Di dunia dalam seri One Piece kita disuguhkan banyak sekali karakter yang memiliki keunikan dalam hal bertarung. Sebagian besar karakter di serinya bertarung dengan memanfaatkan pedang, sedangkan karakter lainnya ada juga yang memanfaatkan senjata api sebagai andalan mereka. Biasanya karakter tersebut akan disebut sebagai penembak jitu atau sharpshooter. Mereka memiliki keunikan dengan kemampuan bertarung dari jarak jauh.

Mereka biasanya jauh dari targetnya dan menggunakan kemampuan menembaknya untuk bisa mengenai targetnya. Meskipun posisi penembak jitu tidak begitu dibutuhkan dalam kru bajak laut, kehadirannya bisa memberikan warna lain dalam pertarungan. Mereka bisa melindungi atau membantu rekannya yang lain. Berikut adalah penembak jitu hebat di seri One Piece.

Capone Bege

Capone Bege merupakan salah satu bajak laut yang menjadi anggota Worst Generation. Capone “Gang” Bege merupakan seorang bajak laut yang berasal dari West Blue yang sudah terbukti selama bertahun-tahun menjadi sosok yang hebat. Bege sendiri saat ini diketahui memiliki nilai buruan sebesar 350 juta Belly, yang menunjukan seberapa berbahayanya sosok Bege.

Dengan latar belakangnya sebagai mafia, tidak heran jika Bege lebih ahli dalam penggunaan senjata api dibandingkan pedang. Biasanya Bege selalu membawa senjata api yang dia simpan secara tersembunyi. Bege mungkin tidak terlihat seperti seorang penembak jitu, tetapi kualitasnya tidak bisa diremehkan. Dia mampu menembak tepat mengenai targetnya dari jarak jauh. Sayangnya, kekuatan penuh Bege masih belum diketahui sampai sekarang.

Usopp

Penembak jitu dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Usopp merupakan anggota awal dari kru tersebut di mana dia bergabung dalam arc Desa Syrupp. Sejak pertama kali diperkenalkan, Usopp memang sudah dikenal memiliki kelebihan dalam hal menggunakan ketapel. Namun, seiring waktu, Usopp menunjukan peningkatan kekuatannya dalam hal persenjataan dan sekaligus juga dalam hal menembak tepat.

Dalam arc Enies Lobby, Usopp berhasil menembak Spandam dari jarak yang sangat jauh. Momen tersebut berhasil membuat Usopp menyelamatkan Nico Robin. Kemudian, dalam arc Dressrosa Usopp berhasil meningkatkan kemampuannya di mana dia mampu menembak Sugar dengan menggunakan Haki. Usopp bisa melihat di mana posisi Sugar dengan melihat auranya.

Izo

Salah satu mantan kru dari kelompok Whitebeard. Izo adalah salah satu bajak laut yang kuat dengan nilai buruannya mencapai 510 juta Belly. Izo merupakan bajak laut yang berasal dari wilayah Wano, yang mana artinya Izo juga memiliki kemampuan dalam hal menggunakan pedang. Tetapi, Izo lebih baik dalam penggunaan pistol atau senjata api, yang mana inilah yang menjadi senjata utama Izo.

Izo memperlihatkan kemampuan menembak jitunya di saat dia berhasil melumpuhkan sosok King dalam penyerangan ke Onigashima. Dalam pertarungannya melawan Kaido, Izo berhasil menembak musuhnya dengan peluru yang sudah dia lapisi dengan Armament Haki Tingkat Lanjut. Dengan begini, peluru yang ditembakan Izo mampu menembus kulit dari Kaido.

Van Aughur

Dikenal dengan julukan “The Supersonic,” Van Aughur merupakan bajak laut yang sangat kuat. Buktinya dia menjadi pemimpin dari kapal ketiga atau menjadi kapten ketiga dari 10 Titanic Captain di kelompok bajak laut Blackbeard. Van Aughur merupakan salah satu kru orisinal dari Blackbeard yang bergabung sejak awal kelompok ini dibentuk. Kemampuan menembak tepatnya rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Dia bahkan menggunakan senapan khusus sebagai pilihan senjatanya. Van Aughur memang sangat ahli dalam menembakan senapan tersebut, dan bahkan dia juga mampu menembak targetnya dengan tepat di saat manusia biasa tidak mampu untuk melihat target tersebut. Karena kemampuan menembaknya yang dahsyat inilah Blackbeard memintanya bergabung dengan krunya, dan ini juga yang membuatnya sebagai salah satu penembak jitu terbaik di dunia.

Yasopp

Yasopp merupakan salah satu eksekutif atau petinggi di kelompok bajak laut Rambut Merah. Popularitas dan reputasinya sebagai seorang penembak jitu sudah sangat populer, dan bahkan disebut-sebut bahwa Yasopp adalah penembak jitu terbaik di serinya saat ini. Sejak masih muda, Yasopp memang dikenal memiliki kemampuan menembak yang luar biasa.

Inilah yang membuat Shanks tertarik dan mengajaknya untuk bergabung. Luffy pun bahkan mengakui kehebatan Yasopp dalam hal kemampuan menembaknya. Yasopp sendiri diyakini memiliki kemampuan Armament dan Observation Haki, meskipun belum ada konfirmasi resmi. Menarik tentunya ketika Yasopp dan Usopp saling beradu kemampuan menembak pada masa yang akan datang.

Keberadaan sosok penembak jitu dalam sebuah kru bajak laut bisa menambah kekuatan dari kelompok tersebut. Hal ini terbukti dengan adanya kru bajak laut yang memiliki sosok khusus untuk posisi tersebut. Mereka biasanya akan memberikan perlindungan kepada rekan-rekannya, atau melakukan sesuatu yang tidak biasa yang tidak bisa dilakukan karakter lain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.