Erik the Red yang menginspirasi Shanks adalah penampilannya dan juga kapalnya. Erik the Red memiliki rambut berwarna merah, dan Shanks juga memiliki rambut yang sama. Kemudian kapal milik Erik yang disebut Drekar, yang memiliki aksen naga, mirip dengan apa yang ada di kapal Shanks. Hanya saja kapal Shanks tidak memiliki dayung. Shanks juga dianggap terinspirasi dari dewa mitologi Nordik, God Tyr.

Dia merupakan sosok dewa yang rela mengorbankan sebagian tangannya untuk dimakan oleh monster World Fenrir. Ceritanya mirip dengan apa yang dilakukan oleh Shanks saat menyelamatkan Luffy dari Sea King.

Kesamaan Nilai Antara Shanks dan Para Raksasa

Sejak awal serinya, Shanks sudah menunjukan bagaimana semangat One Piece yang sebenarnya, tentang kebebasan, petulangan, menjadi bajak laut, dan menghargai nilai-nilai yang ada. Shanks adalah seseorang yang menghormati apa yang dia katakan dan memiliki nilai-nilai yang dia yakini. Shanks merupakan sosok yang berani dan disegani oleh Orang. Intinya, Shanks adalah seorang contoh bajak laut yang “baik.”

Para suku raksasa pun sama. Terkadang, para suku raksasa digambarkan sebagai kelompok “barbar” seperti yang digambarkan oleh Jaguar D. Saul. Shanks sepertinya memiliki pemahaman tentang nilai-nilai yang dianut atau diyakini oleh para raksasa, dan Shanks pun menghormati hal tersebut. Jika kemudian spekulasi bahwa Shanks adalah pelindungi dari pulau Elbaf adalah benar, tentunya menarik untuk melihat interaksi diantara mereka.

Sejauh ini, Shanks menjadi kelompok Yonko yang misterius. Tidak banyak hal yang diketahui tentang mereka, terutama mengenai wilayah kekuasaannya. Namun, spekulasi yang menyebutkan bahwa Shanks menjadi pelindung pulau Elbaf dianggap masuk akal dengan pertimbangan di atas. Mudah-mudahan saja kedepannya Oda Sensei bisa menghadirkan lebih banyak lagi informasi mengenai kelompok Shanks, dan juga wilayah kekuasaanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.