Empat penguasa samudra atau Yonko merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece, selain angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Yonko merupakan para bajak laut kuat yang ada di wilayah New World. Mereka adalah bajak laut yang diketahui paling dengan dengan Laugh Tale dan titel raja bajak laut, karena kekuatan mereka yang dahsyat.

Keempat penguasa samudra ini diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, bisa dilihat dari sosok Kaido yang saat ini sedang bertarung menghadapi Luffy. Kaido menjadi makhluk paling kuat di dunia, di mana hampir tidak ada orang yang bisa melukai atau membunuhnya. Tujuan dibuatnya sistem Yonko ini memang masih tanda tanya.

Apakah sistem Yonko dibuat untuk melindungi Pemerintah Dunia dari serangan yang muncul? Apakah sistem Yonko dibuat untuk melindungi kekuasaan Pemerintah Dunia? Atau apakah sistem Yonko dibuat untuk melindungi One Piece dan harta karun di Laugh Tale? Sayangnya, semua pertanyaan tersebut masih belum ada jawabannya bahkan sampai saat ini.

One Piece: Pemerintah Akan Hapus Sistem Yonko?, Greenscene

Namun, yang menarik adalah sepertinya pihak Pemerintah Dunia ingin sistem Yonko juga dibubarkan serta keempat bajak laut kuat tersebut dihabisi. Seperti yang diketahui, dalam arc Reverie kemarin para penguasa dari seluruh kerajaan yang ada meminta agar sistem Shichibukai dibubarkan. Hal ini dikarenakan menurut mereka sistem Shichibukai justru lebih banyak menimbulkan masalah.

Di sisi lain, para Shichibukai tersebut pun bisa saja menjadi ancaman besar bagi berbagai kerajaan tersebut. Dalam chapter 1037 ini, para Gorosei sempat membahas tentang pertempuran besar di Wano, dan menyebutkan bahwa salah satu diantara Kaido dan Big Mom akan tewas. Kemudian salah satu dari mereka menyebutkan bahwa seharusnya seluruh Yonko dihabisi.

Hal ini tentunya memunculkan sebuah sebuah asumsi bahwa artinya pihak Pemerintah Dunia pun memiliki keinginan untuk menghancurkan atau membubarkan sistem Yonko. Mengapa kemudian pemerintah ingin membubarkan sistem Yonko? Mungkin, menurut mereka saat ini para Yonko sudah tidak lagi dibutuhkan. Para Yonko tersebut tidak bisa lagi diandalkan untuk kepentingan mereka.

One Piece: Pemerintah Akan Hapus Sistem Yonko?, Greenscene

Kemungkinan lainnya adalah Pemerintah Dunia menganggap para Yonko ini justru akan menjadi ancaman besar bagi mereka. Seperti yang disebutkan di atas, para Yonko adalah bajak laut yang paling dekat dengan One Piece, Laugh Tale, dan juga titel raja bajak laut. Jika para Yonko ini mengetahui rahasia besar yang disembunyikan pemerintah, hal itu tentu akan membuat mereka kehilangan kekuasaan.

Mengapa kemudian pihak pemerintah tidak membubarkan mereka atau menghabisi mereka sejak lama? Hal inilah yang masih menjadi misteri. Kita mungkin sudah tahu seberapa kuat dan dahsyat para Yonko. Namun, kita tidak pernah tahu seberapa besar kekuatan para Gorosei, meskipun ada banyak teori yang mengatakan bahwa mereka adalah sosok yang kuat.

One Piece: Pemerintah Akan Hapus Sistem Yonko?, Greenscene

Bukan tidak mungkin jika kekuatan Gorosei tidak lebih kuat dari para Yonko. Sehingga, alasan mengapa mereka tidak menghabisi para Yonko sedari dahulu adalah karena Gorosei tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk bisa mengalahkan para Yonko. Gorosei sadar kemampuan dahsyat para Yonko, sehingga mereka memutuskan untuk tidak melawan mereka.

ini juga yang mungkin membuat pihak Pemerintah Dunia tidak pernah mau ikut campur dalam urusan yang berkaitan dengan para Yonko. Dengan begitu banyak misteri yang terkait dengan pemerintah dan Yonko ini membuat para fans penasaran dengan apa yang terjadi pada masa lalu. Apakah kita akan mendapatkan faktanya dalam waktu dekat atau di akhir ceritanya nanti? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!