Salah satu elemen penting dan krusial dalam seri Attack on Titan akhirnya secara eksplisit diperkenalkan di seri animenya. Elemen penting dalam cerita yang dimaksud adalah apa yang disebut oleh Zeke Jaeger saat dia keluar dari perut Titan, yaitu¬†michi¬†atau “Path” seperti yang diperlihatkan dalam episode 17 kemarin.

Ini sebenarnya bukan pertama kali Path disebutkan atau ditampilkan di serinya. Namun, ini pertama kalinya nama resmi dari dimensi tersebut dijelaskan dan disebutkan dalam cerita. Path sendiri pertama kali muncul dalam cerita kilas balik Ymir di musim kedua. Namun, setelah itu Path tidak lagi disebutkan sampai di akhir musim ketiga kemarin, ketika Eren Kruger menjelaskan kepada Grisha tentang ingatan dari Eren Yeager.

Tom Ksaver, pemilik kekuatan Beast Titan sebelumnya, sempat menjelaskan apa yang dia ketahui tentang Path dalam kilas balik Zeke di episode 15 kemarin di musim terakhir. Ketika Ymir muncul di dimensi Path pada musim kedua, para fans belum tahu apa itu dan Ymir sendiri tidak memberikan penjelasan apa pun mengenai hal tersebut.

Para fans, saat itu, tidak berpikir terlalu serius mengenai apa yang terjadi kepada Ymir, sebelum kemudian Path kembali muncul. Dengan kembali munculnya dimensi Path tersebut memberikan penjelasan bahwa itu merupakan salah satu elemen penting dalam ceritanya. Reiner, Bertholdt, dan Zeke mengatakan bahwa mereka perlu menggunakan Coordinate, kemampuan untuk mengendalikan semua Titan.

Hal tersebut yang kemudian membuat mereka kemudian memburu sosok Eren. Namun, kemudian diketahui bahwa Coordiante merupakan nama lain dari Founding Titan. Founding Titan dan Path merupakan satu kesatuan. Eren Kruger menjelaskan bahwa setiap Subjects of Ymir (para Eldian) terhubung melalui Coordiante. Darah dan tulang, ingatan dan semua pikirannya kemudian dikirimkan melalui Path.

Semua jalan yang ada di dimensi Path terhubung dengan satu Coordinate, yang mana hal ini menjelaskan mengapa kemudian Founding Titan mampu mengendalikan semua Subjects of Ymir. Inilah cara King Fritz mengendalikan ingatan dari para rakyatnya, dengan menghapus dan memanipulasi ingatan mereka pada ribuan tahun lalu.

Ini juga alasan mengapa para penduduk Paradis yakin bahwa kehidupan yang ada di dalam tembok adalah seluruh kehidupan di dunia ini, tanpa mereka tahu bahwa ada kehidupan lain di luar tembok. Bangsa Marley bisa semau mereka untuk menulis sejarah tentang Titan, karena bangsa Eldian sendiri tidak tahu apa yang benar atau yang salah dari sejarah tersebut.

Namun, semua itu kemudian berubah ketika ingatan Eren dalam otak Grisha Jaeger mulai terbuka. Grisha akhirnya tahu apa yang terjadi sebenarnya. Memanipulasi pikiran para bangsa Eldian melalui Path bukan hanya satu-satunya yang bisa dilakukan pemilik kekuatan Founding Titan. Tom Ksaver menjelaskan bahwa mereka juga bisa mengubah anatomi tubuh mereka.

Hal tersebut dia ketahui melalui ingatan dalam dirinya dan juga riset terhadap para Titan yang mana pada masa lalu sempat ada pandemi yang memunculkan kematian dan berkurangnya populasi secara drastis sekitar 600 tahun yang lalu. Pandemi tersebut tiba-tiba menghilang dari kerajaan Eldia ketika raja saat itu menggunakan kekuatan Founding Titan untuk merubah sistem kerja tubuh rakyatnya.

Hal tersebut memberikan penjelasan bahwa tidak ada batasan yang bisa dikendalikan oleh pemilik kekuatan Founding Titan melalui Path. Zeke sendiri berencana untuk menggunakan Founding Titan untuk menjalankan rencana gilanya menghabisi seluruh penduduk Eldian, merubah anatomi tubuh mereka, sehingga mereka tidak bisa lagi memiliki anak.

Menurutnya, dengan cara tersebut pertempuran yang sudah terjadi sejak ribuan tahun lalu akan terhenti. Dan dunia perlahan akan berubah menjadi damai, setelah orang-orang justru membenci bangsa Eldia. Yang juga menarik mengenai Path adalah bagaimana dimensi ini mampu menyembuhkan Zeke yang terluka parah.

Seperti diperlihatkan sebelumnya, bagian tubuh bawah dari Zeke hancur setelah terkena Thunder Spear yang diledakan oleh Levi. Kondisi yang parah membuat Zeke berpikir bahwa dia akan tewas. Namun, dia kemudian diambil oleh salah satu mindless Titan dan kemudian masuk ke perutnya. Zeke kemudian bertemu dengan sosok gadis misterius – yaitu Ymir – yang menyembuhkan tubuhnya.

Menurut Zeke, pengalaman tersebut seolah sudah terjadi selama ribuan tahun meskipun kenyataanya hanya beberapa saat saja. Mengingat kedahsyatan dari Path dan kekuatan Founding Titan, tidak heran jika kemudian Marley dan penduduk Paradis rela berperang. Eren saat ini adalah pemilik dari Founding Titan dan dengan Eren mampu mengakses Path artinya dia bisa melakukan apa pun.

Tetapi, Eren tidak bisa menggunakan kekuatan penuh Founding Titan karena dia bukan bagian dari keluarga kerajaan. Inilah alasan mengapa Eren kemudian mengajak Zeke untuk bekerja sama, karena Zeke memiliki darah kerajaan. Artinya semua nasib bangsa Eldia dan seluruh dunia sekarang ada di tangan Eren.